Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Techno

Gosip iPhone 16: Petualangan Terbaru yang Bikin Penasaran

Advertisement

Kabar-kabar mengenai iPhone 16 dan iPhone 16 Pro mulai membanjiri dunia – kita udah penasaran nih, bakal ada apa bedanya sama iPhone 15.

Meski ponsel generasi baru ini diprediksi meluncur di rak toko pada September 2024, tapi bisikan-bisikan tentang ponsel ini udah mulai terdengar meski kita masih harus menunggu setahun lagi buat melihatnya.

Advertisement

Meskipun masih tahap awal, kita udah kedengeran kabar tentang peningkatan RAM untuk model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Sementara itu, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max katanya bakal punya upgrade keren pada kameranya yang bisa bikin orang terkesima. Yuk, kita lihat semua yang udah kita ketahui tentang lini iPhone 16 tahun depan!

Tanggal Rilis iPhone 16

Rumor bilang iPhone 16 bakal rilis bulan September tahun depan. Biasanya, setelah Apple ngadain acara spektakuler buat memperkenalkan ponsel generasi baru, iPhone baru biasanya mulai dikirim sekitar seminggu atau dua minggu kemudian.

Advertisement

Tapi ya, kadang-kadang Apple punya rencana lain karena masalah produksi (kayak masalah rantai pasokan). Sebagai contoh, iPhone 12 dan iPhone 14 Plus dikirim bulan Oktober, tapi biasanya diumumin sekitar paruh pertama bulan September tiap tahun.

Desain iPhone 16

Yuk, kita bahas sesuatu yang penting banget dari desain iPhone: layarnya. Meski ukuran layar nggak banyak berubah sejak iPhone 12, katanya, berdasarkan info dari Unknownz21, model iPhone 16 kelas atas bakal sedikit lebih susah dipegang.

Layar

iPhone 16 Pro katanya bakal punya layar 6,3 inci, sementara iPhone 16 Pro Max punya panel 6,9 inci. Mungkin kalian nanya, “Terus iPhone 16 dan iPhone 16 Plus gimana? Ukuran layarnya juga bakal naik nggak?” Jawabannya mungkin nggak. Model kelas bawah katanya bakal punya ukuran layar yang sama kayak yang sebelumnya.

Ukuran Layar iPhone 15

  • iPhone 15 – 6,1 inci
  • iPhone 15 Plus – 6,7 inci
  • iPhone 15 Pro – 6,1 inci
  • iPhone 15 Pro Max – 6,7 inci Ukuran Layar iPhone 16 (katanya)
  • iPhone 16 – 6,1 inci
  • iPhone 16 Plus – 6,7 inci
  • iPhone 16 Pro – 6,3 inci
  • iPhone 16 Pro Max – 6,9 inci Ross Young, seorang analis layar yang keren, pertama kali ngomong kalo model iPhone 16 Pro bakal punya layar yang lebih besar.

Tapi ya, dia kasih angka yang beda dikit: 6,2 inci dan 6,8 inci. Kenapa beda? Menurut MacRumors, kemungkinan bedanya karena perbedaan antara area layar yang sebenernya sama area layar yang bisa kita lihat.

Advertisement

Kita juga denger rumor, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus bakal tetep punya layar refresh-rate 60Hz. Lumayan ngeri juga, kan, sementara ponsel lain di pasaran udah pada punya layar 90Hz biar navigasinya makin lancar dan nggak lemot.

Tombol Aksi

Katanya, setiap model iPhone 16 bakal punya Tombol Aksi, nggak cuma varian iPhone 15 Pro. Tombol Aksi di iPhone 15 Pro bisa diprogram buat buka berbagai aplikasi dan fungsi, termasuk Senter, Kamera, Mode Senyap, Catatan Suara, Fokus, Pembesar, Terjemahan (bakal ada di iOS 17.2), dan berbagai fitur aksesibilitas.

Tapi nanti, pas iPhone 16 rilis, kabarnya Apple bakal tambahin lebih banyak fungsionalitas ke Tombol Aksi.

Tombol Tangkap

Walaupun Tombol Aksi jadi hits buat seri iPhone 15, tapi kabarnya, menurut MacRumors dan The Information, Tombol Tangkap baru bakal jadi salah satu fitur utama di iPhone 16. Kabarnya, tombol ini bakal ditempatin di bawah tombol daya, dan bisa buat:

  • Zoom in dan out di foto/video dengan gerakan swipe
  • Biar pengguna bisa fokus ke subjek
  • Aktivasi tombol rana Meski MacRumors dan The Information setuju kalo Apple lagi nyoba “tombol tangkap” di iPhone 16, mereka nggak sependapat apakah itu tombol mekanik atau kapasitif. MacRumors bilang yang kedua, tapi The Information bilang dua-duanya mungkin.

Tombol Padat

Apple katanya sempet mau ngeluarin tombol padat buat iPhone 15 Pro, tapi malah dapetin Tombol Aksi yang bisa disetel-sendiri. Kalo belum tau, tombol padat bukan tombol beneran – mereka itu panel yang bisa ngasi umpan balik haptik yang simulasiin tombol sungguhan (Bisa dibayangkan tombol Home di seri iPhone SE). Yang bagusnya, tombol padat belum bener-bener dihilangin. Menurut leaker dan analis Apple yang keren, Ming-Chi Kuo, Apple lagi kerja keras buat ngeluarin tombol padat di model iPhone 16 Pro.

