Travel

Wisata Pantai Batu Pinagut Menyimpan Bukti Peninggalan Sejarah

Waktu.news | Berbicara mengenai pantai, biasanya akan banyak sekali orang yang berkunjung kesana saat liburan panjang. Selain bisa bermain air, pemandangannya dan fasilitas yang tersedia di sana membuat pengunjung tidak mudah bosan. Salah satu lokasi yang wajib Anda kunjungi yaitu Pantai Batu Pinagut.

Sejarah Batu Pinagut

Botu Pinaguto (Bahasa Daerah) yang artinya Batu yang Dicabut. Penamaan pantai ini tidak terlepas dari Sejarah Kerajaan Kaidipang, dan dapat dibuktikan dengan situs-situs peninggalan kerajaan Kaidipang berupa;

  • Pekuburan KAPULO (Makam Raja Kaidipang yang masih menganut agama Nasrani) material bangunan makam berupa Batu dan Karang yang berasal dari Botu Pinaguto.
  • Jere (makam Raja-Raja Kaidipang Beragama Islam) yang mengunakan material yang sama.
  • Sumur tua yang terdapat dihalaman Masjid Al Ikhlas Desa Kuala Utara yang material cornya menggunakan batu karang dari lokasi Botu Pinaguto.

Kenapa Lokasi Ini Dinamakan Pantai batu Pingaut?

Karena makan Kapulo menggunakan material Batu Karang dan batu yang sama yang terdapat di Botu Pinaguto. Penyebutan tersebut juga sudak berlaku sejak dari Raja Kaidipang pertama Maurits Datu Binangkal Korompot (1677).

Artikel terkait: Kota Jin Gorontalo, Istana Gaib dan Lorong Waktu Menuju Wentira

Keindahan Pantai Batu Pinagut

Sebagai salah satu objek wisata potensial, Pantai Batu Pinagut telah menjadi bahan perbincangan banyak masyarakat karena sejarah uniknya. Menurut kabar terpercaya, pantai ini merupakan tempat mayat keramat. Di bagian atas bukitlah mayat dimakamkan.

Ada yang mengatakan bahwa makam tersebut berlokasikan sekitar puluhan meter dari tempat Pantai ini berada. Itulah mengapa objek wisata satu ini sangat banyak orang perbincangkan, pasalnya sejarahnya memang sangat unik dan menyeramkan di saat yang sama.

Bahkan penggalian kuburan tersebut kabarnya berlangsung secara gaib. Dalam artian hanya menggunakan tempurung saja saat menggali, tidak seperti orang menggali kuburan pada umumnya. Lebih anehnya lagi, mayat keramat yang ada di atas bukit Pantai ini semakin hari makin kecil.

Berita Terkait: Batu Pinagut Semakin Hari Tambah “Ganteng”

Panorama dan Alasan Nama Pantai Batu Pinagut

Daerah Bolaang Mongondow bagian Utara ini memiliki banyak sekali destinasi menarik dan sangat layak untuk Anda kunjungi bersama keluarga besar saat masa liburan tiba. Salah satu objek wisatanya adalah Pantai Batu Pinagut. Keindahan pantainya tersebut sangatlah menyejukkan.

Tidak hanya itu saja, adanya hamparan bebatuan di bagian atas pasir putih semakin membuat suasana Pantai ini menjadi lebih indah dan menarik. Pasirnya pun juga sangat bersih, air lautnya bening dan jernih, begitu pula dengan lingkungan sekitarnya masih terlihat cukup asli.

Pantai ini memiliki arti yaitu batu yang dicabut, menurut cerita dari warga sekitar nama tersebut mempunyai alasan tersendiri. Itu karena batu yang ada di sana digunakan untuk dalam pembangunan makam raja yang dulunya pernah memerintah kerajaan di Kaidipang.

Baca Juga: Foto Jembatan Batu Pinagut Yang Instagrammable

Informasi Detail

Sebagai salah satu objek wisata paling menarik dan mempesona, Pantai ini telah menjadi favorit banyak orang karena keindahannya. Hal ini terbukti dari pasir putih dan juga lingkungan sekitarnya yang masih sangat asli. Mengingat sebelumnya tidak banyak terjamah orang.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai Pantai Batu Pinagut, ada baiknya Anda mengetahui beberapa objek wisata yang tidak kalah bagus dengan pantai tersebut. Jadi, ketika telah selesai bermain di sana, tidak perlu jauh-jauh pergi / mengendarai kendaraan agar bisa menuju destinasi selanjutnya.

Di sekitar Pantai ini memiliki objek wisata lain yang berdekatan, destinasi tersebut meliputi pulau keramat, bongkil, pantai tanjung dulang, pulau damar, pantai air belanda beserta dengan pulau anuling. Semua tempat wisatanya mempunyai keindahannya tersendiri.

