Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
GalleryVideo

Video Air Terjun Pontak, Butuh Sentuhan Biar Lebih Waw

Advertisement

Waktu.news | Air Terjun Pontak, juga dikenal sebagai Permandian Hutuhung oleh penduduk setempat, telah menjadi magnet bagi para wisatawan lokal yang haus akan petualangan alam. Terletak di Desa Pontak, hanya berjarak 3,5 km dari pusat kota Boroko, air terjun ini menawarkan pesona alam yang memesona.

Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah air terjun dengan ketinggian mencapai 7 meter, membentuk kolam pemandian alami dengan air tawar yang jernih, dingin, dan segar. Lingkungan sekitar yang masih asli dan bersih semakin menambah nilai keindahannya.

Advertisement

Meskipun belum mengalami penataan ruang yang menyeluruh, air terjun Pontak menawarkan lahan yang terbuka untuk pengembangan lebih lanjut. Objek wisata ini dapat dijangkau dari Kota Boroko menggunakan berbagai moda transportasi, baik roda empat maupun roda dua, melalui jalan kabupaten dengan kondisi pengerasan aspal dan tanah. Namun, belum tersedia angkutan khusus ke objek ini.

Air Terjun Pontak masuk dalam potensi wisata Bolmut berdasarkan hasil pemantauan di enam kecamatan, khususnya Kecamatan Kaidipang. Meskipun masih berada di peringkat ke-9 dalam data Dinas Pariwisata, air terjun ini memiliki potensi besar untuk menarik minat wisatawan.

Advertisement

Belum ada fasilitas khusus yang tersedia di lokasi, namun lokasinya yang dekat dengan Kota Boroko memudahkan wisatawan untuk mengakses fasilitas pendukung yang tersedia di kota. Kendaraan roda dua maupun empat dapat langsung sampai ke lokasi dan parkir di depan arter. Akses ke air terjun ini dapat melalui tiga arah: Jalan Desa Bigo, Jalan Gulantu, dan Jalan Talaga Tomoagu.

Selama hari libur, objek wisata ini sering dipadati oleh pengunjung yang ingin menikmati suasana mandi dan bersantai. Namun, karena lokasinya tidak terlalu besar, kurang direkomendasikan untuk wisata keluarga.

Kami berharap kedepannya pemerintah daerah dapat melakukan peningkatan infrastruktur, termasuk pengaspalan jalan menuju air terjun dan penataan obyek wisata, sehingga dapat meningkatkan daya tariknya dan berkontribusi pada pendapatan daerah. Dengan lokasinya yang strategis dan keindahannya yang alami, Air Terjun Pontak memiliki potensi besar untuk menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun luar.” (rhp)

Advertisement

Advertisement
Sumber
Channel Waktu news

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button