Muslim

Ini 6 Larangan Wajib Jemaah Haji Indonesia Saat Di Tanah Suci

Waktu.news | Otoritas mekkah memberlakukan 6 larangan wajib Jemaah haji Indonesia harus patuhi. Hal ini untuk kelancaran dan ketertiban dalam beribah di tanah suci.

Bagi yang melanggar 6 ketentuan itu, akan ditindak langsung oleh apparat keamanan arab Saudi.

Berikut ini Ini 6 Larangan Wajib Jemaah Haji Indonesia Saat Di Tanah Suci

Selfie dan Buat Video

Melihat dari para jemaah yang melakukan perekaman video dan livestreaming di tanah suci sebenarnya cukup longgar pemberlakuan oleh otoritas arab Saudi.

Banyak Jemaah haji yang saat azan berkumandang, proses tawaf, sai, tahalul, berdoa di raudhah melakukan perekaman. Aturan kadang ketat, kadang lentur. Hal tersebut tergantung para jemaah memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada.

Sebaiknya mengambil gambar jangan terlalu lama agar tidak menimbulkan kecurigaan para askar. Banyak petugas yang berpatroli baik secara langsung maupun dengan pantauan CCTV. Jika melanggar akan ditahan dan video rekamanan akan dihapus.

Membentangkan Spanduk

Para Jemaah yang ada ditanah suci, jangan coba-coba membentangkan spanduk, barang atau bendera yang bisa menunjukan identitas atau kelompok tertentu.

Hal tersebut dilarang keras. Bahkan jamaah dilarang membentangkan bendera Merah Putih. Untuk itu, jika tidak akan berurusan Panjang lebar dengan petugas, maka jangan membentangkan spanduk.

Berita Terkait; 12 Orang Jemaah Haji Indonesia 2022 Wafat, 520 Orang Sakit, Mewaspadai Resiko Tinggi Kesehatan

Berkerumun Lebih 5 Orang

Arab Saudi melarang Jemaah berkerumun lebih dari 5 orang dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika kedapatan ada Jemaah yang melanggar maka askar akanmengusir Jemaah.

Hal tersebut berpotensi berpotensi menghambat jalur pergerakan Jemaah lain, dan bisa menimbulkan kecurigaan lain. Jika mau bertemu teman Jemaah lain sebaiknya dilakukan diluar komplek masjid.

Mengambil Barang Temuan

Aturan ini juga diberlakukan kepada Jemaah haji Indonesia. Meskipun barang itu tergeletak di masjid atau sekitarnya, sebaiknya dibiarkan saja.

Sekalipun kita punya niat baik untuk mengamankan barang tersebut, sebaiknya jangan, bisa dimaknai mencuri dan lain sebagainya. Ada ratusan CCTV yang memantau didalam dan luar masjid. Jika menemukan barang sebaiknya memanggil petugas.

Merokok

Ketentuan yang ini sering kali dilanggar oleh Jemaah saat melakukan ibadah di tanah suci. Kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan merokok, sebaiknay dilakukan di diluar Kawasan masjid. Hal kecil tapi bagi petugas jemaah tetap akan ditahan untuk diproses hukum.

Artikel Lainnya; Pantai Tersakiti Bolsel Dengan Keunikan Wisata Underwaternya

Membuang Sampah

Dirumah saja harus bersih, apalagi ini tanah suci, ya jelas harus bersih luar dan dalam. Jika tidak mau berurusan Panjang lebar dengan petugas haji, alangkah baiknya buang sampah pada tempatnya. pengelola sudah menyediakan kotak-kotak sampah disetiap sudut dan bahkan di dalam masjid, ada petugas khusus yang berkeliling membawa tempat pembuangan sampah jamaah. (rhp)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button