Health

Apa Saja Manfaat Minum Air Putih? Berikut ini Penjelasannya

Waktu.news | Air tidak hanya berperan sebagai pelepas dahaga saja, akan tetapi ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan seperti halnya dalam memelihara kesehatan tubuh. Untuk lebih lanjut, ketahui dan pahami apa saja manfaat minum air putih.

Apa Saja Manfaat Minum Air Putih dan akibat Kurang Minum Air Putih

Ketahui Akibat Kurang Minum Air Putih

Air merupakan asupan paling penting yang dijadikan sebagai bahan bakar untuk sel, fungsi otak dan juga menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda kurang dalam mengonsumsi air putih, hal tersebut akan menyebabkan dehidrasi tinggi dan pastinya mengganggu kesehatan. Berikut akibatnya:

1. Tekanan Darah Turun

Salah satu akibat dari kurangnya mengkonsumsi air putih adalah tekanan darah akan turun, itu karena tubuh telah mengalami kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi. Nah, dehidrasi tersebut akan membuat volume plasma darah yang kaya akan kandungan protein itu menurun.

Mengapa bagi setiap orang yang kurang mengkonsumsi air putih akan mengalami pusing? Itu karena mereka mengalami tekanan darah yang menurun. Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan asupan air putih Anda di rumah dan di mana pun kapan pun. Usahakan minum 8 liter sehari.

2. Nyeri Sendi dan Kelelahan

Tak hanya berdampak pada kulit saja, kurangnya minum air putih justru akan membuat tulang rawan dan juga tulang bagian belakang mengalami kram. Oleh karena itu, cukupilah asupan air mineral dengan baik dan rutin agar dapat bergerak leluasa seperti halnya berlari, melompat dan lain-lain.

Kurangnya mengkonsumsi air putih juga dapat menyebabkan Anda merasa kelelahan. Hal tersebut diakibatkan dari kekurangan cairan dalam tubuh atau biasa disebut dengan dehidrasi sehingga orang-orang yang kurang minum air akan cepat merasakan kantuk dan juga lelah.

3. Kulit dan Mata Kering

Kemudian, kurangnya asupan air putih juga menyebabkan Anda mengalami kulit kering. Itu karena produksi keringat akan semakin berkurang mengingat tak mengonsumsi air secara rutin. Hal tersebut juga akan menyebabkan tubuh mengalami penurunan fungsinya.

Kurangnya mengkonsumsi air putih tak hanya membuat kulit kering, akan tetapi membuat saluran bagian mata juga ikut terkena dampaknya. Itulah mengapa Anda mengalami yang namanya mata merah dan juga kering sehingga menyebabkan perih.

4. Mulut Kering

Kurang mengkonsumsi air putih juga menyebabkan mulut Anda kian mengering. Dalam konsumsi air putih saat haus, akan melumasi bagian selaput lendir pada mulut dan juga tenggorokan. Oleh karena itu, cukupilah asupan penting satu ini jika tak ingin merasakan hal tersebut.

Usahakan untuk mengonsumsi air putih sehari sekitar delapan liter, ukuran itu sebenarnya sudah ditentukan bahkan oleh pihak kedokteran sekalipun. Jangan sampai Anda kurang asupan air putih, jika tidak maka akan banyak beberapa gangguan penyakit yang akan menyerang.

5. Mengalami Gangguan Pernapasan

Selanjutnya, suatu masalah yang disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi air putih ialah mengalami gangguan pernapasan. Dengan kurangnya minum air ini justru akan menghambat produksi lendir, jadi kemampuan sistem pernapasan untuk menangkal alergi akan terganggu.

Dari bagian di dalam hidung ke dalam bagian hilir bronkus, seluruh saluran pernapasan itu tergantung pada lendir yang fungsinya untuk menjaga jaringan terus dalam keadaan lembab serta kenyal agar mencegah partikel asing keluar dari bagian paru-paru.

Apakah Kurang Air Putih Bisa Menyebabkan Sakit Pinggang?

Bagian tulang punggung manusia itu terdapat ruas-ruas tulang dimana di tiap ruasnya ada bantalan sendi, dengan fungsi menjaga posisi tulang belakang dan mencegah benturan antar tulang. Bagian dalam bantalan tersebut berisikan gel dengan kandungan air cukup tinggi. Nah, bantalan ini bisa menipis.

