Health

Cara Hidup Sehat dengan Pola Hidup yang Benar

Waktu.news | Kesehatan merupakan salah satu hal yang paling berharga, suatu kenikmatan yang patut disyukuri. Oleh karena itu, di tengah musim virus seperti ini ada baiknya Anda tahu bagaimana Cara Hidup Sehat agar tidak mudah terserang penyakit.

Bagaimana Cara Hidup Sehat?

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga, oleh karena itu Anda harus mengusahakan untuk tetap hidup sehat. Mengingat perkembangan virus dan penyakit semakin berkembang lebih cepat dan menular membuat siapa saja akan terjangkit. Pola hidup sehat itu mudah.

Anda perlu melakukan olahraga rutin setiap pagi hari baik itu jogging, memanaskan di bawah sinar matahari agar tidak kekurangan vitamin D atau di tempat khusus seperti gym. Semuanya itu dilakukan sebagai tindakan upaya pencegahan penyakit yang akan mudah menyerang tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa, kekebalan tubuh setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang lemah dan ada pula mereka yang kebal terhadap penyakit. Nah, itu sebabnya mereka diharuskan untuk rutin menjaga kesehatan seperti halnya minum vitamin agar sistem imun kuat terhadap berbagai virus.

Berbagai Cara Hidup Sehat

Bagi setiap orang pasti memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Oleh karena itulah, dianjurkan untuk selalu melindungi diri dari berbagai macam penyakit / virus yaitu dengan menjaga kesehatan. Caranya sederhana saja, cukup Anda lakukan rutin diimbangu dengan kegiatan berikut:

1. Mengonsumsi Air Putih Secukupnya

Salah satu cara menjaga kesehatan yang paling awal adalah mengonsumsi air putih secara rutin. Perlu Anda ketahui bahwa air tersebut sangat penting dikonsumsi, mengingat Anda selalu mudah kehilangan cairan seperti lewat urine, buang air kecil / besar, berkeringat, pernapasan dan lain-lain.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga asupan air dalam tubuh. Pada umumnya, Anda memerlukan air putih sekitar 2,7 sampai dengan 3,7 liter air. Jika muncul tanda seperti urine berwarna kekuningan, mulut dan bibir kering itu tandanya kekurangan cairan dan harus segera minum air putih.

2. Beristirahat dengan Cukup

Selanjutnya beristirahat dengan cukup. Perlu Anda ketahui bahwa setiap manusia memiliki kekebalan tubuh yang pastinya berbeda-beda. Oleh karena itulah, mereka dianjurkan untuk selalu tidur yang cukup agar tidak mudah lelah dan jatuh sakit. Imun menurun biasanya dari kurangnya istirahat.

Apalagi bagi seorang pekerja pengejar deadline yang pastinya memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan suatu pekerjaan tersebut. Nah, untuk orang yang seperti itu perlu diberikan tambahan asupan seperti multivitamin agar tidak mudah sakit. Mengingat mereka pasti kurang cukup istirahat.

3. Berolahraga Secara Rutin

Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin demi menjaga kekebalan tubuh tetap maksimal, teruntuk orang dewasa biasanya diperlukan olahraga minimal sekitar 2 ½ jam tiap minggunya. Lakukanlah peregangan karena hal tersebut dikenal sangat bagus untuk tubuh dan juga pikiran Anda.

Cara Hidup Sehat
Foto Ichy Pandialang Thalib

Anda bisa melakukan olahraga sesuai dengan keinginan seperti halnya berlari / jogging, bersepeda, senam, berenang, yoga dan masih banyak lagi lainnya. Dapat juga latihan di pusat kebugaran secara khusus agar mudah membantu membakar lemak dan kalori. Pilih saja sesuka hati, semuanya sama.

4. Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Cara Hidup Sehat

Salah satu cara hidup sehat ialah mengatur pola makan dengan baik yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat serta seimbang. Hal tersebut dapat membantu tubuh agar tidak mudah terkena penyakit kronis misalnya jantung, diabetes, hipertensi, dan juga kanker.

Tak hanya itu saja, berat badan Anda akan selalu normal jika menjaga pola makan. Pastikan untuk mengonsumsi cukup protein dari hewani serta nabati, serat, karbohidrat, lemak dan juga yang baik. Jangan lupa selalu konsumsi sayur serta buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian.

