Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Politik

Efek Dua Orang Ini Suara Demokrat Boltim Melejit di Pemilu 2024, ‘Bembeng’ 5 Kader ke DPRD

Advertisement

Perolehan suara Partai Demokrat hasil Pemilu legislatif 2024 tingkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut), nampaknya mengalami peningkatan drastis.

Hal itu terungkap usai rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Boltim, pada Jumat, 1 Maret 2024.

Advertisement

Merujuk data rekapitulasi tersebut, raihan suara partai politik ini menembus angka hingga 10.004 suara dibanding Pemilu 2019 yang hanya dikisaran lima ribuan suara.

Meski masih menunggu keputusan resmi dari KPU pusat, angka itu sudah bisa memastikan partai yang berlambang bintang mercy ini akan memiliki jatah 5 kursi untuk para kadernya di DPRD Boltim.

Advertisement

Banyak pihak yang menduga, lonjakan suara Demokrat tersebut tak lepas dari efek kehadiran Oskar Manoppo. Sosoknya yang dikenal merakyat, aktif turun ke lapangan, dan responsif terhadap keluhan masyarakat adalah penyebab utama naiknya simpati dan kepercayaan publik kepada partai Demokrat.

“Kehadiran Oskar Manoppo menjadi waja (magnet) tersendiri bagi masyarakat untuk mendukung Demokrat. Efeknya sangat terasa. Terlebih lagi, figur dari caleg-caleg Demokrat juga memiliki track record (rekam jejak) yang layak untuk dipilih,” ungkap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC Partai Demokrat Boltim, Hamkah Pontoh, Minggu (3/3/2024).

Hamka juga menerangkan, pada Pemilu 2019 lalu partai Demokrat meraih suara sebanyak 5.375 dan hanya mampu mengirim 2 orang kadernya ke DPRD. Namun, di Pemilu 2024 kali ini lain cerita, kehadiran Oskar Manoppo ditengah-tengah partai Demokrat, kata dia, cukup mendongkrak elektabilitas partai hingga mengalami peningkatan signifikan hampir dua kali lipat dari total raihan suara Pemilu sebelumnya. Bahkan, memastikan diri mengirim kadernya menempati posisi pimpinan DPRD.

“Sosok Oskar terbukti memberikan manfaat langsung turut mendongkrak elektabilitas partai, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap partai Demokrat. Hasilnya sudah terlihat, jika Pileg 2019 cuma dua orang, tahun ini Demokrat bembeng (bawa) lima orang kader ke DPRD, dan pimpinan dewan sudah ditangan,” tuturnya.

Advertisement

Di sisi lain, salah satu pemerhati sosial dan politik Bolaang Mongondow Timur, Ismail Mokodompit, menilai bahwa lonjakan suara Demokrat di Boltim merupakan kombinasi dari beberapa faktor. Salah satunya, kata dia, adalah soal figur caleg.

“Selain efek Oskar Manoppo, faktor lain seperti soliditas internal partai yang dibangun oleh Argo Sumaiku semenjak menjadi ketua DPC, strategi pemenangannya yang efektif, figur caleg dan kekecewaan masyarakat terhadap partai lain, juga turut berkontribusi membuat suara demokrat naik,” papar Ismail.

Ismail juga menambahkan, terlepas dari berbagai faktor tersebut, melejitnya suara Demokrat Boltim pada Pemilu 2024 ini menjadi bukti bahwa sosok Oskar Manoppo dan sang driver atau pengemudi partai Argo Vinsensius Sumaiku adalah duet yang tangguh.

“Kontribusi Oskar dan Argo serta seluruh caleg Demokrat pada Pemilu ini luar biasa besar. Tidak bisa dipungkiri, mereka memang solid,” tambahnya. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button