Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Festival Danau Poso Tahun 2022 di Negeri 1000 Megalith

Advertisement

Pada tanggal 2 juli 2022 lalu, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi tengah resmi meluncurkan logo festival danau poso tahun 2022 dengan tagline pesona megah Sulawesi Tengah yang akn terselenggara di Kota Palu.

Adapun peluncuran logo ini merupakan rangkaian dari FDP yang akan action pada bulan Oktober mendatang. satu bulan menjelang pelaksanaan festival danau poso ini, tentu berbagai persiapan tengah matang oleh Dinas pariwisata Provinsi Sulawesi tengah dan berbagai pihak lainnya.

Advertisement

Seperti apa awal mula cerita Festival Danau Poso ini?

Festival danau poso ini adalah festival tertua yang dilaksanakan oleh Pemprov Sulawesi Tengah ketika itu di tahun 1989. Di saat itu memang Ada trip jalur emas poso togean yang sangat ramai dikunjungi wisatawan, biasanya masuk dari toraja lewat poso, kemudian masuk ke togean.

Festival ini adalah festival yang merupakan Inisiasi dari masyarakat, khususnya yang ada di seputaran danau poso, tentena dan sekitarnya dan merupakan keinginan mereka untuk melestarikan Kesenian budaya poso yang memang sangat dinamis dan sangat indah khususnya musik kambangan.

Advertisement

Dan setelah itu, festival ini pada tahun 2019 pernah masuk di kalender event.
tetapi kemudian ada pandemi covid dan harus terhenti 2 tahun dan akhirnya Gubernur menggagas Festival ini untuk menjadi gong sebagai pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi tengah.

Selain merupakan festival tertua, kita ingin melalui festival ini kejayaan festival danau poso akan kembali menjadi sebuah ikon yang dikenal oleh masyarakat luas dan diharapkan juga dapat meningkatkan berbagai sektor yang ada di daerah,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi tengah, Diah Agustiningsih

Apa Makna Tema dan Logo Festival Danau Poso 2022 ini ?

Festival ini sudah terencana sejak bulan februari dengan mengangkat tema Alam, Rakyat dan Pariwisata dengan tagline Pesona Megah Sulawesi Tengah.

Logonya sudah launching tepatnya di tanggal 2 kemarin dan bahkan pada 5 september, sudah rilis dalam weekly briefing rilis oleh Mas Menteri Pariwisata Sandiaga Uno

Advertisement

Logo Festival Danau Poso memang punya keunikan sendiri. Warna merah mendominasi dengan arti semangat baru, jadi kita ingin bangkit.

Sudah beberapa tahun kita sempat terpuruk oleh pandemi dan kita ingin bangkit melalui pelaksanaan Negeri 1000 Megalith ini dan akan menjadi awal kebangkitan perekonomian khususnya sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif di sulawesi tengah.

Kemudian warna biru merupakan tulisan yang memberi arti mengesankan kepercayaan. “Percaya Diri Untuk Bangkit”.

Ada 2 hal yang kita ingin angkat di sulawesi tengah, salah satunya adalah Peradaban Heritage,” tutur Diah Agustiningsih.

Di FDP.ini kita akan buat satu kegiatan seminar “Sentral Sulawesi Is One Of The GREATEST arkeolog Misteri In The World” karena adanya begitu banyak peninggalan-peninggalan zaman prasejarah berupa patung-patung Megalit yang banyak di daerah poso tepatnya di kecamatan lore.

Pihaknya ingin mendorong supaya dunia melihat dan kita ingin memberi Branding Kabupaten poso menjadi “The End Of Thousand Megalite” sebagai Negeri 1000 Megalith.

Makanya tulisan festival danau poso itu ada berupa Megalit di huruf D Menunjukkan bahwa kita sedang mempromosikan poso menjadi negeri 1000 megalit dan di dalam logo juga kami tambahkan ornament dan ikon pendukung berwarna hijau, merah muda dan oranye yang melambangkan alam, adat serta budaya dan rakyat yang ada di Kabupaten poso,” jelas Diah Agustiningsih

Advertisement

Festival Danau Poso

Event pengantar apa yang telah di lakukan untuk mensosialisasikan pelaksanaan festival danau poso 2022 ini?

Sebelum kita melaksanakan festival danau poso di bulan oktober nanti, pihaknya sudah mengadakan beberapa event seperti Sentra Selebes Walk dan Ratu FDP 2022, kemudian beberapa event yang mengikutinya yang semuanya sudah siap untuk menuju Negeri 1000 Megalith 2022.

Kami juga sedang gencar-gencar mempromosikan karena setelah Mas Menteri Rilis festival danau poso di dalam kegiatan mingguan, kami lebih percaya diri lagi dan semangat, karena efek danau poso langsung rilis.

Pihak mana saja yang akan kita libatkan dan pemerintah sejauh ini seperti apa untuk mengajak masyarakat berkontribusi juga dalam pelaksanaan dari festival danau poso 2022.

Selain Pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten poso ada banyak pihak yang mendukung kegiatan ini, Mulai dari Perusda yang membuat konten video, PT Tambang Batu juga membuat video promosi yang melibatkan Miss Tourism sebagai talentnya dan juga beberapa perusahaan lain yang juga ikut mendukung promosinya.

Kami masih membutuhkan lagi dari media pendukung lain untuk ikut mempromosikan dan menggaungkan festival danau poso yang pelaksanaannya kurang lebih sekitar 45 hari ke depan.

Kami berharapa untuk sama sama kita promosikan ramai ramai di media-media sosial bukan hanya di media mainstream, tapi juga di media media sosial yang ada dan bahkan yang kami ketahui juga ini sudah sempat promosikan di filadelfia New York, oleh grup tim saikoji yang Menciptakan thema song FDP 2022.

Festival Danau Poso

Seperti apa penerapan protokol kesehatan covid 19 nanti pada saat pelaksanaan agar proses pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata ini bisa tetap berjalan tanpa adanya peningkatan kasus covid 19 ?

Dalam setiap pelaksanaan kegiatan protokol kesehatan juga menjadi satu syarat kita melaksanakannya. Tentu saja menggunakan masker menjadi satu kewajiban dan menyediakan tempat untuk cuci tangan juga akan tersedia tv di Venue utama onsite kegiatan Negeri 1000 Megalith.

Dan Insya allah kenaikan harga bahan baka rminyak tidak akan mempengaruhi orang untuk datang ke Sulawesi Tengah khususnya untuk datang ke festival Negeri 1000 Megalith ini,” kunci Diah Agustiningsih. (rhp)

Berita Terkait;

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button