Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
HealthLifestyle

Tujuh Makanan Ajaib yang Membantu Melawan Flu, Menurut Para Dokter

Advertisement

Saat flu menyerang, apa yang Anda makan bisa menjadi penyelamat sejati. Dengan memilih makanan yang kaya nutrisi dan menghindari yang diproses, Anda bisa mempercepat proses penyembuhan. Dokter-dokter menyarankan ada beberapa makanan khusus yang sangat bermanfaat saat Anda sedang sakit, karena dapat membantu meredakan gejala, menghidrasi tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lebih banyak lagi. Yuk, simak tujuh makanan terbaik yang harus Anda konsumsi ketika sedang sakit flu.

Teh Hijau dan Teh Jahe

Segelas teh hangat bisa membantu melembapkan tenggorokan dan membersihkan saluran napas Anda. Namun, ketika sedang sakit flu, teh hijau dan teh jahe menjadi pilihan yang sangat baik.

Advertisement

“Teh hijau mengandung antioksidan dan flavonoid yang bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda. Ini juga mengandung L-theanine, asam amino yang membantu produksi senyawa penangkal kuman dalam sel T Anda,” jelas Paul Daidone, MD, FASAM, seorang dokter ganda bersertifikat. Teh jahe juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat, mual, atau masalah perut yang mungkin Anda alami.

Makanan Membantu Melawan Flu
Dok waktu.news

Sup Ayam Buatan Sendiri

Sup ayam kalengan mungkin tidak begitu membantu dalam mengatasi flu Anda, bahkan kandungan sodium tinggi di dalamnya dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk gejala. Namun, sup ayam yang segar atau buatan sendiri, dengan tambahan sayuran dan mie gandum utuh, bisa menjadi solusi yang tepat.

Advertisement

Bawang Putih

Menambahkan bawang putih ke dalam hidangan Anda juga bisa membantu melawan flu. Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang meningkatkan respons tubuh terhadap virus dan memiliki sifat antimikroba serta antivirus.

Makanan Membantu Melawan Flu

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber lemak sehat, protein, vitamin, dan mineral. Mengonsumsi almond, misalnya, saat Anda sakit flu dapat memberikan asupan vitamin E yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

Buah Sitrus

Jika biasanya kita mengatakan “an apple a day keeps the doctor away”, namun saat Anda sakit flu, buah sitrus seperti jeruk, grapefruit, lemon, dan jeruk nipis adalah yang terbaik. Kaya akan vitamin C, buah-buahan ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang sangat penting untuk melawan infeksi.

Advertisement
Makanan Membantu Melawan Flu
Dok waktu.news

Yogurt

Meskipun Anda mungkin ingin membatasi konsumsi produk susu saat sedang flu, yogurt dengan kultur hidup bisa memberikan manfaat tambahan bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan probiotiknya dapat membantu mengurangi durasi dan keparahan flu.

Sayuran Hijau Tua

Sayuran hijau tua seperti kale, bayam, atau sawi hijau, juga sangat baik untuk dikonsumsi saat sedang sakit flu. Mengandung vitamin C dan vitamin E, sayuran ini dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda.

Dengan memasukkan makanan-makanan ini dalam diet Anda saat sedang sakit flu, Anda dapat membantu tubuh Anda pulih lebih cepat dan kembali fit dalam waktu singkat.

Advertisement

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button