Finance

Desas-desus Produksi Mobil Apple Tanpa Pengemudi, 2021 or 2024?

Waktu.news | Mobil Apple Tanpa Pengemudi ? Apple tampak serius untuk membuat mobil. Dilansir dari Reuters bahwa Apple sedang mengejar produksi kendaraan penumpang pada tahun 2024 serta pembuatan sistem swakemudi dan “terobosan teknologi baterai”.

Laporan tersebut tidak jelas tentang bagaimana semuanya menjadi satu. tidak jelas bahwa semua teknologi tersebut akan menjadi kendaraan penumpang pertama yang diharapkan Apple. tetapi hal tersebut menunjukkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan produksi kendaraan, setelah sebelumnya menutup rencana untuk membuat mobil.

Ada desas-desus bahwa Apple mengembangkan mobil mulai tahun 2015. Namun pada tahun 2016, proyek tersebut diperkecil secara signifikan, dengan pengembangan mobil dibatalkan dan tim Apple memfokuskan kembali pada penyediaan perangkat lunak yang dapat dilisensikan kepada produsen mobil.

Sekarang tampaknya Apple telah memperbarui fokusnya untuk membangun kendaraan yang sebenarnya. meskipun ada banyak ketidakpastian tentang kapan (dan bahkan jika) itu akan terjadi. tahun 2024 adalah tujuan produksi kendaraan penumpang buatan Apple, meskipun bisa didorong kembali “ke tahun 2025 atau lebih” karena penundaan terkait pandemi. Masih ada kemungkinan Apple dapat mengurangi upayanya kembali ke teknologi penggerak otonom.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Apple mengandalkan pihak ketiga untuk menyediakan beberapa komponen dari teknologi self-driving, termasuk sistem LIDAR-nya. Teknologi baterai Apple dilaporkan mengandalkan desain “monocell” yang memungkinkan lebih banyak kapasitas untuk dimasukkan ke dalam unit baterai secara keseluruhan dengan tidak membaginya menjadi sel terpisah.

Jika Apple berencana memproduksi mobil tanpa pengemudi, Apple mungkin juga akan menghadapi kendala regulasi sebelum diluncurkan. Tidak ada kendaraan self-driving sejati yang tersedia saat ini, meskipun beberapa mobil, seperti yang dari Tesla, menawarkan bantuan pengemudi tingkat lanjut untuk mengemudi dalam situasi tertentu.

Awal bulan ini, Apple menyerahkan kendali proyek mobil self-driving-nya kepada John Giannandrea, kepala AI perusahaan. Giannandrea bergabung pada 2018 untuk mengerjakan Siri, setelah sebelumnya bekerja di Google sebagai kepala pencarian dan kecerdasan buatan.

Baru kemarin, laporan lain, dari Economic Daily News di Taiwan, mengatakan bahwa mobil buatan Apple dapat dirilis paling cepat 2021 dalam jangka waktu yang sangat ambisius jika itu benar. Kembali pada tahun 2018, analis Apple yang andal, Ming-Chi Kuo memperkirakan peluncuran mobil antara 2023 dan 2025, menurut MacRumors. Secara umum, kesannya adalah bahwa Apple telah berfokus pada teknologi self-driving selama beberapa tahun terakhir, daripada produksi kendaraan bermerek Apple yang sebenarnya.

Kita tunggu saja, kapan akan diproduksi Mobil Apple Tanpa Pengemudi yang dikabarkan menggunakan teknologi baterai(**)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button