Travel

Gunung Ambang Boltim di Kelilingi 3 Danau, Keren Mempesona

Pundak Unta Suguhkan Sesuatu yang Berbeda

Waktu.news | Salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi saat masa liburan panjang, yaitu seperti menikmati panorama indah dari pegunungan. Bahkan di sana udaranya juga jauh lebih sejuk, sehingga cocok jika ingin merilekskan pikiran. Sama halnya seperti di Sulawesi Utara, terdapat destinasi gunung ambang yang menarik.

Keindahan Pemandangannya

Salah satu keindahan yang dimiliki oleh Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Hampir seluruh destinasi wisata air dan darat memiliki keunikan dan sejarahnya sendiri. Hal inilah yang menjadikan suatu objek wisata tidak kalah bagusnya dengan yang ada di luar kota atau bahkan negeri.

Salah satunya terdapat pada destinasi Gunung ini, lokasinya terletak di Sulawesi Utara. Wisata satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan mendaki dan menikmati panorama alam di pagi hari dari atas bukit. Suasana sejuk dan segar, udara jauh dari polusi membuat nyaman.

Gunung Ambang ini mempunyai ketinggian sekitar 1,795 mdpl dan tepatnya berada di Bolaang Mongondow bagian Timur atau Boltim. Akan lebih menyenangkan lagi jika mengajak anggota keluarga untuk berlibur di gunung tersebut, mengingat suasananya sangat mendukung akan kebersamaan.

Jalur Pendakian Gunung Ambang Boltim

Perlu Anda ketahui, bahwa Gunung Ambang ini berlokasikan di perbatasan kabupaten Minahasa bagian Selatan, kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Objek wisata satu ini termasuk ke dalam salah satu stratovolcano dengan tipe A. Tingginya sekitar 1.689 mdpl dan pernah meletus tahun 1600.

Berbicara mengenai jalur pendakian, Puncak Unta ini memiliki jalannya sendiri. Bagi Anda yang sangat ingin menikmati panorama indah dari atas gunung tersebut, ada baiknya persiapkan perlengkapan mendaki terlebih dahulu. Kemudian, cobalah melalui desa Bongkudai, kecamatan Moat.

Sedangkan di bagian puncak dari Gunung ini masih berupa kawah yang masih cukup aktif. Pada bibir kawahnya merupakan titik paling tinggi dan biasanya masyarakat sekitar akan menjulukinya sebagai “Puncak Unta”. Nama tersebut sebenarnya diberi karena bentuk treknya menyerupai punuk unta.

Sebelum mengunjungi destinasi wisata menarik dan indah satu ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi secara mendalam terlebih dahulu. Itu karena sebagai pengunjung, sudah seharusnya tahu tentang objek wisata yang hendak mereka kunjungi agar tidak tersesat dan tahu aturannya.

Artikel Terkait: Tempat Wisata di Palu yang Kekinian dan Menarik Perhatian

Cara Mencapai Ke Puncak Gunung Ambang Boltim

Salah satu informasi yang perlu Anda dapatkan sebelum mengunjungi suatu destinasi wisata, terlebih lagi jika akan berkunjung ke pegunungan. Sudah pasti cara mencapai ke puncak beserta perlengkapan yang harus anda bawa adalah informasi paling penting dan jangan sampai terlupakan.

Bagi Anda yang ingin mencapai puncak Gunung andalan Boltim ini, banyak orang menyarankan untuk lewat melalui rute di desa Purworejo kecamatan Modayag saja. Letaknya di sebelah selatan gunung dengan jarak tempuh 7 km / 5 jam. Rute lainnya lewat lereng sebelah timur desa Bongkudai, jarak 3 km / 1,5 jam.

Demografi Sekitar

Berbicara mengenai demografi pada Gunung ini, sebenarnya beragam. Menurut informasi terpercaya, ada yang mengabarkan bahwa kepadatan penduduk terjadi pada daerah rawan bencana II. Kawasan tersebut meliputi kabupaten Bolaang Mongondow serta Kabupaten Minahasa.

Untuk jumlah penduduk di Kecamatan Modayag sendiri, sekitar 27.526 jiwa / 6.136 kepala keluarga dengan luas wilayahnya sekitar 210,35 km2. Setiap jumlah dari penduduk tersebut akan berbeda setiap desa. Dari desa tersebut biasanya setiap pengunjung akan melewatinya ketika hendak ke Gunung.

