Nasional

Ini Urgensi Menghadirkan Mal Pelayanan Publik Untuk Pemerintah Kabupaten Kota

Waktu.news | Pelayanan publik adalah wajah kongkrit kehadiran negara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Negara disebutkan hadir jika mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang prima, cepat, profesional dan berkeadilan, kata presiden Joko Widodo seperti dilansir dari laman Kementrian PANRB, rabu 13 juli 2022.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga mengungkapkan, sesuai arahan presiden instansi pemerintah harus berbenah. pemerintah wajib memberikan pelayanan publik yang prima untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat.

Mal pelayanan publik diharapakan menjadi wajah pemerintah dalam pelayanan kepada public,” ungkapnya.

Lanjutnya, Pendirian MPP sudah di atur dalam peraturan presiden no 89 tahun 2021 tentang penyelenggaraan MPP yang wajibkan setiap kabupaten/kota untuk mendirikan MPP.

MPP dirikan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. sebelumnya kantor layanan pemerintah terletak terpisah-pisah sehingga memakan waktu dan biaya.

Kesan birokrasi yang berbelit-belit dan fasilitas yang belum ramah tercermin di wajah pemerintah, namun kini pelayanan pemerintah telah bertransformasi, pelayanan yang modern, cepat, ramah mudah, efektit dan efisien, disajikan dalam satu tempat yakni mal pelayanan public. faslitas memadai yang disajikan membuat pengunjung merasa nyaman.

Ego sektoral harus dihilangkan dengan membangun mainset kerja Bersama.

Ide MPP ini terinspirasi dari public service holmes Georgia.

Percepatan Mal Pelayanan Publik, 2024 Seluruh Indonesia Harus Rampung 100 Persen

Dari tahun ke tahun pembangun MPP terus berprogres, hingga akhir juni 2022 sudah ada 59 MPP yang tersebar di seluruh Indonesia. jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan niat dan tekad dari pemerintah provinsi, kabupaten dan kota untuk membangun pusat pelayanan modern di daerahnya masing-masing.

Langkah ini dijalankan sesuai dengan amanat peraturan predsiden no 89 tahun 2021.

Urgensi kehadiran Mal pelayanan publik semakin dirasakan, industri mikro dan kecil kian bertumbuh, daya saing global menguat dan minat investor semakin tinggi, hingga pada akhirnya perekonomian serta kesejahtaeraan masyarakat semakin meningkat.

Komitmen, kolaborasi dan kerjasama dari semua pihak adalah kunci penting dalam penyelenggaraan MPP.

Ini Kata Supriadi Goma Soal Kesiapan Bolmut Hadapi Mal Pelayanan Publik 2024

Mari kita bersama menghadirkan negara dimana masyarakat melalui pelayanan yang terintegrasi dengan menyukseskan MPP.

Hadirkan pelayanan prima dengan semangat bangga melayani bangsa. (rhp)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button