Berita Bolmut

HUT Bolmut Ke-15 2022, Depri: Wajah Bolaang Mongondow Utara Terus Berkembang

Waktu.news | Hari ini Senin, 23 Mei 2022, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berulang tahun yang ke-15.  Ucapan syukur kehadirat Allah SWT adalah hal yang utama dipanjatkan.

Semarak hari ulang tahun kabupaten Dilaksanakan dengan sederhana namun meriah, dengan mensyukuri dan memaknai peringatan hari ulang tahun sebagai refleksi terhadap apa yang menjadi dasar perjuangan founding fathers, para presidium pemekaran daerah.

Menjadi harapan besar, dalam durasi bersejarah hari ini, seluruh masyarakat dari sang sampai tontulow, terus bersama melintasi sejarah panjang bolaang mongondow utara yang semakin hari semakin mapan diusia ke- 15 tahun,” kata depri pontoh dalam sambutannya.

15 tahun lalu, para presidium pemekaran binadow menyalakan semangat yang menginspirasi seluruh masyarakat, melahirkan kabupaten bolaang mongondow utara yang menjadi bagian sejarah penjang, pembentukan daerah otonom kala itu. semangat perjuangan, pengabdian dan pengorbanan yang luar biasa, etos kerja dan spirit perjuangan inilah yang harus kita teladani bersama.

15 tahun mandiri sebagai daerah otonom, saya percaya para pendiri daerah ini akan bersyukur dan bergembira melihat perkembangan daerah. berbagai kemajuan telah kita torehkan bersama, atas dasar itu, kita harus terus berupaya dengan pendekatan tantangan yang pernah kita lewati, mengedepankan pendekatan pembangunan yang berkelanjutan, tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, pengelolaan keuangan yang transparan sebagai arus utama dalam pembangunan.

Dalam peringatan lima belas tahun hari ini, selaku pimpinan daerah saya berani menyatakan bahwa, wajah bolaang mongondow utara terus berkembang dinamis dalam konteks dan sendi percepatan pembangunan daerah. upaya itu terus kami lakukan dengan meletakkan kebijakan perencanaan pembangunan pada kebutuhan aspirasi masyarakat, sehingga secara berkelanjutan, jaminan pemenuhan kebutuhan masyarakat dapat benar-benar memberikan implikasi positif terhadap masyarakat itu sendiri.

Fakta sejarah akan setia menuliskan setiap etape peradaban, menggoreskan tinta emas pembangunan terhadap apa yang telah kita berikan bagi penataan bolaang mongondow utara yang lebih baik kedepan. itulah sebabnya, kita perlu terus mempertahankan nilai, jatidiri, dan karakter daerah yang tetap luhur dan terhormat.

Komitmen yang telah kita bangun, jangan hanya menjadi simbol, tetapi harus dengan kerja keras. kita pula harus terus membangun peradaban yang menghadirkan persaudaraan dan kerukunan daerah, serta peradaban yang memperkuat tanggungjawab untuk memelihara pertumbuhan kemajuan daerah. terhadap apa yang sudah kita perbuat selama ini, dapat dikatakan bahwa kita semua sudah berupaya untuk tetap tangguh, dan membuat sektor-sektor pembangunan di daerah tetap tumbuh.

Dari sisi peningkatan kualitas sumber daya manusia, dapat dikatakan cukup baik. hal ini diindikasikan dengan selalu meningkatnya indeks pembangunan manusia (ipm) dari angka 66,99 poin pada tahun 2020 menjadi 67,39 poin di tahun 2021.

Pengentasan kemiskinan terus pula kita upayakan secara strategik dan terpadu. dimana angka kemiskinan mengalami penurunan 0,38% dari tahun 2020 yaitu 8,41% menjadi 8,03% pada tahun 2021, dan angka pengangguran terbuka berada pada angka 5,2% pada tahun 2021. namun demikian, pencapaian ini masih perlu ditingkatkan lagi di tahun-tahun yang akan dating.

Untuk itu, lanjut depri sambil meminta kepada seluruh komponen pemangku kepentingan di daerah ini, baik masyarakat, pelaku usaha, pemerintah, insan pers dan lembaga swasta lainnya untuk terus bahu membahu bergandengan tangan menyatukan presepsi merumuskan konsep yang “brilian” terhadap keberlanjutan pemerintahan dibolaang mongondow utara, dengan menyatukan visi baik dari tingkat pusat, tingkat provinsi, tingkat daerah, kecamatan, desa, kelurahan, sehingga pengejawatahan dari rencana kerja pemerintah baik ditingkat pusat provinsi daerah benar-benar dapat kita laksanakan dengan baik.

“Mari sama-sama kita lanjutkan perjuangan, kita lanjutkan pembangunan, kita lancarkan setiap program dan kegiatan secara apik, untuk bolmut,” harapnya.

Ungkapan terima kasih kepada para pendahulu pemimpin daerah ini, yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan kabupaten bolaang mongondow utara. penghormatan dan ucapan terima kasih pula kepada mantan pejabat yang pernah mengabdikan dirinya di daerah ini, para tokoh masyarakat, politisi, akademisi, unsur tni, polri dan kejaksaan beserta seluruh instansi vertikal daerah.

Ungkapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya juga diucapkan kepada seluruh tokoh-tokoh presidium pemekaran kabupaten bolaang mongondow utara, atas perjuangan, pengabdian dan pengorbanan yang luar biasa, mengobarkan semangat dan komitmen yang menginspirasi seluruh masyarakat melahirkan kabupaten bolaang mongondow utara.

Dan khusus kepada tokoh presidium yang sudah wafat, Insya Allah segala perjuangan dan pengorbanan mereka akan bernilai ibadah dan diberikan tempat yang layak disisi allah subhanahuwata’ala tuhan yang maha kuasa.

Terima kasih pula kepada jajaran birokrasi di daerah ini yang selalu tetap setia dalam menunaikan kewajibannya. asn tetap “berakhlak”, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

Dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat bolaang mongondow utara yang telah memberikan dukungan terhadap pembangunan daerah ini, baik itu secara langsung maupun tidak langsung, baik itu yang memberikan saran, masukan dan bahkan kritik pedas, yang menjadi cambuk bagi saya untuk tetap konsiten dengan marwah sebagai pimpinan daerah.

Semoga diakhir masa priode ini menjadi pahala dan menjadi warna baru terhadap pembangunan di kabupaten bolaang mongondow utara,” tutupnya. (rhp)

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button