Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Nasional

Indonesia Siap Luncurkan Golden Visa

Advertisement

Waktu.news | Pemerintah tengah menggencarkan program Golden Visa. Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Uno mengatakan, kebijakan golden visa ini menjadi karpet merah bagi warga negara asing yang ingin berinvestasi untuk perkembangan ekonomi di Indonesia.

Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan pelayanan cepat bagi para wisatawan, khususnya warga negara asing yang masuk ke tanah air.

Advertisement

Upaya ini dilakukan guna mendorong kepulihan sektor pariwisata Indonesia. Adapun pelayanan yang cepat dan terbaik bagi para wisman salah satunya adalah dengan menghadirkan golden visa yakni visa baru yang bisa memudahkan warga negara asing untuk tinggal di Indonesia.

Golden visa merupakan program imigrasi yang memungkinkan orang kaya untuk mendapatkan izin tinggal atau bahkan kewarganegaraan Negara lain hanya dengan melakukan investasi atau sumbangan dengan jumlah relatif besar.

Advertisement

Mereka yang dapat mengajukan golden visa dapat dengan mudah memperoleh paspor kedua atau setidaknya tinggal di negara lain untuk diri mereka sendiri dan anggota keluarga mereka.

Visa Emas merupakan produk turunan dari second home visa yang sebelumnya telah diluncurkan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada November 2022 lalu.

Visa emas ini ditujukan bagi wisman yang berkualitas seperti special talent, digital investor, hingga pelaku industri yang ingin berinvestasi di Indonesia.

Sementara itu, untuk second home visa diberikan untuk UNA yang ingin menjadikan Indonesia sebagai rumah kedua untuk masa tinggal 5 hingga 10 tahun.

Advertisement

Jadi golden visa ini nanti akan diumumkan oleh Kementerian Hukum dan HAM tapi fiturnya itu adalah untuk menarik lebih banyak investor ke Indonesia.

Lebih banyak digital entrepreneur, digital ekonomi dan digital talent. Dan seiring juga dengan transformasi.
Kita yang sangat membutuhkan teknologi terkini dan juga teknologi transfer dan juga investasi.

Selain golden visa, ada juga pemberlakuan elektronik visa on arrival yang sudah lebih dulu berjalan sejak November 2022.

Dengan menggunakan EVOE wisatawan mancanegara dapat melakukan pembayaran VO sebelum tiba di Indonesia. (rhp)

Berita Lainnya:

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button