Travel

8 Fokus Tempat Wisata Sigi Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Waktu.news | Sedang berada di Sulawesi Tengah? Sudah seharusnya berkunjung ke beberapa tempat wisata Sigi. Mengingat, berkunjung ke sebuah daerah jika tidak mendatangi tempat wisatanya terasa kurang. Apalagi di kabupaten Sigi ini terdapat banyak tempat wisata yang mempesona.

8 Tempat Wisata Di Kabupaten Sigi

Berkunjung ke sebuah daerah memang kurang lengkap jika tidak mengunjungi berbagai tempat wisata yang tersedia disana. Adapun lebih jelasnya berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Kabupaten Sigi yang bisa menjadi tempat terbaik untuk menghabiskan liburan.

1. Air Terjun Parapa

Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Kabupaten Sigi yaitu Air Terjun Parapa. Alamat lengkapnya berada di Desa Tangoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi. Saat berada disini, bisa Menikmati keindahan alam yang indah dengan kesejukannya.

Jadi, bagi Anda yang ingin mencari lokasi untuk menenangkan pikiran, air terjun Parapa menjadi pilihannya. Namun, jika ingin lebih menikmati lagi pastikan datang selain weekend mulai dari hari Senin sampai Kamis.

Namun, jika berada di air terjun ini harus jaga jarak, karena debit airnya cukup besar. Bahkan, sekalipun pengunjung sudah berjarak 30 meter, tetap saja akan basah kuyup. Meskipun begitu, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Air Terjun Parapa

2. Bukit Bulu Tanda

Sesuai dengan namanya tempat wisata ini memang sebuah bukit yang terkenal dengan banyaknya rumput hijau. Jika melihatnya dari kejauhan sudah bisa merasakan kesejukan dan ketenangannya. Apalagi saat berada di atas bukit ini bisa Menikmati keindahan alam kota Palu dan kota Sigi.

Biasanya para pengunjung saat berada di bukit ini memilih untuk duduk santai dan Menikmati keindahan alam. Apalagi terdapat sebuah warung, sehingga pengunjung bisa membeli makanan maupun minuman sembari menikmati keindahan dari ketinggian.

Selain itu, meskipun sebuah bukit, tapi tetap saja lengkap dengan berbagai fasilitas seperti gazebo untuk beristirahat, kamar mandi, parkir dan lain sebagainya. Bahkan, untuk sampai ke bukit ini bisa diakses dengan mudah. Sedangkan alamatnya berada di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola.

Artikel Terkait; 11 Tempat Wisata Banggai yang Indah

3. Air Terjun Wera

Tempat wisata air terjun Wera ini cukup populer di Sigi. Apalagi ketinggian air terjun sekitar 80 meter dengan tebing tinggi, sehingga terlihat megah. Banyak pengunjung yang betah berada di air terjun ini karena kemiringan airnya kurang lebih 80 derajat.

Sudah pasti berada di tempat wisata ini bisa menikmati keindahan alam, kesejukan dan ketenangan. Jadi, cocok sekali bagi anda yang mencari tempat untuk menghilangkan stres. Sedangkan untuk sampai di air terjun ini bisa datang ke desa Balumpewa yang jaraknya sekitar 19 km dari kota Palu.

Tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau, tapi  pesona keindahan dan juga ketenangan memberikan keuntungan tersendiri. Tak heran jika setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung, apalagi di hari weekend, sudah pasti banyak pengunjung. Jadi, jika ingin lebih menikmati, pastikan datang selain hari weekend.

4. Taman Wisata Alam Wera

Wisata alam di Kabupaten Sigi memang cukup banyak, salah satunya TWA atau Taman Wisata Alam Wera. Sesuai dengan namanya tempat wisata ini merupakan kawasan hutan lindung yang saat ini sudah menjadi tempat wisata cukup populer.

Luas tempat wisata ini kurang lebih 250 Ha. Keunikan dari tempat wisata ini berupa lereng-lereng dan perbukitan. Selain itu, Hujan Tropisnya cukup lebat, sehingga toleran jika di dalamnya masih banyak jenis hewan.

