Nasional

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, Kementerian Dalam Negeri membagikan Gerakan 10 juta bendera merah putih.

Gerakan ini menjadi pendorong agar seluruh masyarakat Indonesia bisa lebih menjiwai makna dari semangat kemerdekaan itu sendiri dan bukan sekedar seremonial.

Salah satunya adalah dengan mengibarkan bendera merah putih. Lantas bagaimana 10 juta bendera merah putih di distribusikan kepada seluruh masyarakat Indonesia Di penjuru Nusantara? Selengkapnya kita simak pernyataan direktur jenderal politik dan pemerintahan umum Kemendagri bahtiar dalam wawancaranya sebagai berikut.

Ya sederhana saja sih sebenarnya saya ngobrol sama teman-teman di Kementerian. Ini kan setiap tahun ulang tahun kemerdekaan. Tahun ini kita peringati hut ulang tahun yang ke 77.

Kami kita hendak memberi makna Bahwa ulang tahun itu bukan sekedar seremoni kan? Maka kami berpikir apa sih yang harus bisa kita buat?

Di tahun ini yang membedakannya tahun sebelumnya, supaya tidak sekedar rutinitas, tapi perayaan itu tidak juga asal gebyar-gebyar, tapi memberi makna dan bisa di lakukan dengan sederhana dan semua orang bisa melakukannya.

Biayanya murah dan semua orang, setiap orang anak kecil pun bisa melakukannya. Semua orang bisa melakukannya sesuai dengan kemampuannya.

Apa sih yang bisa yang kita lakukan? netral sifatnya dan bisa di lakukan oleh semua. Bukan hanya kami pemerintah, masyarakat bisa lakukan, anak-nak sekolah, generasi milenial, semua bisa melakukan dan dil akukan dalam suasana riang gembira dan menyenangkan.

Nah ide dasarnya, lalu saya berpikir ya sudah, gimana kita jadikan bendera merah putih? Ini kan kita bisa memberi makna sebagai simbol negara, alat pemersatu bangsa, pengikat kita sebagai identitas kita.

Namanya merah putih itu bisa membangkitkan kita. coba perhatikan olahragawan kita kalau bertanding di luar negeri, para atlet sampai menangis kalau cium bendera merah putih, kalau macam begitu bangganya sebagai negara.

Bagaimana resonansinya bisa di setiap diri warga bangsa? Nah di milenial ini, Masih ada enggak sih kebanggaan seperti itu?

Berarti kan ada pergeseran sosial kultural. Nah, oleh karenanya kami buat kegiatan bagi-bagi bendera merah putih ke seluruh tanah air. saya hitung jumlah Kabupaten kota di Indonesia itu ada 514 Kabupaten kota, 34 provinsi. rumah di Indonesia itu 45 jutaan mungkin 50 jutaan gedung-gedung di indonesia.

Nah, Kalau 500 Kabupaten kota kita kali 20.000. Sekarang pemerintah sedang mengangkat tema ini, Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. gimana orang bisa bangkit lebih apa alatnya supaya kita bisa bangkit lebih cepat, gimana cara bangkitnya dalam sebuah bangsa itu?

Begitu sebuah negara orang bisa bangkit, mulai dari orang kaya sampai orang susah yang bekerja dan tidak bekerja, yang pintar dan tidak terlalu baik. Semua orang bisa bangkit bersama.\

Momentum untuk bangkit instrumennya apa? Nah kami berpikir instrumennya bendera merah putih itu.

Di situlah titik temu kita sebagai bangsa bahwa kita ada perbedaan latar belakang perbedaan sosial, perbedaan pemahaman, tapi pada titik tertentu kita harus bersatu sebagai sebuah bangsa dan bangga sebagai bangsa. Ya kita ada satu yang kita sucikan dan sakralkan yaitu merah putih.

Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ini pun mendapat dukungan dari sejumlah artis.

Siapa saja artis yang ikut mendukung gerakan ini?

Yuni Sara, Mari sukseskan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dalam menyemarakkan peringatan hari ulang tahun ke 77 kemerdekaan Republik Indonesia. Pulih lebih cepat, bangkit, lebih kuat.

Kesa putri, Desta, vincen rompis pun juga ikut mendukung dan video pendek mereka.

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button