Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

Kamu Harus Tahu: Wisata Alam Baru Jawa Timur

Ingin mendapatkan spot foto yang kekinian ini?

Advertisement

Wisata alam menjadi pilihan banyak orang untuk melepas penat dan bosan dengan tempat rekreasi yang mainstream dan berada di pusat kota. Ada banyak referensi yang harus Kamu tahu terkait wisata alam baru Jawa Timur, bahkan belum banyak yang tahu.

Beberapa Wisata Alam Baru Jawa Timur

Ingin mendapatkan spot foto yang kekinian di tahun 2020 ini? Berikut beberapa referensi pilihan yang bisa Kamu kunjungi:

Advertisement
  1. Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura terletak di Dusun Sapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo. Jalur yang di lalui untuk ke lokasi tidaklah mudah. Kamu mesti melewati trek sepanjang 2 kilometer. Namun hal tersebut sepadan dengan pemandangan dan keindahan tempat ini.

Air terjun Madakaripura memiliki tinggi 200 meter. Cerita rakyat yang berkembang kala itu menyebutkan bahwa tempat tersebut merupakan area meditasi patih Gajah Mada. Harga tiket masuknya berkisar dari Rp 22.000 – 45.000 per orang.

Advertisement
  1. Air Terjun Tancak

Air terjun indah ini berlokasi di Jember. Untuk sampai di tempat tersebut, wisatawan musti jalan kaki sejauh 2 Km. selama perjalanan, Kamu akan menyeberangi sungai yang sewaktu-waktu beraliran deras. Sebaiknya batalkan perjalanan ketika arusnya sangat kuat.

Karena jalurnya belum di kelola dengan bagus, supaya tidak salah arah, sebaiknya Kamu sewa pemandu wisata. Sebab mereka lebih tahu track yang paling aman untuk dilalui. Untuk masuk lokasi, Kamu hanya perlu bayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 jika pakai mobil.

Tempat Wisata Gorontalo yang paling Populer di Kunjungi

  1. Bukit Jamur

Sebagaimana namanya, bukit ini memang penuh dengan jamur-jamur raksasa. Namun bukan sungguhan, hanya bukit batu yang menyerupai jamur dan tercipta akibat aktivitas penambangan kapur di daerah tersebut.

Advertisement

Bukit Jamur ini dulunya bernama Dakar dan berlokasi di Gresik. Tingginya ada yang mencapai 7 m. Kamu bisa memanfaatkan spot-spotnya untuk berswafoto. Tempat ini bisa Kamu datangi dengan membayar tiket parkir sebesar Rp 3.000/sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

  1. Bukit tinggi Daramista

Wisata alam berikutnya adalah Bukit Daramista. Tempat ini berlokasi di Lenteng, Sumenep, Madura. Kamu akan di sajikan pemandangan yang fantastis. Apalagi jika berkunjung ketika malam hari, sambil menikmati langit penuh bintang.

Banyak spot baru di tambahkan untuk menarik minat pengunjung, sehingga bagus di gunakan sebagai tempat berswafoto. Kamu juga bisa mencoba aktivitas yang memacu adrenalin. Harga tiket masuknya cukup murah, sekitar Rp 2.000 per orang.

  1. Bukit Kolam

Bukit ini terletak di Desa Bulang, Kecamatan batuputih, Kabupaten Sumenep Madura. Termasuk salah satu tempat wisata yang unik dengan menyajikan pemandangan berbukit-bukit kolam buatan dengan luas dan kedalaman yang beragam.

Harga tiket masuknya sekitar Rp 5.000 per orang. Tarif tersebut bisa naik sewaktu-waktu, apalagi jika pas akhir pekan atau musim liburan. Kamu bisa merasakan sensasi berenang dari ketinggian di alam terbuka dari Bukit Kolam.

9 Pilihan Tempat Wisata Baru di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

  1. Bukit Larangan Panceng

Tempat wisata ini terletak di Prupuh, Panceng, daerah Gresik. Ketika datang berkunjung, Kamu akan di suguhi pemandangan yang saling berlawanan dengan salah satu sisi berupa bukit kapur sedangkan yang lain berupa garis pantai yang indah.

Advertisement

Lokasi ini masih gratis, sehingga bebas di datangi oleh siapapun. Hanya Kamu akan di mintai tarif parkir atau penitipan kendaraan. Bukit Larangan Panceng sangat bagus di gunakan sebagai tempat berkemah dan menyaksikan matahari terbit.

  1. Bukit Jaddih

Bukit ini berlokasi di Jalan, Parseh, Kecamatan Socah, Bangkalan Madura. Seperti halnya Bukit Jamur, tempat ini juga terbentuk dari bekas penggalian batu kapur. Hal unik yang bisa di lihat dari bukit Jaddah adalah konturnya yang menakjubkan.

