Health

Cara Awet Muda dengan Langkah Termudah

Waktu.news | Setiap insan pasti selalu ingin tampil cantik dan terlihat lebih muda. Untuk dapat meraihnya, Anda memerlukan beberapa upaya dengan mencari referensi terkait cara awet muda yang sehat dan alami supaya hasilnya maksimal tanpa adanya efek samping.

Beberapa Cara Awet Muda Menurut Dokter

Awet muda merupakan dambaan setiap wanita pada umumnya, mereka rela mengeluarkan banyak uang agar bisa tampak lebih muda dengan mengkonsumsi beberapa obat atau bahkan skin care khusus. Padahal masih ada cara mudah yang bisa dilakukan, apalagi tak memakan biaya apapun.

1. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan supaya terlihat lebih awet muda tanpa harus mengeluarkan budget berlebih ialah memperhatikan asupan nutrisi setiap harinya. Sebab, hal ini dapat menjadi pondasi kesehatan sampai tua nanti. Terapkan pola makan yang sehat dan bernutrisi.

Konsumsi beberapa buah-buahan, sayuran dan juga biji-bijian. Diutamakan yang kaya akan antioksidan tinggi di setiap menu makan Anda. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan minuman yang mengandung banyak protein, serat, zat besi, kalsium, magnesium, lemak sehat dan vitamin.

2. Berolahraga Secara Rutin

Tak hanya mengonsumsi pola makan yang sehat saja, akan tetapi Anda juga bisa berolahraga secara rutin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Alhasil, terhindar dari berbagai macam penyakit kronis yaitu kanker, jantung, diabetes yang justru mempercepat penuaan.

Lakukanlah olahraga tersebut secara rutin seperti melakukan jogging atau berlari, berenang, yoga, dan masih banyak lagi lainnya. Bila memang kesulitan untuk berolahraga, tetap usahakan diri agar tetap bergerak secara aktif dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

3. Merawat Kulit

Salah satu tanda penuaan yang seringkali mudah terlihat ialah keriput. Selain menjaga asupan pola makan dengan baik, Anda perlu merawat kulit dari luar juga agar selalu terlihat awet muda secara alami. Tips pertama, hindarilah cahaya matahari secara langsung dengan memakai pakaian tertutup.

Atau bahkan bisa menggunakan tabir surya ketika hendak keluar rumah, gunakanlah pelembab khusus untuk wajah / lotion ke seluruh tubuh secara rutin, tidak boleh sering cuci muka, pilihlah produk kecantikan wajah dengan kandungan asam alfa hidroksi, retinoid, koenzim Q10, vitamin C.

4. Selalu Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan seperti jiwa dan raga, tentu saja dapat membuat Anda tampak lebih muda secara alami. Tips pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mengatur jadwal tidur dengan baik paling tidak sekitar delapan jam sehari, posisikan tidur yang nyaman.

Kemudian Anda tidak diperbolehkan merokok dan berhenti mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Namun juga tetap menjaga romantisme dan juga aktif secara seksual bersama dengan pasangan, biasakanlah tersenyum dan tertawa tanpa beban.

5. Upayakan Mengurangi Stress

Perlu Anda ketahui bahwa stress kronis ini bisa menyebabkan peradangan tanpa disadari sehingga akan mempercepat proses penuaan pada kulit dan juga keriput. Tak hanya itu saja, stress juga dapat memicu gangguan kesehatan lain seperti halnya migrain, penyakit kardiovaskular serta epilepsi.

Salah satu kunci dalam menjaga kulit agar selalu tampak awet muda ialah jiwa dan juga raga yang selalu sehat. Cobalah untuk selalu melakukan kegiatan positif seperti misalnya saja berolahraga secara rutin, bermeditasi, menghabiskan waktu bersama teman atau merilekskan diri di alam terbuka.

6. Mengonsumsi Kandungan Omega 3

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar kulit selalu tampak awet muda adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan omega 3. Tak hanya bagus untuk kulit, akan tetapi juga berperan penting bagi kesehatan jantung.

