Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Politik

KPU Boltim Akan Rekrut Ribuan Tenaga AD Hoc Pemilu 2024, Begini Syaratnya

Advertisement

Tutuyan, WAKTU.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur akan segera merekrut ribuan tenaga badan penyelenggara ad hoc Pemilu 2024.

Hal itu diutarakan oleh anggota KPU Boltim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partispasi dan Sumber Daya Manusia, Terry F. Suoth, usai Rapat Koordinasi (Rakor) bersama stakeholder, insan pers dan NGO di Hotel Sutanraja Kotamobagu, kepada waktu.news, Jumat (14/10/2022), tiga hari lalu.

Advertisement

Menurut Terry F. Suoth, sebanyak 2.645 orang yang dibutuhkan KPU Boltim untuk persiapan Pemilu 2024 mendatang.

“Kita memerlukan PPK di 7 kecamatan sebanyak 35 orang PPS di 81 desa masing-masing 3 orang sebanyak 283, Kemudian, KPPS di 263 TPS berdasarkan hasil rekap PDPB bulan terakhir di kali 9 sebanyak 2.367 orang. Totalnya 2.645 orang,” ujar Terry Suoth.

Advertisement

Meski rekrutmen ribuan penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, desa, dan TPS ini masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI, Terry Suoth mengingatkan, agar data pribadi warga yang ingin bergabung dalam badan ad hoc tidak ada hubungannya dengan partai politik.

Sebab, proses perekrutan tenaga penyelenggara badan ad hoc kali ini, menggunakan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc atau SIAKBA.

Aplikasi SIAKBA tersebut, kata Terry Suoth, kemungkinan akan langsung diintegrasikan ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) KPU RI. Jika terkait erat dengan partai politik, maka proses pendaftaran akan otomatis ditolak

“Jadi yang perlu dipastikan adalah NIK tidak terdaftar sebagai anggota partai politik, karena hal itu menjadi salah satu syarat wajib. Caranya, bisa di cek melalui portal KPU yakni infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik,” paparnya.

Advertisement

Jerry menambahkan, KPU Boltim juga akan menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi SIAKBA sebelum membentuk badan ad hoc nanti.

“Pekan depan saya akan mengikuti Bimtek terkait perekrutannya,” pungkas Terry F. Suoth.

Sebagai informasi, beberapa hari lalu, KPU Boltim menggelar rapat koordinasi dengan stakeholders, media (insan pers) dan NGO pada Jumat 14 Oktober 2022 di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Rapat koordinasi itu, rupanya membahas pelaksanaan verifikasi faktual terhadap Partai polituk calon peserta Pemilu 2024 yang sudah dimulai sejak 15 Oktober hingga November mendatang. (aah)

Sisa Honor PPK dan PPS di Boltim Mulai Dibayar

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button