Bukit Jaddih juga memiliki telaga berwarna biru terang yang sangat cantik, sehingga membuat siapapun terpesona. Selain itu, di tempat ini juga terdapat gua kapur. Kamu bisa menikmati keindahan alam sepuasnya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

  1. Pantai Banyu Tibo

Tempat ini terletak di desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Namanya dalam bahasa Jawa berarti air jatuh. Penamaan ini dilatarbelakangi oleh daerah berpasirnya amat sempit. Juga tebing sekitarnya dengan fenomena air terjun yang jatuh ke pantai.

Namun, fenomena tersebut tidak bisa Kamu nikmati ketika air laut sedang pasang. Karena air dan debur ombak dari lautan akan mencapai tebing. Justru fenomena tersebut juga bagus untuk relaksasi. Tiket masuk kawasan ini sekitar Rp 10.000 per orang.

  1. Pantai Kedung Tumpang

Tempat ini sebagaimana pantai Banyu Tibo, berbatasan langsung dengan laut. Uniknya, pinggirnya ini bukan berupa pasir, tetapi kumpulan kolam-kolam kecil berwarna hijau. Kolam tersebut bisa Kamu gunakan untuk mandi juga lho.

Lokasi Pantai Kedung Tumpang berada di Area Perkebunan Pucanglaban, Tulungagung. Karena belum di kelola lebih lanjut, tiket masuknya masih gratis. Hanya saja Kamu akan di kenai tarif parkir sekitar Rp 5.000 per kendaran.

11 Tempat Wisata Banggai yang Indah

  1. Pantai Jonggring Saloko

Tempat wisata alam baru ini terletak di daerah Malang. Untuk mencapainya, Kamu harus berkendara sejauh 70 Km dari pusat Kota Malang. Karena lokasi agak terisolasi, jarang yang tahu kawasan ini, sehingga air lautnya masih jernih, pasirnya putih, dan banyak terdapat batu karang.

Karena tempatnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pengunjung tidak di perbolehkan untuk berenang. Selain itu, karang-karang di Pantai Jonggring Saloko ini cukup tajam. Area ini masih gratis tiket masuknya, hanya pengunjung akan di kenai tarif parkir sebesar Rp 5.000 – 10.000.

  1. Pantai Gondo Mayit

Pantai ini terletak di Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar. Tempat ini termasuk salah satu jajaran pantai indah di Jawa Timur. Kamu bisa berenang ketika ke sini, karena pantai tidak berkarang. Sayangnya ombaknya sangat deras, di tambah kemistisan namanya yang berarti ‘bau mayat’.

Kamu bisa kulineran di pantai ini atau berburu bulu babi yang lumayan banyak dan mudah di temukan. Pengunjung untuk sampai lokasi harus berjalan kaki dari Pantai Tambak Rejo. Hanya perlu membayar tiket masuk Rp 5.000 wisatawan sudah bisa berkemah di sini.

  1. Pantai Rowo Indah

Pantai di kenal pula dengan nama Gua Cina. Keunikan tempat ini terletak pada pertemuan gelombang air lautnya. Ada yang dari timur, selatan, dan barat.fenomena tersebut kemudian menghasilkan suatu bunyi yang indah. Lokasinya berada di Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang.

Nama lain yang di sematkan tersebut merujuk pada seorang pertapa China menggunakan gua sebelahnya untuk meditasi. Kamu bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise, berkemah,  atau berkunjung ke gua. Harga tiket masuknya sekitar Rp 10.000 belum termasuk tarif parkir.

  1. Gili Labak

Pulau ini juga terdapat di Talango, Sumenep Madura. Tempatnya tidak begitu luas dan memiliki pantai pasir putih. Hal tersebut membuat pemandangan semakin indah, di tambah dengan hamparan karang, serta ombak-ombak yang jinak.

Bagi pecinta snorkeling atau diving, tak boleh melewatkan destinasi ini. Pemandangan dalam lautnya sangatlah indah, sehingga sayang bila tidak bisa di nikmati. Harga paket wisata di Gili Labak mulai Rp 200.000 – 500.000 per orang dalam rombongan berisi sekitar 10 pengunjung.

Itulah beberapa wisata alam baru Jawa Timur. Semoga membantumu dalam menyusun perencanaan dan riset terkait tempat tersebut. Jika kesulitan dalam membuat perencanaan wisata, gunakan jasa travel.(rhp)

BACA JUGA: Wisata Waterpark yang Cocok Untuk Refreshing Bersama Keluarga

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button