Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Techno

Bantuan Sistem Elektronik Untuk Pemilu 2024 Disiapkan Oleh Kemenkominfo

Advertisement

Waktu.news | Jelang Pemilu 2024 Menkominfo Johnny G Plate melakukan tanda tangan nota kesepahaman antara Kominfo dan juga KPU. kerja sama ini akan berfokus pada potensi serangan siber saat Pemilu 2024 berjalan.

Menkominfo menilai KPU perlu menjaga legitimasi hasil Pemilu serentak 2024 demi terciptanya Pemilu yang aman dan damai.

Advertisement

Menteri komunikasi dan informatika Johnny G Plate dalam sambutannya di acara penandatanganan nota kesepahaman antara kpu dan kemenkominfo di gedung kpu Republik Indonesia mengingatkan, Komisi Pemilihan Umum agar memperhatikan secara serius dan sungguh-sungguh daya tahan terhadap serangan siber seluruh sistem elektronik mereka terkait Pemilu

Menkominfo Johnny menilai kpu perlu menjaga ketahanan siber guna menjaga legitimasi hasil Pemilu serentak 2024. Di samping semua kerja besar yang sudah dan sedang disiapkan KPU, Johnny menilai daya tahan terhadap serangan siber penting untuk dioptimalkan demi mewujudkan keberhasilan Pemilu 2024.

Advertisement

KPU perlu Memperhatikan secara serius dan sungguh-sungguh daya tahan terhadap serangan Cyber di semua system elektroniknya.

Menguji kemampuan dan daya tahan teknologi enkripsi di dalam semua poin dan infrastruktur yang ada di kpu, sehingga kita punya kekuatan yang memadai untuk menahan serangan-serangan cyber yang berlangsung setiap Saat.

“Keberhasilan ini sangat menentukan legitimasi output pemilihan umum itu sendiri. sangat penting karena ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat,” ungkap Plate.

Dalam kesempatan yang sama, Menkominfo Johnny menyatakan Kementerian Komunikasi dan informatika akan menyiapkan asistensi untuk pertukaran data dan informasi yang beretika, aman dan bertanggung jawab serta tidak bertentangan dengan ketentuan perundang undangan.

Advertisement

Kementerian Kominfo akan meminta direktorat jenderal aplikasi informatika untuk menguji kemampuan dan daya tahan teknologi enkripsi dalam semua poin. Infrastruktur yang dioperasikan oleh KPU,” pungkasnya. (rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button