Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Pesona Air Terjun Lolan, Wisata Bolmong yang Cantik Tersembunyi

Advertisement

Waktu.news | Indonesia memiliki ratusan wisata alam, baik yang besar maupun kecil. Sumber mata air tersebut berasal dari pegunungan yang banyak terdapat di negeri ini. Salah satu objek wisata yang ada ialah air terjun Lolan (wisata Bolmong) yang terletak di bagian utara pulau Sulawesi.

Bagaimana Sebuah Air Terjun Dapat Terbentuk?

Pada dasarnya, salah satu wisata alam tersebut berasal dari sekumpulan air jatuh pada sebuah tebing atau bebatuan ke kolam yang berada di bawahnya. Bebatuan ini terbentuk dari proses alami. Sedangkan kolam di bawah ada karena lapisan batuan dan pasir terkikis habis oleh serbuan air.

Advertisement

Objek ini dapat terbentuk dari proses yang begitu lama, seperti air sungai yang menuruni lembah sesuai dengan gaya gravitasi. Erosi ini terjadi sehingga membuat kucuran air semakin bertambah tinggi. Selain itu, bencana seperti gempa dan longsor juga dapat membentuk sebuah air terjun.

Tempat wisata yang ada di desa Lolan ini bukan merupakan air terjun besar. Tingginya hanya kurang lebih 15 meter, hal itu tentunya sangat rendah dari pada lain khususnya yang berada di Indonesia, Lolan tergolong pendek. Sebuah fakta unik, air terjun tertinggi di Indonesia pun terletak di Sulawesi Utara, yaitu Ponot di Toba, Samosir.

Advertisement

Sejarah Panjang Keberadaan Desa Lolan, Tempat Air Terjun Kebanggaan Masyarakat

Air terjun Lolan (Wisata Bolmong) tepat berada di Desa Lolan yang berada di Kecamatan Bolaang Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Sebelum dibuka menjadi sebuah objek wisata dan terkenal, dulunya desa ini hanya tempat biasa, bahkan tidak ada orang yang menghuni daerah ini.

Dahulu para orang tua berpindah-pindah sebelum akhirnya tinggal di sebuah tempat bernama Osion. Merasa cocok dengan lingkungan ini, mereka memutuskan untuk tetap berada di kawasan ini. Para penduduk berpindah ke sebuah tempat bernama Kampung Tola.

Setelah bertahun-tahun, para pendahulu ini mencoba untuk menyeberangi sungai. Kemudian yang tetua ini atau disebut dotu-dotu menetap dan memberi nama kawasan ini dengan Lolan. Arti dari namanya sendiri yaitu menyeberang, sesuai kondisi pada masa itu.

Artikel Terkait: Air Terjun Ayuhulalo dengan Panorama yang Sejuk

Advertisement

Fakta Menarik

Bolaang Mongondow merupakan sebuah kabupaten yang besar. Dengan wilayah yang luas dan dekat dengan pesisir, tempat ini memiliki banyak objek wisata. Ada beberapa pantai dan air terjun yang bisa dinikmati. Tetapi air terjun desa Lolan lebih dahulu menarik perhatian penduduk sekitar.

  1. Bisnis lokal yang Sangat Menjanjikan

Dengan luas total wilayah sebesar 10,7 km persegi, Lolan mempunyai sumber daya berupa perikanan, pertanian, serta peternakan. Selain itu, dengan keberadaan Pantai Lolan dan air terjun ini tentunya ada pula bidang pariwisata. Bisnis kuliner juga bisa dikembangkan, lho!

Saat ini, lokasi sekitar arter masih belum berkembang secara maksimal. Tempat parkir pun terlihat sangat sederhana dengan tarif sebesar Rp 5000. Dengan memperbaiki fasilitas dan meningkatkan keamanan maka dapat menarik banyak pengunjung datang berbondong-bondong.

Baca juga; Pesona Air Terjun Soguo Bolsel

  1. Kemudahan Akses dan Kenyamanan pada Saat Berekreasi

Penduduk sekitar sendiri sangat ramah dan juga welcome dengan para pelancong. Hal ini dapat menonjolkan sifat bangsa Indonesia yang terkenal ramah. Dengan begitu turis yang datang bisa merasa nyaman dan aman saat berwisata, khususnya pengunjung dari luar negeri.

Selain itu, akses jalanan yang harus dilalui untuk sampai di lokasi cukup mudah ditempuh. Pemandangan sawah sepanjang perjalanan terasa sangat menyegarkan. Meskipun beberapa bagian jalanan rusak, tetapi masih nyaman dengan kendaraan pribadi.

