Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Eksplorasi Keindahan Pulau Baling-Baling: Tempat Wisata Tersembunyi di Minahasa Tenggara

Advertisement

Berlibur dengan menyajikan kekayaan alam beragam seperti gunung,bukit, dan lembah menjadi salah satu rencana paling banyak orang buat. Berlibur dengan menikmati beragam keindahan alam lengkap tersebut terdapat pada pulau Baling-Baling. Tempat tersebut juga pas sebagai rencana liburan indah.

Sekilas Informasi Terkait Pulau Baling-Baling

Pulau Baling-Baling merupakan salah satu tempat yang menyajikan pariwisata berupa kenampakan alam asli dengan beragam jenis. Tempat ini berada pada Minahasa Tenggara, menuju lokasi dari tempat wisata tersebut memang lumayan susah. Hal ini namun akan sepadan dengan keindahan.

Advertisement

Tumbuhan dan pepohonan pada pulau ini juga terbilang masih banyak, sehingga udara terasa begitu sejuk. Anda yang menyukai kegiatan trip ataupun penjelajahan sangat pas jika mengunjungi wisata pada pulau ini. Kegiatan seperti pendakian akan menambah pengalaman momen liburan.

Tindakan liburan juga akan sangat menyenangkan jika sambil berkemah. Hal ini juga menjadi alternative untuk istirahat tanpa prlu mengeluarkan banyak biaya tambahan. Menariknya, orang juga dapat merasakan berkemah sambil berjelajah pada lingkungan sekitar pulau tersebut.

Advertisement

Aktivitas Yang Dapat Anda Lakukan

Liburan akan tampak seru dan menambah pengalaman jika dengan memanfaatkan untuk beberapa aktivitas. Hal tersebut juga dapat menjadi salah satu upaya momen liburan tidak berjalan dengan begitu saja. Berikut ini beberapa aktivitas yang terdapat pada Pulau Baling-Baling dan sekitarnya:

1. Pendakian

Pendakian merupakan kegiatan yang orang lakukan untuk mencapai puncak ketinggian dari bukit ataupun pegunungan. Tindakan tersebut menjadi salah satu wujud bahwa pulau ini menyediakan beragam keindahan berupa daratan dan juga lautan. Pendakian menjadi aktivitas pria.

  1. Melihat Sunset

Matahari terbenam atau mulai terbit menjadi paranormal yang banyak menjadi momen favorit banyak orang. Berlibur pada pulau ini membuat pengunjung bisa merasakan suasana tersebut saat pagi dan menjelang petang. Keindahan akan jauh lebih sempurna jika melihat dari atas bukit dan gunung.

  1. Fotografi

Berwisata akan terasa kurang lengkap jika seseorang tidak mengabadikan momen menyenangkan tersebut dalam bentuk foto atau gambar. Pemotretan gambar dengan latar belakang pulau Baling-Baling terbukti mampu menciptakan hasil maksimal. Foto juga dapat Anda uplod di sosmed.

Advertisement
  1. Kemah

Penjelasan sebelumnya sempat memberikan sedikit kegiatan yang dapat pengunjung lakukan pada pulau ini yaitu kemah. Kegiatan tersebut bisa dengan memanfaatkan lahan luas pada tepi pantai dan juga atas perbukitan. Keduanya sama-sama menyenangkan dan menghemat biaya pengeluaran.

  1. Menyelam

Kegiatan pnyelaman juga dapat menjadi pilihan menghabiskan momen liburan pada pulau ini. Langkah semacam itu juga membuat seseorang dapat melihat keindahan bawah laut dan seluruh satwa yang terdapat di dalamnya. Aktivitas ini juga baik untuk kesehatan dan kekuatan otot tubuh.

  1. Berenang

Berenang juga dapat menjadi alternatif pilihan jika seseorang tidak dapat menyelam. Kegiatan tersebut tentu saja menghasilkan pengalaman berbeda lantaran air terasa begitu dingin namun menyegarkan. Berenang juga membuat tubuh terasa jauh lebih rileks dan pikiran tenang.

  1. Olahraga

Kegiatan lain yang tidak kalah bermanfaat yaitu olahraga. Banyak jenis olahraga yang dapat pengunjung coba saat datang pada pulau ini salah satunya bermain bola. Permainan pada tepi pulau juga terasa menyenangkan lantaran suasana terasa begitu menyejukkan dan membuat badan sehat.

