Travel

Festival Bunga Tomohon, Identitas Kota Berhiber yang Mendunia

Tomohon International Flower Festival atau disebut TIF

Indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman budaya yang membuatnya menjadi salah satu negara paling like oleh wisatawan asing. Mereka mengaku suka berkunjung karena tanah air mempunyai keunikan tersendiri seperti halnya Festival Bunga Tomohon.

Jenis Bunga di Festival Bunga Tomohon

Festival bunga tomohon ini merupakan sebuah parade yang bertujuan meningkatkan jumlah wisatawan asing. Selain itu juga sekaligus dalam rangka mempertegas identitas Tomohon yang di sebut sebagai kota bunga. Adanya festival ini juga berkaitan dengan masyarakat Tomohon yang berbudidaya bunga.

Tak hanya berbudidaya saja, mereka juga menjual bunga. Padahal dulunya, masyarakat Tomohon masih mendatangkan beberapa bunganya dari luar wilayah Sulawesi Utara. Namun, dari tahun ke tahun warga setempat telah berhasil membudidayakan bunga krisan atau bunga seruni tersebut.

Jadi, Anda tak perlu jauh-jauh datang ke Keukenhof Belanda atau bahkan menghadiri festival pasadena di Amerika. Di Indonesia sudah ada yang namanya Tomohon International Flower Festival atau TIFF yang di gelar secara langsung di Sulawesi Utara.

Festival Bunga Tomohon

Beberapa Alasan Mengunjungi Festival Bunga Tomohon

Festival bunga yang di adakan tahunan di kota Tomohon ini memiliki keindahan yang sama dengan yang ada pada acara di negeri luar. Dengan begitu, Anda tak perlu pergi jauh-jauh menikmati festival hamparan bunga. Lantas apa saja ulasan menarik lainnya?

Artikel terkati; Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata di Tomohon yang Kekinian

1. Indahnya Festival Bunga Krisan di Tomohon

Jenis bunga krisan putih dan juga warna kuning dari kota Tomohon telah di klaim merupakan bunga kualitas terbaik yang ada di dunia. Dengan pernyataan inilah, parade tersebut menjadi salah satu festival paling bergengsi dan meriah yang berlangsung di kota Tomohon.

Apalagi bunga tersebut banyak di budidayakan secara langsung oleh warga Tomohon. Tak heran jika bunga krisan menjadi salah satu bunga khas dari festival Tomohon. Inilah mengapa Anda perlu mengunjungi TIFF tiap tahunnya.

2. Festival Berskala Internasional

Festival bunga Tomohon merupakan sebuah acara internasional yang telah mengundang banyak puluhan negara luar bahkan puluhan ribu wisatawan asing. Pasalnya, festival ini sangat patut untuk Anda kunjungi, mengingat kemegahan dan keindahan hamparan bunga krisan yang khas.

Dalam parade tersebut Anda akan menyaksikan banyak kendaraan dengan hiasan tangkai bunga yang cukup indah dan khas kota Tomohon. Acara itu teriring dengan parade busana bertema bunga dari berbagai daerah di Indonesia serta negara asing.

3. Dapat Berwisata ke Destinasi Lain

Selain dapat melihat festival bunga krisan, Anda juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di kota Tomohon. Di sana banyak sekali objek wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi seperti halnya gunung, air terjun dan juga ada danau dengan air jernihnya.

Anda juga dapat mengunjungi destinasi lain seperti Gunung Lokon, Tatawiran, Empung, Mahawu, Masarang, Tampusu, dan juga Kasuratan. Untuk danaunya meliputi Danau Tampusu, Pangolombian, Linow, Sineleyan, Linow Oki, Panunuzaen, serta Kasewean.

Artikel lainnya; Pantai Bunga Indah yang Selalu Ramai Pengunjung

Festival Bunga Terbesar Yang Ada Di Indonesia

Tomohon merupakan kota yang sangat indah dan juga sejuk karena letaknya tepat berada di kaki dua gunung besar yaitu Gunung Lokon dan Mahawu. Produk khas dari kota ini adalah bunga krisannya yang berwarna putih serta kuning bahkan ada juga dahlia merah, ungu, bunga lili.

Kota Tomohon juga di kelilingi oleh banyak keajaiban alam seperti layaknya gunung dan juga danau besar. Namun, salah satu yang menjadi ciri khas kota ini adalah dengan adanya festival krisan Tomohon yang bahkan sudah di nyatakan menjadi parade terbesar di Indonesia.