5. Selalu Berupaya Menjaga Berat Badan Ideal

Jangan lupa untuk selalu menjaga berat badan ideal Anda. Perlu diketahui bahwa menjadi obesitas itu usianya jauh lebih pendek dan berisiko terkena berbagai macam penyakit kronis. Oleh karena itu jagalah selalu pola makan dengan benar supaya tidak terjadi kenaikan berat badan begitu drastis.

Konsumsilah makanan yang sehat dan juga jangan lupa rutin berolahraga agar kekebalan tubuh serta berat badan akan selalu ideal. Biasanya banyak masyarakat lebih memilih olahraga di sebuah tempat khusus seperti layaknya gym yang banyak menawarkan alat-alat canggih.

6. Menghindari Rokok untuk Cara Hidup Sehat

Melakukan pola hidup sehat itu jangan setengah-setengah, jika Anda telah menerapkan beberapa cara seperti berolahraga secara rutin, makan makanan sehat dan seimbang, bahkan minum vitamin juga. Bila merokok, hancur sudah semua upaya dalam menjaga tubuh tetap sehat.

Perlu Anda ketahui bahwa merokok itu membawa banyak sekali penyakit kronis seperti kanker lidah, tenggorokan, hati, merusak paru-paru, jantung, mempercepat kerutan di kulit bahkan disfungsi ereksi. Bayangkan jika semua penyakit tersebut menimpa Anda. Pastinya tidak ingin bukan ?

7. Mengupayakan untuk Menjaga Kesehatan Mental

Selanjutnya Anda perlu menjaga kesehatan mental, karena hal ini sama pentingnya dalam memperhatikan kesehatan fisik. Jika tidak bisa mengupayakan diri, maka tubuh akan mudah terserang penyakit, apalagi dapat mempengaruhi fokus serta energi.

Bila Anda merasakan stress, depresi, cemas dan lain-lain. Keluhkan masalah tersebut kepada orang terdekat yang dipercaya seperti layaknya pasangan, keluarga bahkan teman / sahabat karib. Dengan begitu, perasaan yang terpendam tersebut dapat keluar dan hati merasakan lega luar biasa.

8. Berjalan-jalan Bagian dari  Cara Hidup Sehat

Berjalan-jalan juga salah satu faktor pemicu agar kondisi tubuh tetap rileks dan tidak stress. Ada masanya Anda butuh udara serta suasana luar yang sejuk. Ada baiknya lakukan jalan-jalan di bawah sinar matahari pagi yang dikenal memiliki kadar vitamin D yang tinggi dan baik untuk tulang, jantung.

Jika sudah berada di luar ruangan, maka tubuh akan leluasa dan lebih aktif dalam bergerak. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyempatkan diri untuk berjalan-jalan di alam yang terbuka. Dengan begitu, tubuh jauh lebih rileks dan pikiran serta perasaan juga akan tenang.

9. Selalu Rutin Memeriksa Kesehatan

Lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter atau puskesmas terdekat yang ada di sekitar rumah Anda. Hal ini dilakukan agar dapat mendeteksi suatu penyakit atau bahkan masalah pada tubuh sejak dini. Jika memang terjadi sesuatu, maka akan ditindaklanjuti secara cepat.

Pemeriksaan kesehatan seperti ini biasanya berupa pengukuran berat dan juga tinggi badan Anda, tekanan darah, sampai memeriksa kanker sejak dini. Itu karena penyakit tersebut paling banyak diderita orang. Oleh karenanya, ada baiknya mengecek dari awal apakah ada kanker atau tidak.

10. Selalu Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Kemudian Anda juga harus selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Perlu diketahui bahwa sarang penyakit itu berawal dari tempat kotor dan lembab. Itulah mengapa setiap orang dianjurkan untuk membersihkan berbagai tempat yang tertutup sekalipun supaya tidak menyebarkan kuman.

Dalam menjaga kebersihan lingkungan, biasanya dimulai dari membersihkan sampah dengan benar di sekitar rumah. Itu karena sarang penyakit paling banyak berasal dari sana, oleh karenanya buanglah sesuai dengan tempatnya agar tak menumpuk sehingga menimbulkan bau menyengat.

