Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BoltimDaerah

Soal Pelanggaran Netralitas Perangkat Desa, Dinas PMD Boltim Nilai Rekomendasi Bawaslu Salah Alamat

Advertisement

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menyatakan tidak memiliki kewenangan untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boltim terkait dugaan pelanggaran netralitas yang dilakukan oleh sejumlah perangkat desa dalam Pilkada 2024.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Penguatan Kelembagaan Desa Kelurahan Dinas PMD Boltim, Citra Paputungan, S.STP, Senin (30/9/2024) siang.

Advertisement

Menurutnya, Dinas PMD tidak dapat memberikan sanksi terhadap perangkat desa yang terlibat dalam dugaan pelanggaran netralitas tersebut. Rekomendasi dari Bawaslu, kata Citra, seharusnya tidak dialamatkan kepada instansinya.

“Di kami harusnya cuma tembusan, karena yang ini (memberikan sanksi) harusnya pak Sangadi (kepala desa). Kalau Pj Sangadi di BKPSDM, kalau Sangadi definitif di kami,” jelas Citra.

Advertisement

Citra menambahkan bahwa meskipun Dinas PMD miliki peran dalam pengawasan dan pembinaan administrasi desa, tapi terkait pelanggaran netralitas perangkat desa, hal itu menurutnya merupakan urusan kepala desa sebagai atasan langsung mereka.

“Iya kami yang membawahi, tapi aparat (perangkat), mereka punya atasan langsung, sangadi,” katanya.

Sebelumnya, Bawaslu Boltim sudah mengeluarkan rekomendasi soal dugaan pelanggaran netralitas yang melibatkan delapan perangkat desa pada 19 September 2024. Mereka diduga terlibat dalam deklarasi dan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati beberapa waktu lalu.

Dari delapan perangkat desa yang diduga melanggar, dua di antaranya adalah Sekdes Inaton dan Sekdes Moyongkota Baru, sementara sisanya adalah Kepala Urusan (KAUR) dan kepala dusun di Kecamatan Modayag dan Motongkad. (aah)

Advertisement

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button