  1. Keindahan Alam Sekitar Objek Air Terjun

Dengan sekejap mata memandang saja sudah bisa terlihat bahwa lokasi arter Lolan masih sangat asri. Belum banyak pembangunan sehingga hal ini menjadikan nila poin plus. Jalan dari parkiran untuk menuju arter pun cukup terjal dan licin sehingga mendapat kesan alami.

Advertisement

Berenang, berendam, berfoto, bahkan camping bisa dilakukan di wilayah air terjun. Kolam di bawah arter hanya setinggi orang dewasa. Bagi pengunjung yang ingin merasakan kesegaran air pun tersedia pipa yang mengalir bisa untuk mencuci muka, tak perlu khawatir karena sudah terjamin bersih.

Artikel Lainnya; Keindahan Objek Wisata Air Terjun Botuliodu Bolsel

Air Terjun Lolan
Capture by
umar abdul razak

Tips Penting Saat Berekreasi di Objek Wisata ini

Mengunjungi sebuah wisata air terjun tentu membutuhkan persiapan yang sangat matang. pasalnya, beberapa lokasi air terjun memang dibiarkan alami dan dengan trekking cukup sulit. Maka harus melakukan beberapa persiapan sebelum mengunjunginya .

  1. Mengenakan Outfit yang Tepat

Sementara pakaian yang cocok pada saat mengunjungi arter ialah baju press-body dengan celana panjang. Hal ini memiliki maksud agar tidak tersangkut dahan dan ranting yang tersebar di sepanjang jalur.

Pastikan bahwa sudah memilih alas kaki yang benar dan tepat. Kenakan juga sepatu khusus untuk mendaki agar kaki tetap aman saat menempuh jalur menuju air terjun. Arter Lolan pun memiliki rute cukup licin untuk mencapai kolam tersebut harus sangat hati-hati.

  1. Mengunjungi Obyek Wisata Bersama Rombongan dan Pemandu

Lokasi tempat air terjun biasanya cukup sulit untuk dicapai. Kondisi sekeliling yang terdapat banyak pohon dan juga semak belukar pun sangat rawan tersesat. Maka bergabung dengan rombongan merupakan solusi yang paling tepat.

Pada saat berjalan pun pengunjung harus memastikan berada di jalur yang tepat. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal buruk seperti kecelakaan. Bila ada petunjuk di sepanjang jalur juga harus memperhatikannya hal itu bertujuan agar tidak berjalan ke sembarang arah.

Artikel TErkait Lainnya; Destinasi Pantai Lolan Calon Primadona Pulau Sulawesi

  1. Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke Wisata Air Terjun

Bermain di air terjun tentu akan lebih menyenangkan pada saat matahari masih bersinar. Pengunjung harus merelakan waktu untuk berangkat lebih awal. Apalagi saat arter terletak di tengah hutan dan memiliki medan yang sulit.

Pastikan cuaca sedang cerah, karena biasanya saat hari hujan, arus air akan menjadi lebih deras. Hal itu tentu mengecewakan karena tidak dapat berenang, jika memaksa pun akan membahayakan. Jangan lupa, segera kembali sebelum senja agar perjalanan lebih aman.

  1. Kolaborasi Dua Objek Untuk Kemajuan Desa Lolan

Dua objek paling terkenal dan masih tergolong sebagai hidden gem ialah air terjun dan juga pantai Lolan. Sebagai masyarakat Indonesia, perlu ada kerjasama untuk mensukseskan program perbaikan fasilitas dan juga promosi agar Lolan semakin terkenal oleh turis lokal dan internasional.

Apalagi jalur menuju air terjun Lolan yang aksesnya terbilang mudah dari pada arter lain yang ada di Bolmong. Jarak pantai Lolan dan destinasi itu pun tidak terlalu jauh. Hal ini menjadikan pelancong dapat menikmati berenang di tempat wisata tersebut kemudian membilasnya di arter. Meski begitu, saat ini arter sedang tutup sementara karena adanya pandemi.

Demikian informasi singkat mengenai salah satu objek wisata air Loan (Wisata Bolmong).yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow. Jika sudah berniat untuk berkunjung, pastikan mencari informasi dan menyiapkan kebutuhan. Selain itu, jaga selalu kebersihan lokasi berekreasi Anda demi kenyamanan. (rhp)

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button