Travel

Tanjung Haji Bolmut, Cerita Historis Sebuah Makam dan Hamparan Batu Hitam Menjadi Keunikan Tempat ini

Lelahnya Pasti Terbayarkan

Waktu.news | Pagi itu dengan bermodalkan Nasi Putu (nasi ketan), Beilo Donge (Sagu) serta rajikan rica (cabe) om ridwan semakin meringankan langkah kami untuk travel, ditambah dengan joran pancing bambu om ishak nani dan iwan sowikromo, lengkaplah sudah adventure kita kali ini untuk travel ke Tanjung Haji.

Anginnya bertiup menyusuri sela-sela pepohonan yang mengelilingi pantai dan pohon kelapa yang menjulang tinggi. rumput, ilalang, dan pelepah daun nipah yang bergoyang serta Ratusan pohon hutan bakau seolah menyambut siapa pun yang akan berkunjung ke Pantai Tanjung haji.

Map: Cari Lokasi

Itulah pantai tanjung haji yang berjarak sekitar 5 km dari arah ibukota boroko. Pantai ini berada di desa tote kecamatan bolangitang barat, kabupaten bolaang mongondow utara dan secara geografis, tanjung ini berdekatan dengan pantai wakat dan nagara swiming pool.

Lokasi pantai tanjung ini dapat ditempuh dengan perjalanan darat tak dapat dijangkau dengan kenderaan, cukup dengan berjalan kaki dengan jarak 1 Kilometer lebih dari Desa Tote dengan menyusuri jalan setapak yang dihiasi rimbunnya bakau.

Sebelum sampai tujuan kita akan melewati sebuah sumur tua di kaki gunung yang tak jauh dari makam sang Haji. uniknya sumur ini, airnya tak berasa asin, rasanya yang tawar dan jernih.

Tanjung Haji
Foto Tanjung Haji

Keunikan Bebatuan Hitam

Sesuai dengan namanya Tanjung, maka pastilah adalah bagian daratan yang menjorok ke laut. Tanjung Haji sebenarnya adalah tempat wisata dengan berbagai tawaran keindahan. di ujung Tanjung berdiri kokoh gunung yang menjulang ke langit, di bagian kaki gunung yang terhubung langsung dengan lautan yang seolah melingkari sisi kaki gunung.

Hamparan bebatuan berwarna hitam yang seolah dilukis oleh tangan manusia, menghiasai pemandangan di kaki gunung yang menghadap langsung ke laut. Pemandangan seperti ini jika di lihat dari atas menggunakan drone, jarang ditemui di objek wisata lain.

Sayangnya, kemolekan tanjung dengan keindahan pemandangannya tak didukung sarana infrastruktur. Jalan yang ada saat ini hanyalah jalan setapak yang ada sejak dulu yang menjadi penghubung para nelayan yang turun ke laut di sekitar Tanjung tersebut.

Tanjung Haji
Kuburan kramata di tanjung haji

Dibalik Cerita Tanjung Haji

Disamping keindahannya, Obyek Wisata Pantai ini menyimpan cerita, konon katanya di ujung Tanjung haji terdapat makam tua seorang Haji yang berasal dari Buol, wafat dan dimakamkan di ujung tanjung Haji tersebut. Dan hal ini dapat disaksikan langsung kebenarannya dengan adanya makam Haji tersebut. Makanya oleh Penduduk setempat menamakannya TANJUNG HAJI.

Selain wisata pantai tanjung ini menjadi primadona untuk rekreasi keluarga juga tempat ini memiliki potensi pertambangan yakni bahan bahak minyak (BBM) yang menurut catatan dinas pertambangan dan energi kabupaten bolmut dengan total cadangan 638.400.000/barel.(ridwan/refli)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button