Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Nasional

Wapres Tegaskan 3 Prinsip Aman Kelola Dana ZIS

Advertisement

Waktu.news | Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan 3 Prinsip Aman Dalam Pengelolaan Dana zakat dalam pembukaan Rakornas Baznas 2022, Wapres menyebut pengelolaan zakat harus mengedepankan transparansi dan profesionalisme.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin secara resmi membuka rapat koordinasi dan kerja zakat nasional badan amil zakat nasional 2022 yang berlangsung pada tanggal 24 hingga 26 Agustus 2022.

Advertisement

Wapres menyampaikan, dana zis bisa menjadi solusi dalam mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. Mulai dari tahun 2022 hingga tahun ini tercatat dana aziz yang dikelola oleh badan amil zakat nasional rata rata tumbuh sebesar 34,75% per tahunnya.

Berdasarkan hal tersebut, Wapres mengatakan sudah seharusnya pengelolaan zis oleh baznas Menerapkan 3 prinsip aman yakni menjaga keamanan dari sisi syariat, regulasi dan keutuhan NKRI atau aman NKRI.

Advertisement

Wapres mengimbau baznas untuk profesional dan transparan dalam tata kelola penghimpunan dan penyaluran zis. Selain itu, perlunya peningkatan SDM amil zakat yang berjiwa kompetensi dan mampu mengedukasi masyarakat tentang ziz.

Pantai Tersakiti Bolsel Dengan Keunikan Wisata Underwaternya

Dalam pidato terakhirnya, Wapres mengingatkan baznas untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan baznas di daerah ataupun BUMN dan saya berharap penyelenggaraan rakornas baznas pada tahun 2022 dapat menjadi forum yang produktif dan transformative serta mampu merumuskan sistem tata kelola zakat, infaq dan shadaqah yang lebih baik secara nasional.

Saya juga mengharapkan dari pelaksanaan rakornas baznas ini, terlahir rumusan rekomendasi program yang secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, utamanya para muzakki agar terdorong untuk menunaikan zakat, infaq dan sadakah melalui baznas,” tutupnya. (rhp)

Advertisement

Pulau Nunuka Bolmut Miliki Hamparan Seni Bebatuan Yang Unik

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button