Berita Boltim

2 Desa di Boltim Ogah Terima Penghargaan

WAKTU, Tutuyan – Sejumalah desa di Bolaang Mongondow Timur terima penghargaan dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Penghargaan tersebut diberikan atas dasar hasil evaluasi dan pengawasan kementrian Desa terhadap penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa tahun 2020. Sayangnya, dari 81 Desa yang ada negeri seribu danau itu, tidak semuanya menerima penghargan.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menyebutkan, 2 Desa yakni Atoga dan Bungkudai Selatan tak mendapatkan penghargaan dikarenakan pada saat proses penyaluran bantuan tersebut menuai porsoalan. Akibatnya, bantuan berupa uang tunai yang telah dicairkan akhirnya dikembalikan lagi.

“Jadi, terjadi kesalahan, misalnya, ada nama penerima yang setelah diketahui merupakan istri perangkat Desa, karena tidak boleh, maka dikembalikan,” kata Sekretaris Dinas PMD, Subhan Wakid, S.STP saat di konfirmasi, Selasa, (9/2/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas PMDes Rusli Dajo SE juga mengatakan hal sama, bahwa hanya ada 79 desa yang mendapatkan penghargaan, mengapa bukan seluruhnya karena sesuai penilaian kementrian selain penyalurannya tepat waktu, proses pendataannya terprogram dengan baik dan harus tepat sasaran.

“Penyaluran tepat waktu, kedua terprogram dan pendataannya bagus, kenapa 2 desa ini yang tidak bagus, pendataannya tidak bagus, ada yang disetor kembali karena tidak tepat sasaran.” Ujar Rusli Dajo.

Diketahui, penyerahan penghargaan berupa piagam tersebut akan diserahkan kepada 79 desa dalam waktu dekat ini. (AAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button