Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

Pulau Bunaken, Paradisenya Kota Nyiur Melambai Manado

Taman Bawa Lautnya Sudah Mendunia

Advertisement

Pulau Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² yang terletak di Teluk Manado, di utara pulau Sulawesi, Indonesia. destinasi ini adalah bagian dari kota Manado, ibukota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Pulau andalan nyiur melambai ini dapat dicapai dengan kapal cepat (speed boat) atau perahu sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari kota pelabuhan Manado. Di sekitar Pulau terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Advertisement

Taman laut ini memiliki keanekaragaman hayati laut salah satu yang tertinggi di dunia. Scuba diving menarik banyak pengunjung untung berwisata ke pulau ini. Taman Laut Bunaken adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang terletak di Manado, Sulawesi Utara. Pada tahun 2005, Taman Laut Bunaken telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia.

Underwater Pulau Bunaken

Hal ini dikarenakan kekayaan dan keanekaragaman kehidupan laut mulai dari terumbu karang yang luar biasa, rumput laut hingga jenis ikan ada di Pulau ini. Tempat wisata ini memiliki lebih dari 30 tempat menyelam, tidak heran jika tempat ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan baik domestik atau mancanegara.

Advertisement

Taman Laut Nasional Bunaken memiliki luas 75.265 ha. Ada lima pulau yang termasuk dalam taman nasional ini. pulau itu adalah Naen, Bunaken, Manado Tua, Siladen, Mantehage dan lebih banyak pulau di sekitarnya. Total populasi di 5 pulau ini adalah sekitar 21.000 orang.

Taman laut Bunaken memiliki titik penyelaman 20 titik (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1344 meter. Dari 20 titik penyelaman, 12 titik penyelaman di antaranya berada di sekitar Pulau. Dua belas titik penyelaman adalah yang paling sering dikunjungi oleh para penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau ini berjajar dari tenggara ke barat laut pulau. Di daerah ini ada dinding bawah air yang besar, dan disebut dengan dinding gantung.

Pulau Bunaken

Advertisement

Keanekaragaman Biota Laut

Dinding ini juga terbuat dari batu raksasa yang berdiri secara vertikal dan melengkung ke atas. Dinding batu juga merupakan sumber makanan untuk ikan yang hidup di perairan sekitar Pulau ini.

Berbicara tentang Taman Nasional Bunaken, berarti berbicara tentang Warisan Internasional dan keajaiban Bunaken. Pulau andalan manado ini secara geografis termasuk dalam perairan teritorial “Segitiga Emas”.

Lebih dari 3000 spesies ikan berada di Taman Laut Bunaken. “Segitiga Emas” adalah jalur air laut yang menghubungkan Laut Filipina, Laut Papua, dan Laut Indonesia. Karena memiliki sumber daya alam yang kaya, organisasi nasional dan internasional bekerja sama dalam melaksanakan konservasi terumbu karang dan bakau.

Pemerintah Kota Manado sendiri telah merealisasikan gagasan Bunaken sebagai wisata bahari dan wisata pendidikan, karena pemerintah daerah melihat kegiatan pelestarian alam laut di wilayah ini. Kemudian pada tahun 1991, Menteri Kelautan secara resmi mengumumkan Taman Laut Nasional Bunaken sebagai wisata bahai dan pendidikan.

Spot Barakuda Bolsel, Rekomendasi Wisata Bahari Sulut

Lokasi Pulau Bunaken

Bunaken terletak di perairan laut Pulau Sulawesi. Sebagian besar Taman Laut terletak di Teluk Manado bagian utara. Untuk menuju Taman Laut Nasional Bunaken, Anda dapat menggunakan perahu motor dari Teluk Manado.

Map: Cari Lokasi

Advertisement

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Taman Laut Nasional Bunaken adalah Rp. 50.000 atau sekitar $ 5) per orang untuk satu kali masuk. Anda dapat membeli Rp. 150.000 atau $ 15) per orang untuk masa berlaku tiket selama 1 tahun.

Jika Anda membeli tiket yang berlaku selama 1 tahun, maka Anda akan mendapatkan lencana yang terbuat dari plastik, bukan berupa tiket. Wah, jauh lebih murah dan hemat jika membeli tiket seharga Rp.150.000 saja bukan?