Kandungan makanan dengan omega 3 bisa dengan mudah Anda dapatkan di ikan salmon, biji-bijian, walnut dan juga beberapa suplemen kesehatan yang biasanya dijual bebas di pasaran. Dengan begitu, kulit akan terasa lebih muda dan sehat.

7. Selalu Rutin Membersihkan Wajah

Salah satu tips yang harus Anda lakukan jika ingin kulit selalu tampak awet muda ialah rutin membersihkan wajah. Kebersihan pada wajah harus benar-benar diperhatikan, apalagi setelah bepergian dari luar ada baiknya segera bersihkan agar kotoran tidak menumpuk di pori-pori.

Namun, Anda tidak disarankan untuk membersihkan wajah dengan membuat gerakan kasar atau menekan secara berlebihan. Menggosok permukaan kulit seperti itu justru akan menyebabkan iritasi pada kulit dan mempercepat proses penuaan dini.

8. Memilih Produk Kecantikan yang Tepat

Memilih produk kecantikan pastilah memiliki tujuan seperti mencerahkan, melembabkan, mengatasi jerawatan dan masih banyak lagi. Namun, tidak semua skin care cocok untuk kulit setiap orang. Jadi, pastikan ketahui kandungan di dalamnya pas bagi kesehatan kulit wajah.

Jika saat menggunakan produk tersebut kemudian kulit terasa seperti terbakar atau tersengat, segera Anda hentikan penggunaannya. Hal ini menunjukkan adanya proses iritasi yang ada pada permukaan kulit. Bila dibiarkan begitu saja, akan menyebabkan kulit terlihat lebih tua.

Cara Awet Muda Menurut Islam

Menjadi cantik dan juga terlihat awet muda merupakaan dambaan setiap orang. Namun, cara mengupayakan hal tersebut setiap orang berbeda-beda. Ada yang menggunakan cara umum, ada pula mengikuti ajaran agama Islam.

1. Taat Beribadah, Bersyukur, Sabar dan Juga Ramah

Salah satu tips menjaga kulit supaya terlihat awet muda ialah selalu melaksanakan shalat, banyak bersyukur, bersabar dan juga ramah, apalagi sudah menjadi suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan dari agama Islam.

Pedoman tersebut harus selalu dipegang teguh oleh para umat Islam supaya hati dan juga pikiran menjadi lebih tenang. Saat stress, maka hati akan terasa seperti tertimpa beban berat yang menimbulkan sesak. Hal itu justru membuat sel lebih cepat mati yang bisa mempercepat penuaan.

2. Tersenyum dan Juga Melaksanakan Puasa Sunnah

Perlu Anda ketahui bahwa tersenyum merupakan salah satu perbuatan yang baik, apalagi dianggap sebagai sedekah dalam ajaran agama Islam. Dengan menampakkan senyum, pikiran dan hati juga pasti ikut merasakan ketenangan sehingga membuat wajah terasa lebih mudah.

Anda juga bisa melaksanakan puasa sunnah, selain baik bagi kesehatan tubuh puasa sunnah juga sangat baik untuk kulit wajah serta kecantikan. Agama Islam tak pernah salah dalam mengajarkan berbagai ilmu, jadi sebagai umat Islam ada baiknya melakukan perbuatan mulia ini.

3. Menggunakan Minyak Zaitun

Salah satu produk yang dapat membuat wajah tampak awet muda ialah menggunakan minyak zaitun. Manfaat luar biasanya mampu membuat kulit wajah Anda menjadi lebih lembab dan dapat mengatur kadar minyak. Sangat bagus dan cocok bagi kulit kering dan bersisik.

Apalagi jika Anda tinggal di tempat dengan memiliki suhu cukup panas yang pastinya akan membuat kulit tampak lebih kering dari biasanya. Oleh karena itu, Islam menganjurkan untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab kulit wajah.

4. Dengan Berwudhu

Siapa sangka jika dengan berwudhu yang merupakan salah satu syarat wajib bagi umat Islam, yaitu ketika hendak melaksanakan salat ini memiliki banyak sekali manfaat penting bagi kesehatan kulit atau kecantikan wajah Anda. Hal tersebut sudah dibuktikan sendiri oleh peneliti dari Austria.

