✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Destinasi Pantai Lolan Calon Primadona Pulau Sulawesi

Tempat Liburan keluarga yang Melegend

Advertisement

Waktu.news | Sulawesi khususnya di bagian Utara terkenal dengan sebutan sebagai harta karunnya Indonesia. Pasalnya wilayah tersebut memiliki banyak sekali tempat menakjubkan yang berpotensi bisa untuk destinasi wisata, salah satunya Pantai Lolan (Wisata Bolmong). Tidak hanya bagi wisatawan domestik, tetapi juga pelancong dari manca negara tertarik berkunjung ke Sulawesi Utara.

Gambaran Umum Wisata Air di Sulawesi Utara

Siapa yang tidak mengetahui informasi tentang Bunaken?. Taman Nasional ini menjadi salah satu lokasi yang sangat terkenal terutama bagi pecinta lautan. Destinasi wisata yang berhubungan dengan air memang menjadi salah satu pilihan populer di Sulawesi Utara.

Advertisement

Namun tidak hanya Bunaken yang memiliki pengaruh besar, tetapi juga Pantai Lolan (Wisata Bolmong). Pantai satu ini terletak di sebuah desa bernama Lolang, Bolaang Timur. Pantai ini tentunya bisa menjadi hidden gem baru yang dapat ditingkatkan popularitasnya.

Puluhan pantai dan juga pulau kecil lain dapat untuk pilihan tujuan liburan selanjutnya. Lokasi wisata khususnya wisata air yang ada di Sulawesi Utara sangat cocok bagi Anda yang ingin pergi sejenak dari rutinitas pekerjaan. Khususnya untuk para generasi muda yang masih semangat untuk menjelajah.

Advertisement

Mengenal Pantai Lolan Kebanggaan Warga Sulawesi Utara

Berbicara mengenai wisata bolmong, pantai ini merupakan kebanggaan warga Lolan. Baik bagi penduduk Desa Lolan Satu maupun Dua. Pantai ini terletak di pinggir jalan utama yaitu Jalan Trans Sulawesi yang mana mudah untuk ditemukan dan dikunjungi.

Pantai ini selain menjadi destinasi wisata juga berperan sebagai tempat mencari pundi-pundi rupiah bagi para penduduk. Beberapa warga yang berprofesi sebagai nelayan menggantungkan hidupnya di Pantai ini. Pengunjung juga bisa melihat puluhan kapal kecil namun hanya di jam tertentu saat berlayar maupun pulang.

Bibir pantai terbentang sangat luas dengan pemandangan yang apik. Bagi Anda pecinta sunset maka wajib mengunjungi wisata bolmong. Hamparan pasir akan terlihat sangat apik dengan sinar surya di kala senja. Suara debur ombak yang menenangkan pun semakin mendukung kegiatan bersantai.

Artikel terkait; Pesona Air Terjun Lolan, Wisata Bolmong yang Cantik Tersembunyi

Advertisement

Lokasi Wisata Bolmong

Untuk lokasinya sendiri pantai ini terletak di desa Lolan, kecamatan Bolaang Timur, Kabupaten mangondow Sulawesi Utara. Karena akses jalannya rusak dengan bebatuan tajam membuat tempat wisata ini belum bisa diberdayakan. Hal itu tentunya mempersulit para wisatawan.

Berbeda dengan tempat wisata lainnya. Pantai ini yang berada di pulau Sulawesi Utara ini buka 24 jam. Dengan begitu para wisatawan dapat mengunjunginya kapan saja. Namun alangkah baiknya untuk mendatangi destinasi tersebut pada sore/pagi hari.

Karena pada waktu tersebut para pengunjung bisa melihat matahari terbit atau tenggelam. Pemandangannya yang indah juga sering dimanfaatkan untuk foto prewedding. Namun tetap saja Ketika mengunjunginya harus menjaga kebersihan lingkungan.

Pantai Lolan
Capture by Renny

Biaya Masuk Pantai Loan

Meskipun akses jalannya yang rusak tetapi pada setiap akhir tahun Pantai Lolan (Wisata Bolmong) selalu dipadati para pengunjung. Alasan utamanya tentu karena pemandangannya yang indah dan tiket masuknya tidak terlalu mahal. Di sana wisatawan juga bisa melihat hamparan sawah.

Salah satu kelebihan dari destinasi ini yaitu memiliki pasir yang berwarna hitam dan menghiasi bibir pantai pantai sepanjang 2,5 km. Hal itu tentunya sangat indah apalagi ditambah dengan jajaran pohon kelapa dan batuan karang. Udara di sekitarnya juga sangat sejuk.

