Travel

Festival Pesona Pantai Batu Pinagut yang Menghipnotis Banyak Orang

Hadirnya Festival Pesona Pantai Batu Pinagut merupakan sebuah acara yang digelar setiap tahunnya sebagai branding untuk menarik minat pengunjung serta memperingati hari jadi kota Kabupaten Bolmut. Ada berbagai penampilan menarik dari warga sekitar dan para pecinta seni.

Awal Penyelenggaraan Festival Pesona Pantai Batu Pinagut

Setiap tahunnya di daerah Pantai Pinagut menggelar acara berupa festival dengan durasi waktu 6 hari. Kegiatan ini layaknya bazar namun diselingi dengan penampilan unik termasuk tarian khas. Awal pergelarannya pada tahun 2017 tepatnya 20 Mei yang mendapatkan dukungan pemerintah setempat.

Sebab termasuk event nasional, membuat penyelenggaraan festival satu ini menjadi sangat meriah dengan adanya banyak stand. Konsepnya sendiri hampir sama dengan ekspo yang diselenggarakan untuk memperingati HUT RI. Bedanya ini lebih bersifat terbuka untuk semua kalangan.

Antusiasme pengunjung menjadi nilai plus yang diharapkan nantinya dapat membuat wilayah Pantai Batu Pinagut menjadi destinasi wisata favorit baik di dalam negeri maupun sampai mancanegara. Ada Berbagai rangkaian acara untuk memeriahkan festival termasuk pengenalan baju adat.

Rangkaian Acara Festival Pesona Pantai Batu Pinagut

Pagelaran acara festival ini menyajikan berbagai penampilan dari berbagai kelompok maupun instansi. Meriahnya acara menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung terutama dari luar daerah. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam memajukan pariwisata.

Artikel Terkait: Festival Teluk Tomini: Anjangsana Traveler, Fotografer dan Videografer Abadikan Momen

  1. Berbagai Lomba

Guna memeriahkan acara maka pihak penyelenggara mengadakan berbagai jenis lomba dengan hadiah menarik. Sebenarnya tujuan utamanya adalah agar para pemuda maupun masyarakat lebih semangat dalam mengemabngakan bakat dan minatnya pada bidangnya masing-masing.

Lomba yang ada di festival ini cukup beragam mulai dari fotografi, perahu hias, dan katinting race. Kemeriahan penyelenggaraan acara terbukti menarik banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati rangkaian acara tersebut dan keindahan dari pantai Batu Pinagut secara lebih dekat.

  1. Pameran Pembangunan Bolmut Expo

Pemerintah mengharapkan dengan adanya pameran pembangunan Bolmut expo ini dapat lebih menarik minat masyarakat terhadap seni budaya yang ada di wilayah sekitar. Selain itu juga untuk melestarikan kebudayaan khas dan memperkenalkan kuliner khas buatan masyarakat sekitar.

Pengadaan festival satu ini juga memfokuskan untuk memberikan sentuhan yang berbeda agar sektor pariwisata di Wilayah Bolmut semakin terkenal ke segala penjuru. Berkat gotong royong dan dana dari beberapa sumber menjadikan event besar tersebut dapat berjalan lancar dengan berbagai penampilan.

Festival Pantai Batu Pinagut

  1. Pemilihan Boulo Vuyu

Kegiatan pemilihan Bolu Vuyu merupakan agenda resmi dari pemerintah Kabupaten Bolmut. Acara pembukaannya dilangsungkan di Gedung TIC yakni kawasan wisata pantai. Ajang pemilihan ini terbagi menjadi beberapa babak  dengan tujuan meningkatkan para generasi muda berbakat.

Tujuan lainnya yakni menggerakkan kepedulian masyarakat yang sudah mulai luntur akan adat budaya. Nantinya para peserta akan melalui beberapa pelatihan khusus sebagai bekal nantinya ketika terjun di masyarakat. Apalagi para pemuda sebagai haarapan banga harus memiliki bakat khusus.

  1. Pameran Anggrek

Tanaman yang memiliki nama latin Orchidaceae merupakan tanaman yang tumbuh dengan menumpang pada tanaman lain dengan tidak mengambil nutrisinya. Kecantikan bunganya menjadikannya tampak semakin menarik apalagi ada banyak jenis misalnya anggrek bulan.

Kawasan sekitar Batu Pinagut terbilang banyak tumbuhan anggrek dari berbagai jenis yang indah dan unik. Pagelaran pameran tumbuhan sangat cocok Anda untuk para pecinta bunga. Harganya sendiri beragam tergantung dari tipenya, tingkat keindahan, dan kualitas perawatan.