Bantalan tersebut bisa menipis jika kehilangan kandungan air, akan tetapi tak akan jadi masalah jika tubuh memiliki cadangan air. Beda lagi bila Anda kurang mengkonsumsi air putih sehingga menyebabkan dehidrasi. Apabila hal itu terjadi, maka pinggang akan sakit karena tubuh tidak mempunyai cukup air.

Akhirnya, bantalan tulang belakang tersebut dapat menipis dan tak lagi kuat meredam guncangan dan perlahan ruas tulang yang berada pada bagian atas akan menjepit saraf bawah. Tekanan saraf itulah yang menyebabkan Anda mengalami sakit pinggang. Oleh karena itu, cukupilan asupan air putih rutin.

Adakah Manfaat Air Putih untuk Wajah?

Mengonsumsi air putih tak hanya sebagai pelepas dahaga saja, akan tetapi juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah Anda. Oleh karena itu, jangan sampai asupan air putih kurang karena nantinya akan menyebabkan gangguan kesehatan dan masalah kulit lainnya seperti halnya kerutan.

1. Menjadikan Kulit Wajah Lebih Bersinar

Anda sudah menggunakan berbagai macam skin care, akan tetapi masih belum terlihat glowing? Mungkin masalah sebenarnya ada pada kurangnya mengkonsumsi air putih. Perlu diketahui bahwa banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi air secara rutin.

Air putih yang Anda konsumsi akan membantu mengeluarkan berbagai macam racun dan juga kotoran di dalam tubuh lewat urine. Setelah racun tersebut keluar, sudah jelas kulit akan terlihat lebih segar, fresh, dan juga glowing. Oleh karena itu, jangan sampai kurang mengkonsumsi air putih ya.

2. Membantu Menjaga Kelembaban Kulit Wajah

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari mengonsumsi air putih secara rutin adalah dapat membantu menjaga kelembaban kulit wajah. Jadi, jika Anda merasakan kulit terasa lebih kering itu tandanya kekurangan cairan di dalam tubuh atau disebut dehidrasi.

Air putih ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit Anda secara alami serta memberikan nutrisi khusus ke setiap sel-sel kulit. Tak hanya itu saja, air juga bisa melengkapi kebutuhan jaringan pada kulit dan juga meningkatkan keelastisitasan kulit. Jadi, kulit akan terasa lebih kenyal dan lembab.

3. Dapat Menunda Munculnya Penuaan Dini

Mengonsumsi air putih secara rutin juga dapat membantu menunda munculnya penuaan dini pada kulit Anda. Setiap orang pastilah memiliki keinginan mempunyai wajah yang cerah, lembab dan juga awet muda, oleh karena itulah cukupi asupan konsumsi air putih paling tidak sekitar 8 liter dalam sehari.

Air putih tersebut dapat menunda munculnya tanda penuaan dini seperti halnya keriput, noda gelap, kulit mengendur, dan juga adanya garis halus. Biasanya tanda penuaan ini akan muncul ketika Anda kurang mengkonsumsi air putih yang menyebabkan kulit kurang asupan cairan.

4. Dapat Membantu Mempercepat Proses Pemulihan pada Kulit

Manfaat mengkonsumsi air putih selanjutnya ialah dapat membantu mempercepat proses pemulihan pada kulit, seperti halnya psoriasis, eksim dan juga jerawat. Tak hanya itu saja, air putih juga bisa membantu penyembuhan luka akibat terbakar sinar matahari hingga mengalami peradangan di kulit.

Oleh karena itu, bagi setiap orang yang mengalami masalah kulit tersebut dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih agar proses pemulihannya cepat. Namun, air putih hanya membantu memulihkan saja bukan menyembuhkan, jadi tetap harus memeriksakan diri ke dokter agar bisa diperiksa lebih lanjut.

5. Dapat Memperindah Tampilan Rambut

Mengonsumsi air putih secara rutin juga dapat membuat indah rambut Anda. Rambut akan tumbuh lebih subur karena adanya kelembaban. Oleh karena itu, disarankan untuk menjaga asupan air putih ini 8 liter dalam sehari setiap harinya.

