Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Nasional

Predikat Pegawai Teladan Tahun 2022

Advertisement

Waktu.news | Dalam upaya meningkatkan prestasi dan motivasi kerja pegawai, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi birokrasi mengadakan seleksi pegawai teladan.

Predikat pegawai teladan merupakan bentuk penghargaan bagi pegawai Kementerian pan RB yang diberikan setiap tahun.

Advertisement

Pegawai yang terpilih menjadi pegawai teladan diharapkan menjadi role model bagi pegawai lainnya. Mereka dinilai berdasarkan sikap dan perilaku kinerja serta inovasi yang dimiliki.

Sekretaris Kementrian PANRB Rini Widyantini berharap dengan adanya program ini, dapat memicu semangat, dan motivasi dalam memberikan kontribusi yang maksimal terhadap Kementerian PAN RB dan juga kepada lingkungan kerja masing masing.

Advertisement

Rini juga mengatakan silahkan membuktikan bahwa anda memang layak menjadi role model dan menjadi teladan bagi pegawai yang lain dan menjadi kebanggaan bagi unit kerjanya.

Peserta seleksi pegawai teladan diklasifikasikan berdasarkan jenjang atau tingkatan yakni jabatan pimpinan tinggi atau JPT Pratama, jabatan administrator atau jabatan fungsional madya, jabatan pengawas atau jabatan fungsional muda, jabatan pelaksana atau jabatan fungsional Pratama atau jabatan fungsional keterampilan.

Jumlah calon pegawai teladan pada tahun 2022 adalah sebanyak 36 peserta, 4 di antaranya adalah pejabat pimpinan tinggi Pratama. Penilaian pegawai teladan dilakukan berdasarkan pedoman menteri pan RB nomor 2 tahun 2022 tentang penghargaan pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian PANRB.

Tim penilai terdiri dari pejabat pimpinan tinggi madya dan Pratama di lingkup Kementerian PANRB serta pihak luar dari kalangan profesional.

Advertisement

Beberapa tahapan ditempuh untuk memilih kader terbaik pertama, masing masing unit kerja melakukan penilaian internal terhadap pegawai yang memenuhi syarat dan kemudian mengusulkannya kepada tim sekretariat.

Selanjutnya tim penilai melakukan verifikasi atas usulan unit kerja calon pegawai teladan yang lolos verifikasi diumumkan ke seluruh pegawai Kementerian pan RB melalui platform smart.

Seluruh pegawai dapat memberikan masukan terhadap para nomini dalam platform tersebut dan masukkan ini menjadi pertimbangan tim penilai memasuki tahap akhir seleksi calon pegawai teladan mempresentasikan inovasi yang diusulkan kepada tim penilai. Puncaknya, pemberian penghargaan dilakukan kepada pegawai teladan yang terpilih.

Predikat pegawai teladan tahun 2022 diberikan kepada:

  1. Cahyono Tri Birowo,
  2. Sri Kresno Satrio Wibowo,
  3. Sri Susanti,
  4. Risza Damayanti.

Penyerahan penghargaan pegawai teladan dilakukan oleh PLT menteri PAN RB Mahfud MD pada momentum peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Tak hanya piagam penghargaan, para pegawai teladan juga mendapatkan voucher pengembangan kompetensi. Direncanakan pula akan diadakan makan bersama menteri dan pejabat di Kementerian PANRB. (red)

Iksan Pangalima: Boltim Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Madya

Advertisement

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button