Travel

Air Terjun Ayuhulalo dengan Panorama yang Sejuk

Waktu.news | Gorontalo merupakan salah satu daerah di Indonesia yang banyak menyuguhkan objek wisata menarik dan indah. Salah satunya di air terjun Ayuhulalo, di sana Anda akan merasakan kenikmatan. Mengingat wisata tersebut memiliki hawa yang sejuk, pemandangannya juga sangat alami dan segar.

Air Terjun Ayuhulalo Secara Umum

Banyak sekali destinasi di Gorontalo yang menyuguhkan keindahan alam begitu menakjubkan. Bahkan pemandangannya seakan tidak bisa dilupakan begitu saja. Salah satu buktinya terdapat pada wisata air Air Terjun Ayuhulalo Boalemo. Wisata tidak melulu soal pantai, air terjun ini bisa jadi pilihan terbaik.

Arter ini tidak terlalu tinggi, bahkan termasuk ke dalam kategori destinasi wisata air cukup kecil sebagai air terjun. Bukan berarti tidak menarik, justru karena hal tersebut itulah letak keunikannya. Terlebih lagi pesona alam di sana sangat menakjubkan, seakan menghipnotis.

Objek wisata Air Terjun Boalemo ini sangat cocok bagi Anda dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan bersantai atau merilekskan diri dari penatnya pekerjaan. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan, suasana yang sangat alami dan udaranya juga cukup sejuk.

Informasi Lengkap Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo

Sebagai salah satu objek wisata air terjun terkecil di Gorontalo, Air Terjun Ayuhulalo ini menyuguhkan keindahan dan keunikannya sendiri. Inilah mengapa destinasi satu ini selalu ramai oleh pengunjung, meskipun airnya tidak terlalu tinggi. Suasana dan hawanya sangatlah sejuk, cocok untuk relaksasi.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata air satu ini, ketahui lokasi atau alamat lengkapnya terlebih dahulu. Air Terjun ini  berlokasikan di Desa Ayuhulalo sendiri, kecamatan Tilamuta kabupaten Boalemo. Sedangkan untuk aksesnya sangat memadai dan mudah.

Dalam artian mudah, para pengunjung yang datang ke sana tidak perlu khawatir terhadap jalanan di sana. Itu karena hampir keseluruhan perjalanan Anda akan banyak menemukan jalanan beraspal dan mulus (tidak ada rusak atau berlubang). Namun, sayangnya lokasi air terjun berada di pedalaman hutan.

Baca Juga: Air Terjun Dodandian Matabulu Patut Dijempol

Rute untuk Menuju Lokasi

Sedangkan untuk rute terbaik menuju ke Air Terjun ini, Anda bisa mulai dari pusat kota Gorontalo. Jarak tempuhnya paling tidak sekitar 110 km kurang lebih, menuju ke barat dengan waktu 3 sampai dengan 4 jam perjalanan darat. Meski jauh, panorama alamnya sangatlah indah.

Sementara jika Anda beranjak dari pusat Tilamuta, maka untuk ke arter jaranya sekitar 10 km dan waktu tempuhnya 30 sampai dengan 40 menitan. Sayangnya, air terjun ini ada di pedalaman hutan, jadi pengunjung harus menitipkan kendaraan dan lanjut dengan trekking. Map Lokasi

Keseruan Menempuh Perjalanan

Seperti yang ada pada penjelasan sebelumnya, bahwa destinasi Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo ini berada di pedalaman hutan sehingga membuat para pengunjung yang hendak menuju ke sana harus menitipkan kendaraan pribadinya di tempat parkir dan melanjutkan perjalanan dengan trekking.

Memang melakukan trakking tersebut sangat melelahkan, akan tetapi berjalan kaki di tengah – tengah hutan akan memberikan Anda suasana yang jauh berbeda dari biasanya. Tentu saja akan menyenangkan, terlebih lagi ada suara burung berkicauan saling bersahutan menambah kesan damai.

