Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Khazanah

Update Info Haji 28 Juni 2022: Solusi Bagi Yang Belum Dapat Melaksanakan Umrah Wajib

Advertisement

Waktu.news | Akhmad Fauzin S. Ag, M.SI, Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Kembali mengupdate info ibadah haji 28 juni 2022.

Tema jumpa pers Penyelenggaraan Haji 1443 (28/06/2022), Solusi Bagi Yang Belum Dapat Melaksanakan Umrah Wajib.

Advertisement

Hal hal terkait langkah dan solusi bagi jemaah karena sesuatu hal karena belum melaksanakan umrah wajib. Jemaah wanita yang sedang mengalami datang bulan dan jemaah laki laki atau perempuan yang sedang sakit.

Bagi yang haid atau datang bulan dapat menggambil langkah solusi sebagai berikut;

Advertisement
  • Menunggu sampai datang bulan atau haidnya selesai, selanjutnya melakukan mandi wajib dan melaksanakan umrah wajib.
  • Jika sampai mendekati waktu wukuf halangannya belum selesai agar minum obat selesui anjuran dokter untuk menghentikan haidnya, jika sudah bersih dan suci melakukan mandi wajib dan melaksanakan umroh wajib
  • Jika langkah kedua tidak memungkinkan dan waktu segera tiba dapat menngubah niatnya dari haji Tamattu menjadi haji ifrad yaitu melaksanakan haji tanpa melaksananak umroh

Solusi Bagi Jemaah Yang Sakit

  • Menunggu sampai sembuh, berkonsultasi dengan dokter PPIH guna memastikan kesehatannya
  • Jika sampai wukuf belum sembuh pemerintah akan mensafari wukufkan seluruh jemaah yang sakit yang dapat di bawah diarah ke arafah untuk wukuf, rukun tolak ifaturnya diwakilkan oleh petugas atau jemaah lain
  • Jika kondisi sakitnya tidak memunkinkan disafari wukufkan, jemaah tersebut masuk dalam kategori jemaah yang diibadahajikan oleh pemerintah

Pemeritah berharap kepada seluruh Jemaah haji indoensia 2022 untuk segera melakukan konsultasi ke PPIH kloter dan PPIH arab saudi bidang bimbimbagn ibadah dan segera melakukan identifikasi dan sosisalisai ke Jemaah.

Juga pemerintah mengharapkan agar seluruh jemaah dapat tuntas melaksanakan ibadah haji dan bagi yang terhalang dapat diberikan soslusi.

Berita Terkait Haji; Ini 6 Larangan Wajib Jemaah Haji Indonesia Saat Di Tanah Suci

Advertisement

Untuk diketahui, jemaah haji tiba di Jeddah sampai hari ini sebanyak 3640 orang sehingga total yang telah di berangkatkan ke tanah suci sebanyak 68000.

Jemaah haji yang sakit 95 orang, 76 orang rawat jalan, 14 orang di rawat di klik kesehatan haji indonesia, 5 orang di rawat di rumah sakit arab Saudi.

Jemaah wafat bertambah 2 orang, laki laki 64 tahun dan perempuan 56 tahun, sehingga sampai hari ini jemaah haji yang wafat berjumlah 14 orang. (rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button