Kuo nambahin kalo tombol padat ini bakal nambah dua mesin Taptic tambahan, buat ngebantu ngasih umpan balik yang lebih nyata buat pengguna. (Kalo ini bener, jumlah mesin Taptic di iPhone 16 bakal nambah jadi tiga, naik dari satu.)

Menurut info dari Weibo (via MacRumors), Tombol Aksi di iPhone 16 Pro bakal jadi tombol padat dan nyatu sama rangka. Buat nyediain ruang buat perubahan ini, kabarnya Apple bakal pindahin antena mmWave ke sebelah kiri iPhone 16 Pro daripada sebelah kanan. Kabar ini dateng dari bocah yang namanya “Instant Digital,” seorang bocah pembocor rahasia yang kabarnya punya rekam jejak yang akurat menurut MacRumors.

Advertisement

Siri iPhone 16 yang Didukung Kecerdasan Buatan (AI)

Katanya, iPhone 16 bakal punya Siri yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI).

Artinya, Siri bakal jadi asisten digital yang lebih canggih. Menurut Kuo, ini berarti Siri bakal bawa perangkat keras baru buat iPhone 16, termasuk mikrofon yang diperbarui yang lebih tahan air dan rasio sinyal-ke-noise yang lebih bagus.

 

Kamera iPhone 16

Apple memperkenalkan lensa zoom baru dengan desain “tetra-prisma” di iPhone 15 Pro Max, yang secara sederhana berarti para insinyur nemuin cara “melipat” pemotretnya biar tetep bisa zoom tanpa makan terlalu banyak ruang. Kamera baru ini nambahin zoom optik di Pro Max dari 3x jadi 5x.

Tapi, menurut Digital Chat Station (DCS), pembocor rahasia di situs media sosial Cina Weibo, keduanya iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max bakal dapetin kamera telefoto tetra-prisma yang baru.

Gosip iPhone 16

Menurut Jeff Pu, analis teknologi dari Haitong International Securities (perusahaan investasi Hong Kong), model iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max juga bakal punya kamera ultrawide 48 megapiksel dengan kemampuan kumpulin cahaya yang lebih bagus. Jadi, kinerja kamera di tempat yang gelap seharusnya bakal makin bagus. Saat ini, model iPhone 15 Pro punya kamera ultrawide 12MP. Kamera ultrawide ini cocok buat moto lanskap, biar bisa dapetin lebih banyak pemandangan. Tapi, dibanding kamera utama, lensa ultrawide ini cenderung ngasih sedikit pengurangan dalam ketajaman dan kejelasan. Kalo rumor ini bener, kamera ultrawide baru 48 megapiksel ini mungkin bisa nge-atasi kekurangan kecil ini.

Terakhir, Ming-Chi Kuo bilang kalo Apple bakal naikin kualitas kamera belakang di model iPhone 16 Pro dengan desain bertumpuk. Desain kayak gini bakal nambahin tangkapan cahaya dan nyediain rentang dinamis yang lebih lebar, jadi Mode Malam bakal dapetin peningkatan yang keren.

Spesifikasi iPhone 16

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max punya RAM 8GB, sementara model kelas bawah, iPhone 15 dan iPhone 15 Pro Max, stuck sama RAM 6GB seperti yang sebelumnya. Kalo ini bikin kalian kesel, tenang aja. Menurut Pu, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus juga kabarnya bakal ikutan naik ke tren RAM 8GB.

Penyimpanan

Menurut akun agregator berita “yeux1122” dari Naver, blog Korea, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max bakal punya opsi penyimpanan sampe 2TB.

Itu dua kali lipat dari kapasitas penyimpanan maksimum iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang ada sekarang.

Chipset

Beberapa tahun belakangan, Apple selalu ngikutin tren masukin chip tahun lalu ke dua model entry-level sementara model Pro, Pro dan Pro Max, dapet chip generasi baru. Contohnya, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dapet chip A16 Bionic, sama kayak yang ada di dalam iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Tapi, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dapetin chip A17 Pro yang baru.

Kalo pola ini lanjut, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus bakal dapet chip A17 Pro sementara iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max dapetin chip A18. Pu ngasih petunjuk kalo itulah yang bakal terjadi buat lini iPhone 16, dan bilang kalo A17 Pro bakal kurang efisien. Jadi, model iPhone 16 yang dapetin chip generasi baru mungkin bakal ngalamin penurunan daya tahan baterai. Ini karena chip generasi baru bakal ngasih kinerja yang luar biasa dengan mengorbankan efisiensi daya.

Tapi, ada rumor yang bilang lain.

Menurut bocoran kode iOS 18 yang kabarnya dari MacRumors, seluruh lini iPhone 16 bakal dapetin chip A18. Tapi, kemungkinan besar Apple bakal pake nama “Pro” buat bedain dari model standar dan Pro (misalnya, A18 chip dan A18 Pro chip).

Model iPhone 16 Pro kabarnya juga bakal support Wi-Fi 7 (model sekarang support WiFi 6E). Wi-Fi 7 seharusnya bisa ngasih kecepatan transfer yang cepat banget, lebih dari 40 Gbps, empat kali lipat dari yang bisa WiFi 6E lakukan.

Menurut Pu (via 9to5Mac), iPhone 16 Pro bakal dilengkapi dengan modem Qualcomm Snapdragon X75, yang bisa ngehasilin kecepatan download 5G sampe 7,5 Gbps.

Nanti, kita bakal update terus artikel ini kalo ada bocoran iPhone 16 yang baru, jadi pastiin untuk bookmark halaman ini, ya! (rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button