Liputan Khusus

Brigade Bogani dan Pengurus Komunitas Adat Bolmong Raya Resmi Dikukuhkan

Waktu.news | Pengurus komunitas adat dan Brigade Bogani resmi dikukuhkan di Lapangan Odoman Desa Tanoyan Selatan Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (12/11/2020).

Brigade Bogani adalah singkatan dari Barisan Garda Adat Terdepan Bogani yang resmi dikukuhkan pada kamis, 12 November 2020 di bawah naungan Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow Raya (AMABOM RAYA) untuk jangka waktu yang tidak di tentukan lamanya.

Sebelum acara puncak dimulai, seperti biasa penyambutan tamu dengan Tarian Tuitan dan Kulintang dan Tarian Jemputan Tamu Bolaang Mongondow, Tarian Kabela kemudian dilanjutkan dengan doa oleh Ustad H. Allie Anthonie, S.Ag dan lagu Indonesia raya dilanjutkan lagu mars bolaang mongondow oleh Meiske Kinontoan, S.Pd, Kepala Bagian Pengembangan Seni Dan Budaya pada Pusat Kajian Adat dan Budaya IAI Kotamobagu.

Pengukuhan Barisan Garda Adat Terdepan Bogani ini oleh pengurus Komunitas Adat Hulu Ongkag oleh Ketua BPH pengurus Daerah Aman Bolmong Drs.H.Zainul Armyn Lantong.

Kemudian pengukuhan Pengurus Komunitas Adat Se Bolmong Tengah oleh Ketua BPH Pengurus Daerah Aman Bolmong Tengah dr.Cand Muliadi Mokodompit, Se, M.Si.

Dalam pengukuhan tersebut kata Zainul, Brigade Bogani tidak hanya sebagai wadah berkumpul saja, akan tetapi menjadi barisan pelopor dalam segala hal menyangkut kemasyarakatan dan sosial dalam mengawal NKRI serta taat pada UUD 1945.

Spirit raja terdahuli kita jadikan spirit perjuangan Barisan Garda Adat Terdepan Bogani untuk menghadapi masa yang akan mendatang. Agar harga diri orang Bolmong Raya terangkat dan tidak dianggap enteng,” katanya.

Usai pelantikan dan pengukuhan dilanjutkan dengan pergelaran thriller pentas drama kolosal dan pembacaan sinopsis, dengan judul ”Raja Loloda Mokoagow, raja pemersatu sulawesi bagian utara”.

Brigade Bogani
Foto Gandhi Goma

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Dharma Brigade Bogani yang dipimpin oleh Panglima Barisan Garda Adat Terdepan Bogani Wilayah Bintauna Aktrida Indah Datunsolang, ST yang diikuti semua pengurus Brigade Bogani Se Bolmong Raya.

Kami Barisan Garda Adat Terdepan Bogani siap bermanunggal bersama pemerintah dan masyarakat adat serta semua unsur HanKam dalam mewujudkan iklim kehidupan masyarakat adat Bolaang Mongondow Raya yang aman, nyaman dan kondusif.

Brigade Bogani
foto Gandhi Goma

“Saya Optimis, kalau Barisan Garda Adat Terdepan Bogani ini akan tetap berkelanjutan selamanya hingga sampai ke tingkat bawah untuk mendorong serta mengawal Adat yang ada di Bolaang Mongondow Raya,”ungkap Srikandi DPRD Bolmut itu.

Aktrida mengajak kepada seluruh masyarakat terutama para pelaku adat agar di era 4.0 ini, Adat jangan hanya dijadikan sebagai symbol tapi mari kita sama-sama menjaga marwahnya dan lestarikan.

Insya Allah Lanjut Mama Edo Sapaan Akrabnya, Kedepan kita akan gelar di daerah Kita Bolmut kegiatan seperti ini agar nantinya para generasi muda bisa menggali kembali sejarah serta leluhur adat kita dan tidak melupakan sejarah,”pungkasnya.

Sebelum pengukuhan ini ditutup, sambutan oleh Panglima Besar Barisan Garda Adat Terdepan Bogani Bolaang Mongondow H. Masud Lauma, SE, yang didampingi 7 Panglima Brigade Bogani wilayah masing-masing yakni, Kadipang Besar, Bintauna, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur, Dumoga Raya, Kotamobagu dan Bolmong Selatan.

IKRAR SAPTA DHARMA BRIGADE BOGANI

  1. Kami BRIGADE BOGANI adalah Warga NKRI beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang siap sedia membela NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 45
  2. Kami BRIGADE BOGANI adalah Generasi yang siap melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa menerima tongkat estafet mengisi kemerdekaan dalam melanjutkan pembangunan di segala bidang.
  3. Kami BRIGADE BOGANI Siap sedia mendahulukan dan membela kepentingan rakyat Indonesia umumnya dan masyarakat adat Bolaang Mongondow Raya pada khususnya diatas kepentingan pribadi atau golongan
  4. Kami BRIGADE BOGANI Senantiasa Setia kepada cita-cita luhur organisasi, tunduk, patuh kepada Ideologi dan disiplin organisasi serta menjaga martabat dan kehormatan organisasi.
  5. Kami BRIGADE BOGANI senantiasa akan mentaati dan mengamalkan semua ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi
  6. Kami BRIGADE BOGANI siap menjunjung tinggi kejujuran dan kebenaran dan keadilan
  7. Kami BRIGADE BOGANI siap bermanunggal bersama pemerintah dan masyarakat adat serta semua unsur HanKam dalam mewujudkan iklim kehidupan masyarakat adat Bolaang Mongondow Raya yang aman, nyaman dan kondusif.

 MANIFESTO ORGANISASI

  • Kami BRIGADE BOGANI adalah generasi patriot bangsa yang siap bermanunggal dengan semua elemen bangsa dalam membela kedaulatan dan kehormatan bangsa Indonesia. Dengan segenap ketulusan dan keikhlasan, sukarela, penuh rasa cinta tanah air dan Ibu Pertiwi bertekad dengan segenap jiwa raga untuk berbakti membela keutuhan dan kejayaan bangsa Indonesia lebih khusus wilayah tanah adat Bolaang Mongondow Raya.
  • Kami BRIGADE BOGANI adalah Ksatria yang menjunjung tinggi kejujuran, membela kebenaran dan keadilan, membela kaum yang lemah dan tertindas, turut mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui organisasi BRIGADE BOGANI kami akan bersama-sama berjuang membangun masyarakat dan bangsa yang terhormat, masyarakat dan bangsa yang adil dan makmur, membangun masyarakat dan bangsa yang disegani oleh bangsa lain karena keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya.
  • Kami BRIGADE BOGANI bertekad membangun masyarakat Bhineka Tunggal Ika yang melindungi segenap tumpah darah Indonesia dan menjaga toleransi antar sesame umat beragama, ras, suku bangsa, budaya dan latar belakang sosialnya.
  • Kami BRIGADE BOGANI senantiasa menjunjung tinggi rasa persaudaraan, kekeluargaan dan kebersamaan, melalui organisasi ini kami rapatkan barisan, satukan tekad dan langkah untuk INDONESIA.

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button