Tentu saja tiket Rp.150.000 tersebut bisa Anda beli jika Anda memiliki rencana untuk bisa kembali berwiata ke Pulau andalan kota manado ini. Jika tidak ada rencana untuk kembali berwisata ke Pulau dalam waktu satu tahun, maka lebih baik membeli tiket untuk satu kali pemakaian saja.

Fasilitas Tersedia

Beberapa penginapan seperti hotel dan resor di kabupaten Bunaken sudah tersedia dengan berbagai pilihan. Beberapa di antaranya adalah Bunaken Island Dive Resort dan Bunaken Divers Sea Breeze Resort.

Kedua hotel ini terletak di pulau. Anda dapat menyewa peralatan selam bersama dengan instruktur. Instruktur selam yang ada di pulau ini bukan hanya jago berbahasa Inggris, tapi juga telah jago menguasai bahasa Prancis, Belanda, Inggris, dan Jerman.

Akomodasi untuk Menuju Pulau

Bunaken adalah surga bawah air yang terletak di bawah teluk Manado dengan kekayaan flora dan faunanya yang indah. Untuk bisa mencapai ke Manado, ada pilihan maskapai yang melayani rute, baik dari Jakarta, Denpasar, Makassar dan Sorong.

Dari Jakarta, Anda dapat memilih untuk terbang menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang beroperasi dua kali sehari.  Lion Air yang beroperasi 3 kali sehari dan Batavia Air yang beroperasi dua kali sehari. Waktu perjalanan untuk menuju ke Manado hanya membutuhkan waktu waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Pulau Bunaken sangat mudah anda capai dari kapal Manado. Anda bisa berangkat dari pelabuhan Manado, Molas, Kalasey, dan Tasik Ria Beach. Feri dari Manado ke Bunaken berangkat sekitar pukul 14:00.

Tips Bepergian

Tiket masuk ke Pulau manado ini dapat Anda beli melalui operator wisata bahari di Manado dan di Taman Nasional Bunaken. Anda juga dapat membeli tiket di salah satu dari tiga loket tiket di desa Bunaken dan Liang, di pulau Bunaken atau Siladen.

Anda harus menyadari bahwa selama musim antara Juli dan Agustus, pengunjung yang berwisata ke Pulau biasanya akan sangat ramai. Banyak resor dan instruktur selam tidak akan dapat menerima turis yang masuk pada bulan Juli hingga Agustus karena sudah banyak wisatawan yang melakukan reservasi pada bulan-bulan liburan tersebut.

Jika Anda tidak mau sia-sia karena telah melakukan perjalanan yang jauh dan tidak bisa masuk ke Pulau ini, lebih baik Anda memesan tiketnya secara online terlebih dahulu. Sayang sekali bukan jika sudah berada di Manado tapi melewatkan surganya dunia satu ini?

12 Rekomendasi Tempat Wisata di Manado, No 1, 2 Paling Rekomended

Untuk kapal sewa dari Manado ke Bunaken sendiri Anda dapat memilih Pasar Bersehati atau Marina. Sewa perahu dari Manado ke Bunaken Pasar Bersehati memiliki tarif dengan harga mulai dari Rp 300 ribu – Rp 400 ribu.

Sementara, jika tarif Marina berlaku lebih mahal dari Bersehati yakni sekitar Rp 600 ribu – Rp 800 ribu. Nah, ada cara yang lebih ekonomis yang bisa Anda lakukan yakni dengan bergabung kepada wisatawan lain dengan menggunakan ongkos tradisional Rp 50 ribu per orang. Hanya saja Anda harus menunggu kursi di atas kapal penuh baru bisa berangkat.

Anda bisa saja mencoba untuk menyewa peralatan dari perusahaan besar untuk sampai ke Bunaken. Tetapi ingat, bahwa tanggung jawab untuk memeriksa peralatan ada pada diri Anda sendiri dan tentu saja Anda menjadi jauh lebih hati-hati karena menggunakan fasilitas yang bukan milik Anda. (rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button