Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Nasional

Presiden Minta Daerah Siapkan Anggaran Penanggulangan Bencana

Advertisement

Waktu.news | Dalam rapat koordinasi nasional Badan Nasional Penanggulangan bencana tahun 2023, presiden mengingatkan pentingnya identifikasi potensi bencana di setiap daerah dan meminta kepada kepala daerah mendukung bpbd jika terjadi bencana.

Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan rapat kerja nasional Badan Nasional Penanggulangan bencana di Jakarta internasional expo Kemayoran, Jakarta.

Advertisement

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa saat ini semua negara tengah mewaspadai perubahan iklim yang berpotensi meningkatkan frekuensi bencana.

Terlebih, Indonesia ditetapkan sebagai negara paling rawan bencana ketiga di dunia. Ia mengungkapkan frekuensi bencana di Indonesia naik 81% dari 1945 bencana di tahun 2010 menjadi 3544 bencana di tahun 2022.

Advertisement

Bencana itu meliputi banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi serta bencana alam dan non alam lainnya itu.

“Siaga dan waspada itu menjadi kunci. baik tahap pra bencana, tahap tanggap darurat maupun pasca bencana. semuanya harus disiapkan dan dikelola dengan baik,” tegas presiden.

Pada acara yang bertema penguatan resiliensi berkelanjutan dalam menghadapi bencana. Presiden juga menyampaikan tahap pra bencana sangat penting untuk memitigasi risiko serta meminimalisir korban dan kerugian akibat bencana.

Adapun tahap pra bencana yang ditekankan yakni peringatan dini, edukasi bencana dan menekankan tata ruang dan konstruksi. Terkait hal itu, presiden meminta badan penanggulangan bencana daerah mempersiapkan tahapan pra bencana.

Advertisement

Sekali lagi saya minta kepada BPPD pada pemda pemerintah daerah agar mengidentifikasi potensi bencana yang ada di daerah masing masing, seperti Tanah longsor, banjir gempa bumi, erupsi gunung berapi dan yang lebih penting lagi siapkan anggarannya,” tutur Jokowi.

Jangan sampai BPBD Berteriak, Pak tidak ada anggarannya atau ada yang menyampaikan pak anggarannya kecil sekali, padahal jelas-jelas daerah itu sering terjadi bencana,” pungkansya. (rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button