Artikel Terkait; Pesona Air Terjun Soguo Bolsel

Wisata Gunung Ambang Boltim

Gunung ini merupakan salah satu destinasi wisata paling menarik, dengan memiliki panorama indah, ada juga agrowisata, ilmiah dan juga bisa pengunjung jadikan sebagai rekreasi keluarga yang menyukai objek wisata dengan kesejukan dan kesegaran udara area pegunungan.

Tidak hanya itu saja, Gunung ini kabarnya sangat dekat juga dengan destinasi lainnya. Bahkan panoramanya tidak kalah menakjubkan, objek wisata tersebut meliputi Danau Tuduaog, Moat, Tondok, Pemandian Air Panas Bangunan Wuwuk, Kawah Gunung Moyayat beserta air terjunnya dan agrowisata.

Destinasi Terdekat

Seperti pada pembahasan sebelumnya, bahwa Gunung Ambang ini berdekatan langsung dengan objek lainnya. Seperti halnya Danau Tuduaog, Anda bisa mencapainya dari Kotamobagu ke utara, serta ada juga destinasi Danau Tondok, Danau Moat dan juga danau tabang dengan panorama indahnya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengunjungi destinasi menarik lainnya di dekat Gunung ini. Objek wisata tersebut antara lain gunung Soputan, Awu, Empung, Tangkoko, Klabat, Ruang, Lokon, dan juga Kentur Mahawu. Semuanya memiliki panorama indah seperti Ambang.

Artikel Lainnya: Sejarah Mokapog dan Susunan Kerajaannya

Gunung Ambang

Keunikan yang Ada

Tahukah Anda bahwa Gunung Ambang ini mempunyai banyak keunikan daripada objek wisata pegunungan lainnya yang ada di Sulawesi Utara? Keunikan tersebut akan banyak pengunjung temukan ketika mereka mendaki untuk bisa sampai ke puncak tertinggi. Salah satunya binatang.

Binatang yang akan Anda jumpai berupa endemik, seperti misalnya saja pada burung, ular, babi hutan bahkan anoa pun juga ada di sana. Bahkan kabarnya binatang tersebut sampai saat ini masih ada dan sengaja dilestarikan. Lokasinya menyebar, jadi tidak hanya ada di gunung.

Baca Juga: Puncak Syariat Bohabak, Masjidnya di Puncak Gunung

Jarak Tempuh

Berbicara mengenai jarak tempuh yang harus Anda lalui untuk bisa pergi ke Gunung ambang boltim ini, yaitu sekitar satu sampai dengan dua jam. Namun, itu semua tergantung setiap orang sekuat apa mereka bisa bertahan agar bisa mencapai puncak tertinggi gunung dari Sulawesi Utara tersebut.

Bagi Anda yang ingin mendaki, ada baiknya melalui jalur pendakian Bongkudai Baru saja. Jalur tersebut sudah terbilang sangat cocok untuk para pendaki yang hendak menuju ke bagian teratas gunungnya. Bahkan jalurnya juga tidak terlalu panjang, sehingga tidak membuat lelah.

Lokasi: Cek Disini

Panorama Yang Indah

Berlibur bersama keluarga besar memang sangat menyenangkan, akan tetapi pemilihan destinasi wisata bisa menjadi acuan Anda mendapatkan momen kebersamaan paling spesial. Oleh karena itu, cobalah untuk mengunjungi Gunung yang ada di Sulawesi Utara saja. Panoramanya indah.

Puncak unta ini termasuk objek wisata dalam cagar alam dan dilindungi. Tidak heran memang, karena keindahan alamnya begitu menakjubkan. Dari bagian atas puncaknya, Anda akan menemukan suasana yang jauh lebih menyegarkan.

Harga Tiket

Dengan banyaknya keindahan alam pada Gunung ini, membuat banyak pula pengunjung yang ingin berkunjung untuk berlibur ke sana. Keindahan alamnya seakan tidak ingin pulang cepat, sehingga akan lebih betah saat menetap lama di sana.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Puncak unta, harus membayar tiket masuk agar bisa lebih menikmati pemandangan yang ada di sana. Harganya cukup terjangkau, karena hanya membutuhkan budget sekitar Rp 2.000 saja tiap pengunjung.

Seperti itulah penjelasan secara detail dari gunung ambang yang menarik dan mempesona. Beserta dengan pembahasan mengenai keindahan objek wisata, jalur pendakian dan juga semua informasi tentang Gunung milik negeri seribu danau ini.(rhp)

Baca juga: Pulau Saronde Memang Selalu Jadi Rujukan Akhir Pekan

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button