Untuk biaya masuknya sendiri pengunjung akan dikenakan biaya Rp.10.000. Namun untuk harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, sebelum berencana mengunjunginya lebih baik melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada call center.

Baca juga; Pantai Tersakiti Bolsel Dengan Keunikan Wisata Underwaternya

Advertisement

Potensi Calon Primadona Baru

Pantai Lolan memang belum terlalu populer seperti objek wisata lain seperti Taman Nasional Bunaken. Dengan begitu tidak perlu meragukan keindahanya lagi. Banyak poin plus dari pantai ini yang sudah terbukti memuaskan para pelancong, baik sendiri maupun bersama keluarga.

  1. Piknik Bersama Teman dan Keluarga di Pantai

Kegiatan santai seperti piknik sangat cocok dilakukan di pantai. Membawa keluarga besar atau rombongan teman pun akan semakin menyenangkan. Pengunjung hanya perlu membawa beberapa barang untuk menunjang kegiatan piknik.

Tikar, bekal makanan dan minuman, serta tidak lupa harus membawa kamera untuk mengabadikan momen spesial. Jika tidak ingin membawa bekal pun bukan masalah, karena di sana terdapat beberapa warung dengan berbagai macam sajian menarik dan tentunya lezat.

  1. Menikmati Keindahan Hamparan Pasir Hitam yang Eksotik

Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna hitam kurang lebih sepanjang 2,5 km. Berbagai batu karang dengan ragam ukuran pun turut menghiasi bibir pantai ini. Pengunjung dapat berfoto di karang dengan latar ombak dan juga langit biru yang sangat cantik.

Pasir di wilayah Sulawesi memang mengandung besi. Hal ini menyebabkan ada perusahaan pertambangan yang menginginkan menambang tepat di Pantai Lolan. Untungnya, warga sekitar menolak keras sehingga keelokannya masih ada hingga saat ini.

  1. Menikmati Pemandangan Alam saat Matahari Terbenam

Bagi muda-mudi penggiat media sosial tentu ingin memiliki konten menarik. Hal tersebut bisa terwujud dengan berkunjung ke Pantai Lolan. Ratusan pohon kelapa yang berdiri anggun dengan hiasan bebatuan karang akan mempercantik foto Anda.

Apalagi jika melakukan pengambilan foto dan video pada saat matahari muncul dan saat terbenam. Pastinya Siraman cahaya matahari yang agung akan menjadikan hasil jepretan kamera berada pada level kecantikan maksimal.

  1. Pemandangan Sawah yang Unikan

Pantai ini berbeda dengan lainnya karena terdapat pemandangan sawah. Pengunjung dapat menikmati suara deburan ombak sekaligus hamparan tanaman seperti padi milik warga sekitar. Sawah ini terletak di wilayah perkampungan penduduk di sekitar pantai.

Di antara sawah tersebut terdapat jalan setapak untuk pejalan kaki. Akses jalan yang juga cukup mudah dan bisa untuk kendaraan roda empat seperti mobil. Tempat ini cocok untuk healing dengan cara melihat sawah sekaligus udara segar dari lautan terutama kalangan anak muda.

Hal di atas dapat dilakukan di Pantai ini tanpa ada batasan hari karena wisata ini buka setiap hari. Pengunjung dapat menyambangi pantai kapan saja sesuai keinginan masing-masing. Namun akan lebih baik jika berkunjung saat matahari terbit dan tenggelam untuk mendapat pemandangan indah.

Artikel Travel lainnya; Pulau Nunuka Bolmut Miliki Hamparan Seni Bebatuan Yang Unik

Sebelum Berkunjung Perlu Memperhatikan Hal Hal Berikut!

Meskipun memiliki pemandangan indah, tetapi pesona Pantai ini masih belum maksimal. Karena kurangnya promosi dan juga perawatan oleh pihak penanggungjawab. Fasilitas yang tersedia masih sangat minim sehingga jumlah pengunjung belum terlalu banyak.

Kamar mandi beserta beberapa warung kecil sudah ada di wilayah pantai. Namun masih tergolong minim sehingga akan cukup menyulitkan pengunjung. Meskipun demikian, banyak wisatawan asing yang datang, apalagi dengan fasilitas bagus tentunya akan semakin menarik berbagai pihak.

Demikian sekilas informasi singkat mengenai Wisata Bolmong. Harapannya, pemerintah daerah segera memberi perhatian lebih pada pantai ini. Dalam hal ini pemerintah harus segera melakukan pembangunan serta perbaikan beberapa fasilitas. Tidak hanya itu juga perlu mengencarkan promosi agar terlahir primadona baru tempat wisata. (rhp)

Artikel terkait lainnya;

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button