Berita Bolmut

Kampung Tangguh Busisingo Solusi Memutus Mata Rantai Covid-19

Waktu.news | Disiplin kuat masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan merupakan kunci utama untuk menangkal penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini terbukti pada Kampung Tangguh Busisingo yang sudah action.

Desa busisingo Kecamatan Sangkub, walaupun letaknya jauh dari pusat pemerintahan kabupaten, tak membuatnya jauh dari prestasi. Hal tersebut dibuktikan dengan didirikan Posko Satgas COVID 19, pada (24/02/2021).

Camat Sangkub dan Kapolsek terpantau dilapangan setelah menyerahkan BLT dana desa kemudian langsung meresmikan Desa Tangguh Busisingo.

Kepala Desa Busisingo, Ridjib Pangko menuturkan, bahwa hal ini dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa PDTT No. 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan agar Desa Tangguh Covid-19 dapat mempertahankan perekonomian dan menjaga kesehatan masyarakat yaitu antara lain membentuk relawan, membuat protokol pencegahan dan penanganan Covid-19, serta menggunakan dana desa untuk program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan bantuan warga.

Selain itu kata Ridjib, Kampung Tangguh Covid-19 dibentuk untuk mencegah masuknya Covid – 19 ke wilayah desa. yang diperkuat oleh relawan desa yang menjadi garda terdepan di desa dengan melakukan pendataan masyarakat yang masuk dan keluar dari desa,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Sangkub mengucapkan terima kasih kepada warga sangkub yang sudah bersinergi bersama TNI/Polri. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir pencegahan masukdnya covid-19 ke wilayah hukumnya.

Kesiapan ini juga dapat dilihat dari adanya gerakan menanam Apotik Hidup, Toga, sayur maupun buah yang hasilnya juga bisa menjadi tambahan penghasilan keluarga.

“Setiap elemen masyarakat memiliki peran penting. Mari bersama-sama kita melindungi diri dan melindungi sesama sehingga selamat dari wabah COVID-19,” harapnya.(BS/rhp)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button