Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Bisnis

Presiden Luncurkan Teknologi 5G Mining Pertama di Asean

Advertisement

Waktu.news | Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan teknologi 5G mining PT Freeport Indonesia Kabupaten mimika, papua. Teknologi yang merupakan kerja sama antara PT Freeport Indonesia dan Telkomsel ini merupakan yang pertama di Asia tenggara.

Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan di Indonesia yang umumnya berada di daerah terpencil dan sulit terjangkau serta tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah.

Advertisement

Penerapan teknologi 5G ini mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh sekaligus meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas PT Freeport Indonesia.

Dan melalui teknologi 5G underground smart mining ini Betul betul aktivitas pertambangan di bawah tanah bisa dimonitor Menggunakan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan dan mencegah serta meminimalkan risiko kecelakaan kerja.

Advertisement

Jokowi Minta Pengelolaan PDRB Freeport Dikelola Hati-Hati

Sebagai informasi, teknologi 5G mining atau pertambangan 5G merupakan konsep untuk mengoptimalkan pertambangan dengan menggunakan implementasi kecerdasan buatan internet of things learning machine hingga big data. Kegiatan pertambangan ini dilakukan melalui teknologi canggih yang dikendalikan dari jarak jauh, salah satunya menggunakan 5G di Smartfren monitoring. (rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button