Food

Pohon Kurma Ternyata Bisa Tumbuh dan Berbuah Lebat di Boltim

Tutuyan, WAKTU.news – Sebuah pohon kurma tumbuh subur di tanah Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.

Bukan hanya bisa tumbuh, tanaman yang umumnya hanya dijumpai di negara beriklim tropisi ini, ternyata mampu menghasilkan buah lebat.

Pohon kurma ini berada di pekarangan rumah milik Baktiar Mokoagow (63), warga desa Loyow, Kecamatan Nuangan.

Saat pertama kali tumbuh, ia mengira pohon kurma ini hanyalah aren yang biasanya tumbuh liar. Namun ketika mulai besar, barulah ia ingat ternyata dirinya pernah menanam biji kurma bersamaan dengan biji jeruk nipis, di sudut halaman rumahnya pada tahun 2014 silam.

“Kebetulan waktu itu, saya memang baru selesai menimbun halaman rumah, menghindari genangan air. Sebulan kemudian, saya lihat ada satu tanaman yang timbuh dipermukan tanah. Ah! Mungkin buah seho (biji aren), jadi saya biarkan tumbuh. Nanti sudah sekitaran tiga bulan lebih, baru saya ingat oh ternyata saya pernah nenanam biji kurma,” kata Baktiar Mokoagow, Selasa, (31/5/2022).

Meski ada yang menyarankan agar pohon yang mulai tumbuh besar di halaman rumahnya itu, ditebang saja karena tidak mungkin akan berbuah. Namun siapa sangka, tiga tahun kemudian, kata Baktiar, tanaman khas padang pasir ini justru malah berbuah lebat.

“Yang bikin saya heran lagi, pohon kurma di komplek sebelah yang lebih duluan tumbuh, tidak pernah berbuah. Tetapi pohon kurma di rumah ini, bisa berbuah dan lebat, itu yang saya heran,” ungkapnya.

Baca Juga Artikel; Pulau Bongkil Bolmut, Tosca Airnya, Tembus Pandang Karangnya

Sejak pohon kurma yang ditanamnya mulai berbuah, tak sedikit warga dari luar desa Loyow, datang menyaksikan pohon yang selama ini mereka anggap hanya tumbuh dan berbuah di negara Timur Tengah.

Bahkan, ada pula yang datang meminta buah kurma mentah, karena dianggap memiliki khasiat untuk menyuburkan kandungan bila dikonsumsi.

“Dan ajaibnya lagi, buah kurma ini tidak ada bijinya. Padahal waktu saya tanam, itu biji,” terangnya.

Diketahui, saat ini ada sekitar 5 pohon kurma yang berhasil tumbuh di pekarangan rumah warga di Desa Loyow.

Selain desa Loyow, di Desa Nuangan juga terdapat pohon kurma yang berhasil tumbuh di pekarangan rumah, namun belum pernah berbuah. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button