Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Lipsus

Pemdes Nuangan Gelar Pelatihan Pemutakhiran IDM dan Pencapaian SDGs 2024, Ini Targetnya

Advertisement

Pemerintah Desa (Pemdes) Nuangan di Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut), menggelar Pelatihan Pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) dan Sustainable Development Goals (SDGs) Tahun 2024.

Pelatihan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan target Desa Nuangan yang maju dan mandiri.

Advertisement

Kegiatan ini digelar di Balai Desa Nuangan dan diikuti oleh seluruh perangkat desa, kader pos pelayanan terpadu (Posyandu) dan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) pada Rabu, (15/5/2024).

Kepala Desa Nuangan, Masnien Mokoagow (Pj) dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dan para pemangku kepentingan dalam memahami dan mendata informasi desa secara akurat.

Advertisement
Pemdes Nuangan Gelar Pelatihan IDM SDGs 2024
Tenaga Ahli (TA) Pendamping Desa Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Nellasari Paputungan saat menyampaikan materi.

“Pelatihan ini sangat penting untuk kita semua. Oleh karena itu, diharapkan kita semua dapat memahami konsep IDM dan SDGs dengan baik, sehingga dapat mendata informasi desa dengan benar dan akurat,” jelas Sangadi.

Lebih lanjut, Mansien menuturkan bahwa data IDM dan SDGs menjadi dasar bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan pembangunan desa.

“Saya mengharapkan perhatian dari peserta. Apa yang disampaikan oleh pemateri kita ikuti dengan baik, supaya kedepan pengisian data, bisa kita tahu bagaimana pengisian data tersebut. Sebab, data yang akurat akan membantu kita mewujudkan target desa Mandiri,” terangnya.

Masnien juga mengajak seluruh peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan dengan seksama dan bersungguh-sungguh.

Advertisement
Tenaga Ahli (TA) Pendamping Desa Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Nellasari Paputungan saat menyampaikan materi.
Tampak peserta saat mengikuti materi Pelatihan Pemutakhiran IDM dan Pencapaian SDGs 2024.

“Jadi mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita. Ssaat materi kita bisa memegang HP (Handphone) tapi jangan setiap saat. Karena satu menit saja apa yang disampaikan oleh pemateri kemudian kita kurang memperhatikan, sudah tentu apa yang disampaikan itu hanya terlewati dan kita tidak paham,” ajaknya.

Hadir sebagai pemateri dalam pelatihan Tenaga Ahli (TA) Pendamping Desa Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Nellasari Paputungan dan Resty Manangin.

Selain itu, kegiatan tersebut turut juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Penguatan Kelembagaan Desa/Kelurahan Dinas PMD Boltim Citra Paputungan S.STP, Kasi PMD Pemerintah Kecamatan Nuangan Moh. I.E Makaminang, dan Pendamping Desa Kecamatan Nuangan Dwi Tirta Yudha Gaib dan Fitria Dakotalod. (bss)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button