Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
HealthLifestyle

Tips Meningkatkan Kekebalan Wanita Hamil ditengah Pandemi Covid-19

Namun, sebelum mengikuti pengobatan ini alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter Anda

Advertisement

Tips Meningkatkan Kekebalan Wanita Hamil – Pandemi virus korona telah meningkatkan risiko kecemasan dan depresi prenatal, kata para ahli. Karenanya, penting untuk memperkuat dukungan terhdapat wanita untuk mengurangi rasa takut dan kecemasan mereka.

“Wanita hamil lebih rentan tertular COVID-19 di bandingkan dengan populasi umum, berdasarkan kejadian pasien yang terkena corona di China dan pengetahuan tentang virus yang menyebabkan penyakit pernapasan parah,” kata Dr Shweta Goswami, konsultan senior, ahli ginakologi dan Spesialis IVF dari Jaypee Hospital dan Zeeva Clinic, Noida.

Advertisement

Kecemasan yang telah menumpuk di pandemi covid 19 semakin memburuk dari hari ke hari. Smriti Arora (nama di ubah), 33 tahun yang hamil beberapa bulan dan akan melahirkan berkata, “Saya terlalu khawatir bayi saya akan tertular virus. Saya sangat berhati-hati dan tidak hanya mengikuti anjuran dokter tetapi saya juga memastikan jarak sosial di rumah. Terlepas dari semua itu, saya harus akui, kecemasan itu selalau menghantui,“ungkapnya.

Salag satu suami yang istrinya sedang hamil enam bulan mengatakan, saat ini istri saya tanpa pemeriksaan rutin dan tetap berdiam diri di dalam rumah. “Skenario tentang pandemi covid saat ini sangat menegangkan bagi keluarga kami. Ada ketakutan dan fakta bahwa tidak ada yang tahu berapa lama akan bertahan, belum ada vaksin yang di temukan, dan dahsyatnya lagi pengaruh ketakutan pada kita, ”katanya.

Advertisement

Dr Goswami menyarankan untuk ibu hamil agar menghindari pemeriksaan antenatal rutin jika tidak termasuk dalam kategori kehamilan berisiko tinggi atau pada trimester terakhir kehamilan.

Di tengah hiruk pikuk seputar pandemi, para ahli medis mengatakan bahwa telah terjadi peningkatan untuk operasi caesar elektif. Dr Goswami menjelaskan “banyak wanita hamil meminta kami untuk melakukan operasi caesar secara dini, karena mereka takut secara tidak sengaja tertular virus corona dan menularkannya kepada anak-anak mereka yang belum lahir”.

“Untuk beberapa alasan, mereka pikir dengan hal tersebut dapat melindungi anak-anak mereka dengan lebih baik. Saran saya adalah menunggu sampai mereka cukup bulan, 39-40 minggu, karena bayi lebih aman di dalam rahim daripada di luar, ”jelasnya.

Makanan Penambah Kekebalan Tubuh Untuk Wanita Di Atas 40 Tahun

Advertisement

Berikut ini Tips Meningkatkan Kekebalan Wanita Hamil

Jangan ada pengasuh atau pembantu rumah tangga

Di sebagian besar rumah tangga mereka menyewa pembantu untuk perawatan pasca kelahiran. “Kami telah menemukan seorang pengasuh untuk membantu saya setelah melahirkan, termasuk pijat minyak untuk kami berdua, dan kebutuhan lain dari anak tersebut, tetapi dengan virus yang sedang berlangsung, saya tidak yakin apakah kami nyaman mengajaknya ke rumah atau mungkin dia juga tidak akan bisa datang dalam waktu dekat, ”kata Arora.

Perawatan pasca melahirkan terbatas

Bahkan ibu baru di pulangkan secepatnya setelah melahirkan. “Ya, ibu baru di pulangkan dalam waktu 24 jam setelah melahirkan untuk menghindari infeksi. Banyak yang masih memproses perubahan mendadak ini. Biasanya, kami akan menyimpannya selama beberapa hari, tergantung pada jenis persalinan, yang juga memberi kami cukup waktu untuk membantu mereka memahami kebutuhan bayi yang baru lahir. Tapi ini adalah waktu yang luar biasa, dan kami tidak mampu membeli kemewahan itu. Bahkan pemindaian dan konsultasi rutin untuk wanita pada tahap awal kehamilan telah di hentikan, ”kata Dr Goswami.

Lakukan tindakan pencegahan yang di perlukan

Tindakan pencegahan bagi ibu hamil kurang lebih sama seperti mencuci tangan secara teratur dan efektif dengan sabun, menghindari pertemuan banyak orang, jaga jarak, istirahat yang cukup dan pola makan yang seimbang.

“Waspadai potensi gejala virus corona dan juga flu biasa agar ibu hamil bisa menghubungi petugas kesehatan jika ada. Selain itu, jika Anda telah melakukan kontak dengan seseorang yang di tes positif COVID-19, Anda harus memantau suhu Anda sendiri dan terutama mewaspadai gejala pernapasan. Dokter Anda dapat menyarankan langkah terbaik untuk perawatan dan pengujian, “kata Dr Shobha Gupta, direktur medis dan spesialis infertilitas dari Mother’s Lap IVF Center seperti di lansir dari situs indianexpres.

Sebuah studi terhadap sembilan wanita hamil pada trimester ketiga mereka di Wuhan, Cina, yang terinfeksi COVID-19, menunjukkan bahwa tidak ada bayi mereka yang terkena virus tersebut.

“Virus tidak ada di cairan ketuban, tenggorokan bayi, atau air susu ibu. Risiko menularkan infeksi ke janin tampaknya mungkin terjadi tetapi sangat rendah dan tidak ada bukti adanya malformasi atau efek janin akibat infeksi ibu dengan COVID-19, ”tambah Dr Gupta.

Advertisement

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button