Berita Boltim

Peserta Vaksinasi Covid-19 Massal di Desa Nuangan Membludak

Tutuyan – Peserta Vaksinasi Covid-19 Massal di Desa Nuangan, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Jumat (9/7/2021), membludak.

Padahal vaksinasi covid-19 massal ditahap pertama, jumlahnya tak lebih dari tiga puluh orang saja. Namun, ketika pelaksanaan vaksinasi kali kedua di desa itu, hasilnya justru melampaui target.

Menurut Kepala Desa Nuangan, Hamdan Arbie, meningkatnya partisipasi masyarakat pada program vaksinasi massal tersebut, tidak lepas dari upaya sosialisasi yang dilakukan pemerintah desa, baik di mesjid maupun secara persuasif dari rumah ke rumah.

“Selaku Kepala Desa, saya bersyukur, karena kepekaan masyarakat terhadap pentingnya untuk melindungi diri dari bahaya Virus Corona ini makin meningkat,” kata Hamdan Arbie

Sebelumnya ia sempat pusing memikirkan cara bagaimana mengajak masyarakat yang masih enggan untuk divaksin. Sebab, rata-rata alasan utamanya ialah merasa takut karena banyaknya informasi buruk yang masyarakat terima mengenai pemberian vaksin Covid-19.

“Adanya Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 itu, mau tidak mau pemerintah desa berupaya meyakinkan masyarakat agar mendukung program vaksinasi nasional, dan alhamdulillah hasilnya melebihi target,” jelas Hamdan.

Vaksinasi Covid-19 Desa Nuangan

Di tempat yang sama, Kepala Uptd Puskermas Nuangan Serly Manoppo menambahkan, awalnya pihaknya hanya menargetkan sepuluh vial vaksin sinovac di desa Nuangan, tetapi tanpa diduga jumlah penerima yang hadir meningkat drastis.

“Target kami hanya seratus penerima, namum pesertanya lebih dan tetap kami layani,” kata Serly Manoppo.

Dari 111 total yang mendaftarkan diri kata Serly, tujuh di antaranya tidak dapat diberikan vaksin karena ada beberapa penyakit yang menyertai dan tekanan darah meningkat.

“Jadi, jumlah orang yang divaksinasi adalah 104 orang. Secara khusus, 80 orang untuk dosis pertama dan 24 orang untuk dosis kedua,” sebut Serly. (bs/aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button