Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BoltimDaerah

Jelang Idul Fitri, 44 KPM Desa Loyow Terima BLT Dana Desa Rp 1,2 Juta

Advertisement

Pemerintah Desa Loyow, Kecamatan Nuangan, Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut), menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2024 kepada 44 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran BLT kali ini berbeda dari sebelumnya, karena dilakukan sekaligus untuk empat bulan, yakni Januari, Februari, Maret, dan April 2024.

Advertisement

Kepala Desa Loyow, Tarji Mokoagow, mengatakan bahwa penyaluran BLT DD empat bulan sekaligus ini sengaja dilakukan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah. Hal itu dilakukan sebagai wujud kepedulian pemerintah desa ditengah melejitnya harga kebutuhan pokok saat Ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri.

“Masing-masing KPM menerima Rp300.000 per bulan, sehingga total yang diterima untuk empat bulan adalah Rp1.200.000,” kata Tarji Mokoagow, Selasa (2/4/2024), usai penyaluran BLT DD.

Advertisement

Tarji berharap bantuan ini dapat digunakan sebaik mungkin oleh KPM untuk memenuhi kebutuhan pokok dan persiapan Idul Fitri.

KPM Desa Loyow Terima BLT

“Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat membantu meringankan beban masyarakat, khususnya masyarakat yang sebentar lagi akan menyambut hari raya Idul Fitri,” tuturnya.

Tarji juga menambahkan, keempat puluh empat penerima BLT tersebut merupakan keluarga yang tergolong miskin ekstrem sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Nomor 13 Tahun 2023 tentang Petunjuk Operasional atas Fokus Penggunaan Dana Desa Tahun 2024.

Advertisement

“Penetapan KPM diputuskan melalui Musyawarah Desa (Musdes) yang telah dilaksanakan beberapa bulan lalu. Adapun kriteria para penerima tentunya tidak keluar dari apa yang sudah diatur dalam Permendes 13 tahun 2023,” tambahnya.

Diketahui, penyaluran BLT DD di Desa Loyow dihadiri langsung oleh BPD, perangkat desa, dan pendamping desa. Proses penyaluran berlangsung di kantor desa setempat. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button