Berita Boltim

Awas! Bawaslu Boltim Mulai Bergerak Aktif Kawal Tahapan Pemilu 2024

Tutuyan, WAKTU.news – Menjelang tahapan pendaftaran dan verifikasi Partai Politik pada awal Agustus 2022, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow Timur mulai bergerak.

Hal itu sebagaimana di sampaikan Ketua Bawaslu Boltim, Harmoko Mando saat Rapat Pembinaan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawas dan Kesekretariatan, Sabtu (16/7/2022) lalu, di Restoran Goba Molunow.

“Bulan agustus ada verifikasi Parpol dan kemudian itu menjadi tanggung jawab kita Bawaslu kabupaten untuk memverifikasi, karena saat ini belum ada jajaran dibawah,” ungkapnya.

Harmoko mengatakan, verifikasi peserta pemilu tersebut merupakan star awal dari kegiatan Bawaslu Boltim dalam rangka mengawal sekaligus mengawasi jalannya tahapan pelaksanaan pesta demokrasi.

Saat ini, ada sekitar 45 Parpol menurutnya yang telah mendaftar pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Pemilu 2024.

“Jadi teman-teman sekretariat yang nantinya akan membatu kami anggota Bawaslu, berjibaku di bulan agustus, sembari kita menunggu Perbawaslu terkait pembentukan lembaga Ad Hoc,” sebut Harmoko Mando.

Harmoko juga menambahkan, dari sisi pengawasan, Bawaslu Boltim telah membuka pendaftaran pemantau pemilu independen.

Bawaslu Boltim Mulai Melakukan Penguatan SDM Kelembagaan

“Bagi mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam pengawasan partisipatif, itu pendaftarannya sudah di buka sampai dengan 7 Februari 2023,” tambahnya. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button