Air putih dapat menjaga kelembaban rambut sehingga bisa membuatnya tumbuh subur. Dehidrasi pun juga berdampak secara langsung pada pertumbuhan rambut sehingga membuatnya kering dan juga rapuh. Jadi, usahakan minum air putih agar rambut tetap sehat dan berkilau.

6. Menjadikan Kuku Lebih Kuat

Mencukupi asupan air putih secara rutin juga dapat menjadikan kuku Anda lebih kuat. Kuku mempunyai kandungan keratin yang dapat melindungi kuku dari kerusakan. Namun, produksi dari keratin tak selamanya terpenuhi jika kurang mengkonsumsi air putih.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu rutin minum air putih. Alhasil produksi keratin tersebut dapat membuat kuku Anda menjadi lebih mengkilap dan juga kuat pastinya. Usahakan mencukupi asupan air putih sebanyak 8 liter tiap harinya.

Kapan Waktu Tepat Minum Air Putih?

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa mengkonsumsi air putih sangatlah penting bagi kesehatan tubuh sehingga berbagai macam gangguan penyakit tak akan dengan mudahnya menyerang. Oleh karena itu, cukupilah asupan cairan tersebut dengan beberapa aturan seperti berikut.

1. Minum Air Putih Satu Hingga Dua Gelas pada Pagi Hari

Ketika Anda bangun tidur, ada baiknya langsung mengkonsumsi air putih. Hal tersebut dikarenakan tubuh akan mengalami kekurangan cairan atau biasa disebut dehidrasi yang artinya memerlukan asupan air untuk dapat mengisi ulang tubuh.

Entah seberapa banyak Anda mengonsumsi air putih sebelumnya, saat bangun tidur di pagi hari dianjurkan untuk langsung minum air sekitar satu atau bahkan hingga dua gelas. Alhasil dapat membakar metabolisme serta membuang racun yang ada di dalam tubuh.

2. Minum Air Putih Sebelum Mandi dan Makan

Selanjutnya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih tepat sebelum mandi. Hal tersebut dapat mencairkan tingkat natrium di dalam tubuh sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Adapun air putih hangat dikombinasi dengan air saat mandi juga baik karena dapat melebarkan pembuluh darah.

Ada yang mengatakan bahwa minumlah terlebih dahulu sebelum makan, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Poin yang paling tepat ialah tiga puluh menit sebelum Anda memakan makanan dianjurkan untuk mengonsumsi air putih agar pencernaan bekerja dengan baik.

3. Minum Air Putih Ketika Merasakan Lelah

Biasanya ketika selesai melaksanakan kegiatan atau sesuatu yang membuat tenaga terkuras habis, tubuh akan kekurangan cairan sehingga menyebabkan dehidrasi tinggi. Saat itulah Anda diperlukan mengisi ulang cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih.

Lebih dari sekitar 70% setiap fungsi di dalam tubuh bergantung pada air termasuk pada bagian otak dan juga sistem saraf. Air tersebut dapat membantu bagian tersebut bekerja dengan baik, jika sampai kekurangan cairan maka akan menyebabkan kelelahan, kabut otak, kehilangan fokus, sakit kepala.

4. Minum Air Putih Sebelum Tidur

Dianjurkan juga untuk mengonsumsi air putih tepat sebelum Anda tidur, karena dapat membantu tubuh kembali terisi oleh cairan setelah seharian berkutat dengan kesibukan yang pastinya menguras tenaga. Dapat juga membuang berbagai macam racun yang tak diinginkan di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi air putih sebelum tidur juga dapat membuat Anda bisa tidur dengan nyenyak tanpa merasa kelelahan. Oleh karena itu, cukupi asupan cairan dengan minum air putih sebanyak 8 liter sehari.

Itulah berbagai penjelasan lengkap terkait apa saja manfaat minum air putih yang pastinya membawa banyak keuntungan baik bagi kesehatan tubuh dan juga kulit pada wajah Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mencukupi asupan cairan dengan minum air 8 liter sehari. Baca artikel terkait: Cara untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh agar Tidak Mudah Jatuh Sakit.(rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media dan Pemerintah Daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button