Berita Terkait: Jembatan Batu Pinagut Bak Pelangi, Menarik dan Instagenic

Jarak Tempuh

Sebagai salah satu objek wisata Bolaang Mongondow Utara yang kini telah menjadi primadona pariwisata, wisata pantai ini semakin banyak orang sukai mengingat sejarah uniknya dan misteri yang tersimpan dalam cerita, masyarakat di sekitar sana menyimpannya selama hampir bertahun-tahun.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai ini, jarak tempuh yang seharusnya ada sekitar 500 meteran dari ibukota kabupaten. Para pengunjungnya bisa menempuh dengan mengendarai kendaraan roda dua ataupun empat. Lokasi objek wisatanya ada di desa Boroko Utara.

Baca Juga: Kota Jin, Istana Gaib dan Lorong Waktu Menuju Wentira

Kriteria Pengunjung yang Berkunjung

Selain itu, Pantai Batu Pinagut ini kabarnya telah menjadi bahan perbincangan yang sampai saat ini semakin memanas. Pasalnya setelah banyak orang mengetahui sejarah unik dan misteri yang ada pada objek wisata tersebut, destinasi ini merupakan salah satu tujuan pengunjung untuk bisa berlibur.

Tidak sedikit orang menginjakkan kaki di sana, terlebih lagi pengunjungnya tidak merupakan warga dari daerah Bolaang Mongondow Utara saja. Melainkan dari wilayah lainnya, seperti dari Minahasa, Manado, Gorontalo dan masih banyak daerah lainnya yang mengunjungi Pantai Botu Pinaguto.

Pantai Batu Pinagut

Alasan Pengunjung Berlibur ke Destinasi Bersejarah

Di samping sejarahnya yang seram dan penuh akan misteri, Pantai Batu Pinagut ini nampaknya masih menjadi suatu daya tarik bagi para pengunjungnya. Terlebih lagi saat mereka kini telah mengetahui cerita keseluruhan dari sejarah yang ada di tempat tersebut. Pantainya semakin ramai.

Menurut informasi, salah satu pengunjung berkata bahwa alasan mereka sengaja datang jauh-jauh ke Bolaang Mongondow Utara hanya untuk bisa melihat langsung objek wisata Pantai ini tidak lain karena panoramanya indah dan membuat betah. Sejarah seram mereka kesampingkan.

Ingin melihat penampakan visual pantai ini dari darat dan udara? silahkan klik tautan ini

Fasilitas yang Ada

Seperti yang telah ada pada pembahasan sebelumnya, pihak pemerintah kabupaten daerah Pantai ini kabarnya akan terus melakukan inovasi dengan cara mengembangkan potensi wisatanya. Mereka akan mempromosikan nama di daerahnya dan juga menambah pundi Pendapata Asli Daerah.

Bahkan berbagai macam fasilitas seperti pos jaga, gazebo, pintu gerbang, Playground kids atau sampai dengan MCK pun semuanya sudah tersedia dari pihak Pemkab untuk Pantai Batu Pinagut. Bahkan pemerintah desa juga sudah menyediakan fasilitas lain, misalnya banana boat.

Pantai Batu Pinagut

Keunikan Cerita yang Ada Pada Sejarah Batu Pinagut

Tersebar luas kabar dan cerita menarik dari Pantai ini, itulah mengapa banyak para pengunjung yang berasal dari luar kota lainnya rela datang-datang jauh-jauh ke objek wisata. Namun, ternyata mereka juga sangat penasaran dengan panorama dari destinasi bersejarah ini.

Kabarnya, Pantai Botu Pinaguto ini sering kali menjadi salah satu tempat di mana orang-orang selalu suka untuk meminta nomor togel. Tepatnya berada di sekitaran makam keramat yang terkubur selama bertahun-tahun dan pada akhirnya mengecil seiring bertambahnya waktu.

Artikel Terkait: Pohon Cinta Pohuwato Memiliki Daya Tarik dan Kisah Asmaranya

Turis Mancanegara Datang

Siapa yang menyangka bahwa sejarah dan cerita penuh misteri dari Pantai ini terdengar sampai ke telinga turis mancanegara? Bahkan mereka rela datang jauh-jauh agar bisa melihat langsung tempat wisata bolmut bersejarah tersebut.

Menurut informasi dari masyarakat sekitar Pantai bersejarah ini, turis mancanegara yang seringkali datang ke pantai tersebut adalah mereka yang berasal dari Eropa dan juga Tiongkok. Warga di sana mengatakan bahwa wisatawan itu sangat kagum terhadap bebatuannya.

Seperti itulah ulasan secara jelas dari Pantai Batu Pinagut. Beserta dengan pembahasan mengenai sejarah keindahan objek wisata, panoramanya dan juga membahas tentang informasi lebih detail dari pantai bersejarah tersebut.(rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button