Apalagi bunga yang di gunakan saat parade tersebut memanglah hasil dari budidaya masyarakat Tomohon sendiri yaitu bunga krisan berwarna putih dan juga kuning. Ada banyak sekali pengunjung dari luar negeri maupun lokal yang rela jauh-jauh datang demi menyaksikan acara bunga indah ini.

Tomohon International Flower Festival (TIFF)

Tomohon International Flower Festival atau TIFF ini menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan asing ataupun lokal. Bahkan menteri pariwisata pernah menyebutkan bahwa parade bunga tersebut akan semakin berkembang ketika terdukung oleh KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Di tahun 2019, menteri pariwisata menyatakan bahwa TIFF (Tomohon International Flower Festival) menjadi event bunga terbaik nasional yang berasal dari Indonesia. Itu karena parade tersebut memang menyuguhkan tampilan bunga yang cukup indah bak kerajaan yang penuh hiasan bunga.

Tak hanya terkenal karena TIFF (Tomohon International Flower Festival) nya saja akan tetapi kota ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang penuh keajaiban alam. Anda patut mengunjunginya, di jamin pemandangan tersebut akan memanjakan mata dan dapat membuat rileks pengunjung.

festival bunga tomohon

Destinasi Kota Tomohon

Tak hanya adanya festival bunga krisan saja, perlu Anda ketahui bahwa kota Tomohon juga terkenal karena banyaknya destinasi wisata yang patut untuk anda kunjungi karena keindahan tempatnya. Biasanya para wisatawan asing selalu datang dan meramaikan objek wisata tersebut:

Baca juga artikel ini; 12 Rekomendasi Tempat Wisata di Manado

1. Destinasi Gardenia Country

Sesuai dengan namanya, destinasi yang berasal dari kota Tomohon ini merupakan sebuah taman dengan menyuguhkan hamparan rumput yang begitu hijau. Tempat wisata terpopuler ini terletak di Jalan Kawiley di daerah Kakaskasen dua kecamatan Tomohon bagian utara.

Di sana Anda akan melihat pemandangan indah oleh banyaknya tanaman dan juga berbagai macam bunga yang terawat secara baik. Pengunjung bisa berkeliling untuk dapat melihat-lihat temannya, setelah puas mereka bisa menikmati makanan di resto terdekat.

2. Destinasi Valentine Hills

Kemudian ada destinasi wisata bernama Valentine Hills yang berada di kota Tomohon. Letaknya di atas puncak membuat pemandangan sekitarnya tampak asri dan juga sejuk. Objek wisata ini tergolong masih baru, meski begitu sudah banyak pengunjung yang berdatangan ke sana.

Di sana para pengunjung dapat mencoba beberapa wahana yang sudah yang sudah ada oleh pihak destinasi wisata Valentine Hills seperti dengan adanya ayunan, gazebo untuk istirahat, gardu pandang dan masih banyak lagi. Ada juga spot berfoto bagi Anda yang ingin mengambil foto.

3. Destinasi The View Tinoor

Destinasi wisata berikutnya ialah The View Tinoor yang merupakan tempat bagi Anda pecinta kuliner. Di sana para pengunjung akan di suguhkan oleh berbagai macam menu menggoda selera dengan harga yang cukup terjangkau. Anda pun bisa mengajak keluarga untuk makan bersama.

Tempat wisata ini sangat cocok sekali bagi pecinta kuliner yang masih ingin memandangi pemandangan indah. The View Tinoor, Anda bisa menyantap berbagai macam masakan di sana di dampingi oleh pemandangan super menakjubkan. Apalagi ada spot untuk berfoto ria di sana.

4. Destinasi Puncak Temboan

Selanjutnya ada destinasi wisata Puncak Temboan yang terletak di kawasan perkampungan Rurukan Satu Kecamatan Tomohon. Sesuai dengan nama objek wisatanya, Anda dapat menikmati pemandangan indah dari tempat yang tinggi itu. Melihat keseluruhan kota Tomohon dari atas.

Destinasi Puncak Temboan ini sangat cocok bagi para pengunjung yang sedang ingin merilekskan diri dari penat akibat pekerjaan sehari-hari yang menumpuk. Udara yang sejuk di sana mampu memberikan ketenangan hati dan pikiran Anda. Dengan begitu, rasa lelah akan cepat hilang.