Begitu juga berbagai tumbuhan yang ada di tempat wisata ini masih cukup beragam. Tidak hanya itu, di bagian tengah hutan terdapat sungai yang mengalir. Jadi, perpaduan yang sangat pas sehingga memberikan ketenangan dan kesejukan.

Tempat Wisata Sigi
credit image Afrin Meyriana

5. Air Terjun Mantikole

Tempat wisata ini cukup unik karena merupakan air terjun dan juga pemandian air panas. Dengan kata lain, dalam satu lokasi tempat wisata ada dua wisata sekaligus. Pemandangan indah air terjun bisa menyebarkan pikiran.

Sedangkan jika ingin berendam, bisa datang ketika titik pemandian air panas yang tersedia disana. Biasanya, pemandian ini bagi masyarakat sekitar maupun wisatawan untuk terapi dan pengobatan seperti rematik dan memperlancar darah. Lokasinya berada di Desa Balamoa.

Tiket masuk ke tempat wisata ini sangat murah. Meskipun begitu, pesona keindahan dan juga ketenangan menjadi daya tariknya. Tak heran jika setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung, apalagi di hari weekend, sudah pasti banyak pengunjung.

Tempat Wisata Sigi

Baca juga artikel ini; 12 Rekomendasi Tempat Wisata di Manado

6. Bulu Tanda

Menikmati keindahan kota Palu dari atas bukit memang sangat nikmat. Salah satu bukit yang tepat untuk Menikmati keindahan kota Palu dari ketinggian yaitu Bulu Tanda. Selain itu, dari atas bukit ini juga bisa melihat megahnya dua gunung di sebelah barat dan timur.

Bahkan, di bukit ini juga terlihat sangat jelas sungai yang bermuara di Teluk Palu. Biasanya pengunjung saat datang ke tempat ini melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga pagi, jalan-jalan atau sekedar duduk santai.

Jika tertarik untuk Menikmati keindahan alamnya, bisa langsung datang ke desa Sibedi, Kecamatan Marawola. Meskipun sebenarnya tempat wisata ini terbilang baru, tapi saat ini sudah mulai banyak pengunjung yang berdatangan.

7. Taman Hutan Rakyat Kapopo

Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan trekking. Ya, namanya Taman Hutan Rakyat Kapopo dan masyarakat biasanya menyebutnya dengan nama Tahura. Banyak hal-hal menarik di tempat wisata ini seperti halnya berbagai flora dan fauna yang langka.

Misalnya saja kayu cendana, Angsana, burung tekukur hutan, kayu hitam, burung kakak tua, biawak dan lainnya. Selain itu, ujung juga bisa berkemah di wisata ini karena tersedia tempat khusus untuk berkemah.

Meskipun termasuk wisata alam, tapi tetap saja tersedia berbagai fasilitas seperti kamar mandi, rumah makan, parkir dan lain sebagainya. Jika tertarik untuk menikmati keindahan alam di taman ini, langsung saja datang ke Desa Ngatabaru, Kecamatan Sigi Biromaru.

Baca juga; 16 Rekomendasi Tempat Wisata Morowali

8. Danau Lindu

Rekomendasi tempat wisata Sigi yang terakhir yaitu Danau Lindu. selain bisa menikmati keindahan danau, kita juga bisa belajar berbagai kebudayaan atau adat yang berlaku di kawasan sekitar danau.

Mengingat, masyarakat yang ada di sekitar danau ini masih memegang erat adat. Bahkan, sekalipun wisatawan melanggar hukum adat yang berlaku disana, tetap harus menerima hukumannya. Maka dari itu, dimanapun berada sudah pasti harus menjadi perilaku.

Danau yang terletak di Desa Puro’o Kecamatan Lindu ini sebenarnya lokasinya berbatasan dengan 4 desa sekaligus. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin datang ke danau ini harus melapor ke pemerintah setempat.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai beberapa tempat wisata Sigi yang mempunyai daya tarik tersendiri. Meskipun wisatawan mempunyai kebebasan untuk berkunjung, tapi sudah seharusnya tetap menjaga perilaku dan tetap menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi saat berkunjung ke Danau Lindu yang masih kental dengan adatnya. (rhp)

Baca Lebih Lanjut

Ingin tahu lebih banyak tentang tempat wisata sulawesi? silahkan klik tautan dibawah ini;

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button