11. Mengurangi Mengkonsumsi Makanan dalam Kaleng

Anda juga dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dalam kaleng. Itu karena ada banyak alasan seperti halnya nilai gizi yang tak sempurna, ada bahan pengawet yang pastinya sangat buruk bagi kesehatan, bahkan penambahan garam yang tidak sesuai.

Cara Hidup Sehat
Foto: Alil Pandialang

Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menghindari makanan kaleng seperti itu. Ada banyak kadar bahan yang tak sesuai dengan kebutuhan tubuh pada umumnya. Ada yang terlalu lebih bahkan kurang dan lain-lainnya. Apalagi penambahan garam tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan.

12. Menghindari Stress

Pola hidup sehat itu tidak hanya mengatur porsi makan sehat saja, akan tetapi kepentingan mental juga perlu diperhatikan seperti halnya stress. Jika Anda mengalami depresi / stress berlebihan ada baiknya melakukan olahraga rutin, berjalan-jalan santai, hingga meditasi. Dijamin perasaan lega.

Stress yang berlebihan bisa meningkatkan kadar kortisol yang pastinya dapat merusak metabolisme tubuh. Dengan hal tersebut biasanya menyebabkan penderita ingin mengonsumsi makanan cepat saji dan hasilnya justru akan semakin memperbanyak penyakit karena lemak yang menumpuk.

13. Menghindari Soda Bergula

Bagi Anda pecinta minuman yang manis seperti sirup dan berbagai macam minuman siap saji yang banyak dijual di supermarket, ada baiknya segera kurangi kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi sesuatu yang manis dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Minuman yang dimaniskan oleh gula dapat menyebabkan risiko penyakit diabetes, kanker bahkan jantung juga. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi kebiasaan Anda yang suka mengonsumsi minuman manis. Jika soda, pilih saja air soda tanpa adanya pemanis seperti lemon.

Cara untuk Mengupayakan Hidup Sehat

Dalam mengupayakan pola hidup sehat, ada baiknya Anda selalu memperhatikan asupan makan dengan benar, berapa banyak porsi yang dibutuhkan, apa saja pantangannya dan masih banyak lagi. Hal tersebut sama seperti asupan garam dan juga gula yang tidak boleh digunakan berlebihan.

Anda juga diharuskan untuk makan dalam porsi kecil, ada baiknya ambil lauk secukupnya saja. Jika memang kurang, nanti bisa ambil lagi. Namun, jika sudah kenyang berhentilah makan, jika diteruskan akan menimbulkan sakit perut karena makanannya tidak tercerna dengan baik.

Jangan lupa juga untuk selalu memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas terdekat, hal ini merupakan salah satu bentuk antisipasi agar nantinya Anda dapat mengetahui penyakit apa yang ada dalam tubuh sejak dini. Jika memang ada, bisa dilakukan pengobatan selanjutnya.

Bagaimana Penerapan Cara Hidup Sehat?

Melihat semakin banyaknya penyakit dan virus yang merajalela serta hampir menjangkiti semua orang. Maka, dianjurkan untuk Anda agar tetap menjaga kesehatan dimanapun kapanpun dengan mengonsumsi vitamin supaya kekebalan tubuh terjaga baik dan terhindar dari penyakit tersebut.

Jika memungkinkan, gunakan masker pelindung saat keluar rumah seperti pergi ke sekolah, kantor atau tempat publik lainnya. Hal ini dapat mencegah masuknya virus ke dalam tubuh lewat hidung karena saat Anda bernapas maka udara di sekitar juga pasti akan ikut terhirup.

Oleh karena itu, sebagai bentuk antisipasi gunakanlah masker pelindung. Jangan lupa juga membawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi. Pakailah setelah selesai berkontak fisik dengan orang lain atau menyentuh barang yang pastinya terdapat virus / kuman tak terlihat.

Memperhatikan kesehatan di tengah banyaknya virus yang merajalela seperti ini sangat penting dilakukan. Anda perlu menerapkan cara hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa saja menyerang, apalagi sekarang semakin banyak penyakit dan menular dengan cepat.(rhp)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button