Berita Terkait: Pulau Bitila: Menyusuri Keindahan Pesona Alam di Boalemo Gorontalo

Keindahan yang ada

Air Terjun Boalemo ini mempunyai suasana yang berbeda dari objek wisata lainnya, itu karena keadaan di sana sangatlah damai dan menentramkan siapa pun yang berkunjung. Lingkungannya pun masih tergolong sangat alami, karena belum banyak terjamah oleh manusia.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya gelondongan kayu yang berasal dari pohon roboh dan dibiarkan begitu saja. Di mana hal ini justru membuat Arter ini terlihat semakin menarik dan unik. Terlebih lagi di sekitar lokasi ada beberapa bebatuan dengan ukuran raksasa.

Ketinggian Air Terjun Ayuhulalo Boalemo

Sebagai salah satu destinasi wisata air di Gorontalo paling menarik, Air Terjun ini memiliki ciri khasnya sendiri. Selain terdapat batu raksasa di sana, air terjun ini juga mempunyai ketinggian sekitar 10 meteran dan aliran airnya tidak begitu deras. Jadi, aman jika bermain – main di dekatnya.

Lebih uniknya lagi, Air Terjunini kabarnya memiliki perbedaan dari air terjun pada umumnya. Itu karena air terjun tersebut bukan jatuh bebas dari tebing, melainkan jatuhnya secara berundak melalui tebing yang mempunyai kemiringan paling tidak sekitar lima puluh derajat.

Berita Terkait: Pantai Ratu Boalemo, Favorit Para Pecinta Diving dan Snorkeling

Objek Wisata Relaksasi

Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Ayuhulalo ini memiliki keindahan dan keunikannya sendiri. Itulah mengapa banyak pengunjung yang jauh lebih memilih mendatangi objek wisata tersebut daripada destinasi lan. Suara gemericik air di sana sangat enak untuk Anda dengarkan.

Suara gemericik air mengalun indah membuat siapa saja bisa merilekskan diri di sana, seakan menjadi musik alami yang menenangkan jiwa. Meskipun dalam artian tidak begitu banyak pengunjung berkunjung ke sana , namun sebagian mereka yang sudah tahu selalu datang berlibur.

Aktivitas Menarik

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk mengunjungi objek wisata air dengan panorama menarik dan indah. Kunjungi saja Air terjun ini, di sana setiap pengunjung dapat melakukan segala hal menarik. Seperti bermain air untuk bisa merasakan kesegaran air di air terjun tersebut.

Anda bisa bermain air di Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo, karena di sana terdapat kolam alami yang tidak begitu dalam. Kolam tersebut terbentuk dari guyuran air terjun terus menerus, lebih menarik lagi kolam dan air terjunnya tidak pernah bisa kering. Bahkan jika musim kemarau telah datang sekalipun.

Artikel terkait: Air Terjun Meranti Bone Bolango yang Menakjubkan

Penginapan Terdekat

Merencanakan liburan ke tempat jauh, Anda juga harus mempertimbangkan penginapan yang tepat. Nah, Air Terjun ini ada beberapa hotel terdekat yang bisa dikunjungi. Bahkan harganya sangat terjangkau, salah satunya adalah Hotel Putra Tunggal. Berlokasi di Modelomo.

Paling tidak sekitar delapan kilometer dan lokasi Arter Boalemo. Jadi, ketika hendak pergi ke lokasi objek wisata atau sepulangnya dari sana. Tidak perlu jauh – jauh lagi mencari tempat penginapan. Itu karena sudah ada hotel terdekat, bahkan harganya sangat terjangkau untuk pengunjung.

Baca Juga Artikel Terkait :

Tips Sebelum ke Lokasi

Seperti halnya ketika hendak berlibur ke kota besar atau daerah luar lainnya. Mengunjungi Arter Ayuhulalo Boalemo juga perlu persiapan matang. Anda harus mempersiapkan kebutuhan selama berada di sana.

Seperti misalnya saja membawa baju ganti sesuai dengan perkiraan hari berada di Gorontalo, mengingat saat bermain air di Arter Boalemo Anda perlu ganti baju. Kemudian, siapkan budget untuk menginap dan keperluan lainnya.

Dari beberapa penjelasan penting mengenai air terjun Ayuhulalo di atas, kini Anda sudah mengetahui betapa indahnya dan uniknya air terjun tersebut. Bahkan airnya tidak akan pernah kering walaupun memasuki musim kemarau. Suasananya juga sangat sejuk dan menenangkan. (rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button