Dalam penelitiannya menyatakan bahwa dengan berwudhu pusat syarat yang ada tepatnya di sebelah dahi, tangan dan juga kaki. Ini sangatlah sensitif terhadap air segar sehingga hal tersebut tentu dapat mempengaruhi kesehatan kulit yang sudah tersentuh oleh air wudhu.

5. Bersujud

Selanjutnya, dalam gerakan shalat yang merupakan hal wajib untuk dilakukan ialah bersujud. Perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari sujud ini. Hal tersebut sudah dijelaskan dan dibuktikan oleh seorang peneliti.

Tak hanya sebagai gerakan wajib shalat saja, akan tetapi sujud sangat bermanfaat penting bagi kesehatan tubuh Anda. Peneliti tersebut mengatakan bahwa dengan bersujud, maka otak manusia akan dimasuki darah. Dan urat di otak itu hanya bisa dimasuki darah ketika sedang sujud.

Cara Awet Muda Secara Alami dan Tradisional

Terlihat awet muda secara alami selalu menjadi impian setiap orang. Bahkan mereka rela mengeluarkan banyak budget hanya untuk membiayai perawatan wajah agar tampak lebih muda. Padahal ada beberapa cara alami dan tradisional yang bisa dicoba.

1. Melakukan Eksfoliasi pada Kulit

Salah satu cara agar kulit tampak awet muda ialah melakukan eksfoliasi. Hal tersebut juga dapat membuat lapisan kulit yang sebelumnya kusam akan menjadi cerah. Bagi Anda yang selalu bepergian keluar rumah, tak ada salah mencoba cara ini.

Lapisan kulit bagian luar selalu terpapar kotoran sehingga akan terlihat kasar dan juga pecah-pecah. Namun, dengan melakukan eksfoliasi pada kulit maka Anda telah membersihkan lapisan terluar tersebut yang akhirnya menggantinya dengan kulit yang lembut bercahaya serta tampak awet muda.

2. Melakukan Asah Otak

Melakukan asah otak dikenal dapat membuat tubuh Anda lebih terlihat awet muda serta bisa menurunkan risiko dari berbagai penyakit otak pastinya. Hal tersebut sudah dibuktikan secara langsung oleh para peneliti.

Peneliti tersebut mengatakan bahwa bila individu terus menerus melakukan asah pada otaknya lewat pendidikan dan juga pekerjaan yang dikerjakan, maka akan mengurangi suatu kecenderungan seperti mendapatkan Alzheimer.

3. Mencoba untuk Mengurangi Stress

Stress kronis tentu saja dapat menyebabkan Anda mengalami penuaan dini pada kulit dan juga mempercepat proses keriput. Itulah mengapa dianjurkan untuk selalu mengupayakan diri agar mampu mengendalikan atau mengurangi stress.

Dalam upaya mengurangi stress, Anda dapat melakukan aktivitas yang membuat gerakan aktif serta melaksanakan kegiatan positif seperti halnya berolahraga secara rutin, berkumpul dengan sahabat dan teman, menghabiskan waktu di tempat terbuka.

4. Mencoba Menahan Amarah

Perlu Anda ketahui bahwa orang yang tak bisa mengendalikan amarah atau emosinya akan lebih cepat mengalami penuaan dini. Mengapa begitu? Itu karena kemarahan merupakan tipe emosi yang dapat membuat otot pada wajah menjadi menegang.

Tak hanya itu saja, perasaan geram yang dialami oleh mereka yang emosi akan menyebabkan tersebarnya hormon kortisol yang dapat memproduksi kolagen di kulit menyusut. Padahal kolagen merupakan bahan paling penting agar kulit tampak awet muda, kencang dan juga kenyal.

Begitulah beberapa penjelasan yang bisa Anda dapatkan terkait dengan cara awet muda melalui berbagai cara mulai dari seperti apa kata dokter, menurut ajaran Islam, hingga menggunakan tips tradisional sekalipun. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi.(rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media dan Pemerintah Daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button