✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

bLOG Waktu
Advertisement
HiburanLifestyle

Detektif Emosi: Mengidentifikasi Tanda-Tanda Cemburu dalam Hubungan Persahabatan

Advertisement

Sahabat, siapa yang tak mengenalnya? Namun, terkadang di balik senyumnya, tersembunyi rasa cemburu yang besar. Ini adalah emosi alami, tetapi bagaimana jika cemburu tersebut mengambil alih? Terapis menyebutnya sebagai “sabotase hubungan” yang berpotensi merusak kebahagiaan dan kesejahteraan mental.

Menurut Joel Frank, seorang ahli psikologi klinis, cemburu adalah campuran dari ketakutan, ketidakamanan, dan perbandingan, yang merajalela secara diam-diam dalam hati dan pikiran kita. Saat sahabat kita meraih sesuatu yang kita dambakan, seringkali kita merasa kecil dan tidak berharga. Dalam keluarga, kompetisi tersembunyi dapat mengikis cinta tanpa syarat yang seharusnya ada.

Advertisement

Namun, bagaimana kita tahu jika sahabat kita tengah merasakan cemburu yang membesar? Berikut adalah beberapa tanda menurut para terapis:

Mereka Selalu Mengecam Kekuranganmu.

Apabila sahabatmu terlalu fokus pada kesalahan atau kekuranganmu, mungkin itu bukan karena ingin membantu, melainkan karena cemburu. Kesuksesanmu di tempat kerja mungkin disambut dengan kritik daripada pujian. Ini karena mereka merasa tak mampu ketika membandingkan diri denganmu.

Advertisement

Mereka Mulai Menarik Diri.

Salah satu tanda cemburu adalah ketidakpedulian. Mereka mungkin tidak mengucapkan selamat atas kesuksesanmu atau bahkan absen dari acara penting dalam hidupmu. Ini semua karena mereka sulit untuk bahagia atas kesuksesanmu.

Mereka Meremehkan Kesuksesanmu.

Orang yang percaya diri akan merayakan kesuksesanmu. Jadi, jika sahabatmu terus meremehkan pencapaianmu, itu bisa jadi karena cemburu. Mereka mungkin menganggap kesuksesanmu sebagai keberuntungan semata atau mengatakan bahwa prestasimu bukanlah hal besar.

Mereka Sering Membuat Sindiran Halus.

Sindiran halus adalah salah satu tanda cemburu. Mereka mungkin memberimu pujian yang terdengar positif namun menyimpan nada negatif di dalamnya. Ini adalah cara mereka untuk menyembunyikan cemburu mereka, sekaligus merendahkan pencapaianmu.

Mereka Selalu Mencari Kemenangan.

Perhatikan bagaimana sahabatmu bereaksi ketika kamu berbagi kabar baik. Jika mereka selalu berusaha untuk melebihi pencapaianmu, itu bisa jadi tanda cemburu. Mereka melakukan ini untuk menyenangkan ego mereka sendiri dan menghindari perasaan rendah diri.

Advertisement

Jadi, jika kamu melihat tanda-tanda ini pada sahabatmu, mungkin saatnya untuk duduk bersama dan membicarakan perasaan mereka. Setelah semua, kejujuran dan komunikasi terbuka adalah kunci untuk menjaga hubungan yang sehat dan kokoh.

Advertisement

Fifi Farla

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button