  1. Penampilan Beberapa Karya Seni

Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan adat, budaya, suku, dan karya seni daerah. Hanya saja modern ini semakin pudar karena budaya barat telah berkembang bahkan mulai mendarah daging. Harapan pemerintah dengan adanya festival kebudayaan dapat menumbuhkan kepedulian.

Hadirnya banyak orang dari berbagai daerah dan kalangan usia akan memudahkan kampanye mencintai budaya. Daerah ini memiliki sejarah leluhur sangat kental yang sudah seharusnya dipertahankan agar keturunan selanjutnya tidak sampai kehilangan identitas aslinya.

  1. Seminar Pariwisata

Keindahan alam Indonesia sudah tersebar di berbagai daerah bahkan mancanegara termasuk Pantai Batu Pinagut. Oleh sebab itu adanya seminar pariwisata bertujuan meningkatkan kepedulian agar dapat bersama-sama membangun sebuah daerah supaya semakin maju dalam berbagai bidang.

Ada banyak tokoh penting menghadiri seminar yang terbuka untuk umum. Harapan untuk kedepannya event ini dapat berlangsung setiap tahun dengan rangkaian acara lebih meriah. Dengan begitu sektor pariwisata di Indonesia semakin berkualitas dan tersohor karena keindahannya tidak.

  1. Pemecahan Rekor

Demi menggerakkan perekonomian masyarakat dalam sektor pariwisata pemerintah terus menggerakkan berbagai acara yang menghadirkan masa. Setiap tahunnya pemecahan rekor ini memiliki genre berbeda tergantung dari tema besar. hal ini membuatnya semakin menarik serta unik.

Penggelaran acara festival akan sangat memungkinkan memecahkan rekor sebab akses jalannya semakin mudah.selain jalur darat dan laut pengunjung juga bisa menempuh melalui udara kemudian turun di Bandara Sam Ratulangi. Armadanya juga sudah beragam dengan keberangkatan sesuai jadwal.

  1. Makan Ikan Tindall

Tindala sendiri merupakan makan khas yang menjadi ikonik daerah satu ini. dalam event tangannya selalu ada acara bakar tindall terpanjang. Nantinya semua pengunjung bisa mencicipinya dengan catatan apabila stoknya masih. Selain meriah juga menumbuhkan persatuan dan kesatuan masyarakat.

Hal ini menumbuhkan daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar daerah sehingga meningkatkan daya tariknya. Harapannya tradisi seperti ini dapat turun temurun sampai nanti agar tidak sampai hilang tertelan perkembangan zaman. Kemajuan teknologi dalam hal ini juga sangat berperan penting.

Festival Pantai Batu Pinagut

Daya Tarik Pantai Batu Pinagut

Pantai Batu pinagut sendiri merupakan aset yang berharga yang dapat meningkatkan pergerakan perekonomian masyarakat sekitar. Keindahannya akan membuat para pengunjung lebih betah berada di tempat tersebut dalam waktu lama. Berikut ulasan lengkapnya;

  1. Spot Foto Menakjubkan

Sesampainya di pantai, Anda akan disambut pepohonan rimbun terutama kelapa. Tidak jarang juga tempat ini berfungsi untuk menikmati angin sepoi dan menanti sunset karena terdapat beberapa tempat duduk layaknya gazebo atau tanpa atap.

Kelembutan pasir di sekitar pantai mengurangi kekhawatiran para orang tua jika buah hatinya sampai terluka ketika bermain di sana. Sebab jika siang hari cukup panas, maka jangan lupa menyediakan sunscreen guna melindungi efek buruk matahari bagi kulit dan menghindari tone terlalu gelap

  1. Sekitar Lokasi Bersih

Kebersihan mencerminkan keindahan, hal inilah dipertahankan meski pengunjung sudah mengalami kenaikan secara signifikan. Tidak hanya fasilitas berupa tempat parkir maupun wc umum yang mendapatkan perhatian melainkan juga tumbuhan segar berbagai jenis.

Meski sudah ada petugas kebersihan, namun tidak akan berjalan lancar apabila para pengunjung masih suka membuang sampah sembarangan. Ada baiknya untuk membantu meringankan pekerjaan mereka dengan membuang sampah di tempat yang sudah tersedia pada beberapa titik.

Demikian penjelasan mengenai Festival Pesona Pantai Batu Pinagut yang dapat Anda jadikan referensi nantinya jika ingin berlibur ke tempat menakjubkan. Sebelumnya pastikan membawa berbagai perlengkapan sesuai kebutuhan. (rhp)

Selanjutnya

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media dan Pemerintah Daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button