Pulau Baling-Baling

Daya Tarik Pulau Baling- Baling

Kegiatan di atas tentu saja masih berkaitan erat dengan daya Tarik yang terdapat di dalamnya. Pulau Baling-Baling menyajikan daya tarik yang mampu menarik hati para wisatawan untuk datang dan merasakan seluruh aktivitas menyenangkan lainnya. Berikut beberapa daya tarik tersebut :

1.Perjalanan Menyenangkan

Daya tarik utama yang terdapat pada pulau Baling-Baling yaitu membuat pengunjung bisa merasakan perjalanan menyenangkan. Hal ini akan mulai terasa pada saat akan melakukan aktivitas penyebrangan menuju pulau. Kegiatan tersebut dapat dengan memanfaatkan transportasi perahu.

Advertisement

Jarak tempuh yang lama tidak akan membuat pengunjung merasa jenuh. Hal ini lantaran sekeliling pulau terdapat keindahan alam yang siap memanjakan mata. Rasa lelah juga akan sirna jika pengunjung telah sampai pada lokasi tujuan utama dari planning liburan.

  1. Pemandangan Alam Menarik

Hal yang menjadi salah satu daya tarik dari pulau Baling-Baling yaitu menyajikan pemandangan alam begitu memukau. Keindahan yang terdapat pada pulau ini juga meliputi beragam jenis seperti pegunungan, bukit, hamparan laut lepas dan masih banyak lagi.

orang juga dapat melihat penampakan dari pulau lain dari atas ketinggian. Hal ini tentu saja berlaku pada saat cuaca sedang bagus. Keindahan yang terdapat pada pulau ini menjadikannya sebagai wisata dengan julukan bukit Teletubis. Hal ini terjadi karena bukit mirip kondisi alam kartun.

  1. Keindahan Darat dan Laut

Daya tarik dari pulau ini juga terdapat pada keberadaan daratan dan juga lautan. Daratan meliputi gunung, hutan, bukit, tebing dan masih banyak lagi. Wilayah tersebut juga masih banyak tumbuhan hijau sehingga membuat mata tidak jenuh jika memandang dengan kurun waktu panjang.

Keindahan laut tentu saja hanya dapat orang lihat saat melakukan kegiatan penyelaman. Beragam penampakan bawah laut seperti terumbu karang, ikan, ubur-ubur, dan habitat lainnya akan menambah kegiatan penyelaman terasa begitu menyenangkan. Penyelaman sebaiknya untuk orang yang bisa.

  1. Tarif Terjangkau

Melakukan kunjungan saat liburan pada pulau ini membuat seseorang tidak perlu memakan biaya lebih. Hal ini tentu membuat kegiatan dapat pengunjung lakukan setiap saat. Tarif yang perlu keluar biasanya hanya meliputi biaya masuk wisata dan sewa perahu.

Tarif tersebut tentu saja belum termasuk fasilitas lain seperti penginapan. Anda yang terbatas dalam hal dana sebaiknya memanfaatkan lahan luas sebagai tempat untuk berkemah. Pengeluaran juga akan terasa hemat jika seluruh keperluan sudah tersedia dari rumah.

Pulau Baling-Baling

Tiket dan Rute Pulau Baling-Baling

Pengunjung yang datang dari Manado akan membutuhkan waktu perjalanan kurang dari 3 jam. Perjalanan menuju lokasi pulau membuat pengunjung harus memanfaatkan jasa sewa perahu yang tersedia oleh penduduk sekitar. Perjalanan tentu saja akan terasa singkat jika sambil menikmati alam.

Pemberangkatan pengunjung yang berasal pada tepi pantai hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 20 menit. Menariknya belum sampai lokasi tapi sudah mulai dapat merasakan beragam keindahan pada pulau ini. Fasilitas memang belum banyak, namun keindahan terjamin.

Harga tiket untuk menikmati keindahan pulau Baling-Baling sekitar Rp 80.000 per orang. Penetapan tarif tersebut tentu saja masih sangat terjangkau ketimbang dengan tempat wisata lainnya. Menariknya pembelian tiket dengan jumlah banyak akan mendapatkan potongan harga tertentu.

Kelebihan dari Pulau

Pulau Baling-baling juga menyediakan beragam kelebihan yang membuat pengunjung merasakan kenyamanan. Kelebihan tersebut juga masih termasuk dalam daya tarik yang terdapat pada pulau ini. Berikut ini kelebihan-kelebihan tersebut:

  • Pemandangan indah
  • Harga tiket terjangkau
  • Rute dan lokasi mudah dalam akses dan pengunjung temukan
  • Kebersihan terjamin

Sekilas penjelasan di atas dapat bermanfaat sebagai wujud persiapan menyambut momen liburan. Memanfaatkan pulau tersebut sangat pas bagi seseorang yang tengah menjalani mode irit. Kegiatan pendakian, penyelaman, dan renang akan menyenangkan jika Anda lakukan pada pulau Baling-Baling. (sffs)

Artikel Terkait:

Advertisement

Fifi Farla

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button