Seni Budaya

Sejarah Kerajaan Kaidipang dan Susunan Nama Raja Serta Keturunannya

Dalam fase wafatnya Raja Mahmud tiga calon yang dipersiapkan yakni ABO LANCONG KOROMPOT adik kandung Raja Mahmud, ABO HUSAIN KOROMPOT Putra Mahkota Raja Ke X Tiaha Korompot II dan ABO DADOALI  L KOROMPOT Putra Mahkota Raja ke XIII LUI KOROMPOT.

Dalam pencalonan ini terjadi silang pendapat ini menyebabkan Abo Lancing bernegosiasi dengan Ram Suit Pontoh untuk menduduki posisi raja di Kerajaan Kaidipang yag diterbitkan S.K oleh Residen Belanda di Manado dengan kontrak pendek atau KORTE VERKLARENG.

Setelah  berkuasa nama kerajaan menjadi Kerajaan Kaidipang Besar meliputi wilayah Kaidipang Bolangitang dengan ibu kota boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongodow Utara.

Dengan batas-batas wilayah Terbentuknya Sejarah Kerajaan Kaidipang:

  • Sebelah Barat dengan Sungai Atinggola
  • Sebelah Timur dengan Desa Biontong

Kedudukan Raja Ram Suit Pontoh berakhir bulan juli 1950 seiring dengan penghapusan Daerah Swapraja Di Bolaang Mongondow.

Tokoh-tokoh pemuda yang berjiwa patriotis nasional yang sangat besar andilnya Di kaidipang besar menentang kebengisan penjajah adalah terdiri dari tokoh-tokoh serikat islam, organisasi muhamadiyah dan hisbulwatan merupakan pemuda merah putih yang tangguh. Ketua pemuda hisbulwatan ini bapak Abo Arifin Pontoh dan sekertaris bapak Noho Rahman.

Pemuda-pemuda merah putih adalah cabang dari Pemuda Merah Putih Gorontalo yang mulai bergerak tahun 1942 di bawah pimpinan tokoh Pahlawan Nasional Gorontalo bapak NANI WARTABONE yang menangkap dan mengusir penjajah belanda dengan satu tekad dan tujuan Indonesia berparlemen.

Kemudian tokoh-tokoh pemuda merah putih ini juga mendapat dukungan dari pemuda-pemuda berjiwa patriotis nasionalis yang tergabung dalam KNI (komite nasional Indonesia) Bolaang Mongondow berkedudukan di Kotamobagu.

Artikel Terkait: Sejarah Kerajaan Bintauna dan Susunan Nama Raja

Susunan Nama Raja Kerajaan Kaidipang

  1. Paduka Raja Maurits Binangkal Korompot (1677)
  2. Paduka Raja Tiaha Korompot
  3. Paduka Raja Dodoali Korompot
  4. Paduka Raja Philips Korompot
  5. Paduka Raja Piantai Korompot
  6. Paduka Raja Gonggala 1 Korompot
  7. Paduka Raja Antogia
  8. Paduka Raja Tatu Korompot Mengganti Nama Menjadi William David Korompot (1770-1817)
  9. Paduka Raja Toturu Korompot (1817-1835)
  10. Paduka Raja Tiaha II Korompot (1835-1863)
  11. Paduka Raja Muhammad Nurdin Korompot (1863-1866)
  12. Paduka Raja Gonggala II Korompot (1866-1896)
  13. Paduka Raja Mahmud Manopo Korompot (1908-1910)
  14. Paduka Raja Louis Korompot (1998-1908)

Previous page 1 2 3 4Next page

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button