 5. Destinasi Gunung Lokon

Salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke kota Tomohon ialah Gunung Lokon. Apalagi bagi para pengunjung yang sangat menyukai pendakian, objek wisata ini sangat cocok sekali untuk dicoba. Ketinggian gunungnya mencapai 1580 Mdpl dan merupakan gunung api.

Bagi Anda pecinta pendakian, Gunung Lokon akan menjadi salah satu objek wisata yang harus anda coba. Mengingat pemandangan indahnya bisa anda nikmati dari puncak begitu menenangkan hati dan juga pikiran. Udaranya yang sejuk juga pasti dapat mengusir rasa lelah setelah mendaki.

6. Destinasi Pagoda Ekayana

Kota Tomohon memiliki banyak sekali destinasi menarik, salah satunya yaitu Pagoda Ekayana yang terletak di Jalan Sungai daerah Kakaskasen dua Tomohon bagian utara. Sebenarnya objek wisata ini merupakan tempat ibadah bagi orang buddha, namun berubah menjadi wisata.

Itu karena para wisatawan asing yang tertarik dengan model bangunannya yang cukup artistik. Itulah kenapa tempat ibadah tersebut justru menjadi destinasi wisata. Nama sebenarnya bukanlah Pagoda, akan tetapi Vihara Ekayana. Sesuai dengan tempat beribadah bagi orang-orang beragama buddha.

7. Destinasi Puncak Kai’ Santi

Ada pula destinasi wisata bernama Puncak Kai’ Santi yang berada di daerah perbukitan. Udaranya yang sejuk dan juga asri sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama dengan keluarga dan melakukan piknik di sana. Pemandangannya pun tak kalah indah dengan objek wisata lainnya.

Pemandangan gunung yang secara langsung dapat anda nikmati di depan mata, sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin berlibur dengan berkumpul asyik bersama keluarga tercinta. Tempat wisata tersebut menjadi salah satu rekomendasi paling patut anda kunjungi karena keindahan alamnya.

13 Rekomendasi Destinasi Wisata Sulawesi Utara

8. Destinasi We’lu Cafe & Resto

Setelah berkeliling ke beberapa destinasi wisata, Anda pasti ingin mengisi perut karena lapar. Nah, bagi para pengunjung pecinta wisata kuliner bisa langsung mencoba hidangan dari We’lu Cafe & Resto ini. Letaknya ada di daerah Woloan satu bagian utara kecamatan Tomohon Barat.

Cafe dan resto ini memiliki konsep dengan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah untuk bisa di nikmati oleh para pengunjungnya. Bayangkan jika Anda berada di sana, sembari makan seraya menikmati keindahan bukit nan hijau dan juga luas. Pasti akan sangat menenangkan.

9. Destinasi Jendela Dunia

Objek wisata dari kota Tomohon selanjutnya ialah Jendela Dunia yang terletak di Jalan Pinaras Tara-Tara Wara Woloan Tolan 3 Kecamatan Tomohon bagian barat. Destinasi ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling hits dan banyak pengunjungnya, baik lokal maupun domestik luar.

Ada banyak spot foto yang keren yang sudah tersedia oleh pihak objek wisata, apalagi sangat cocok untuk dijadikan background foto. Dari banyaknya spot tersebut, mengusung tema yang berbeda seperti misalnya ada miniatur kincir angin dari Belanda, menara Eiffel di Paris dan lain-lain.

10. Destinasi Danau Linow

Anda juga patut mengunjungi destinasi khas kota Tomohon yaitu Danau Linow yang merupakan salah satu objek wisata paling banyak di kunjungi dan selalu di jadikan spot / background foto untuk Prewedding.

Danau Linow ini terletak di Kakaskasen 3 kecamatan Tomohon bagian utara. Sebenarnya objek wisata ini merupakan wisata religi yang ada di kota tersebut. Namun, berhubung tempatnya sangat indah dan tenang membuat banyak wisatawan berkunjung ke sana.

Jadi, dapat simpulkan bahwa kota Tomohon tak hanya terkenal karena Festival Bunga Tomohon nya saja, akan tetapi masih ada beberapa destinasi wisata menarik lainnya. Anda pun patut mencoba untuk berkunjung langsung ke sana.(rhp)

BACA JUGA: Wisata Budaya yang Menarik di Indonesia Untuk Dikunjungi

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button