Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

Pulau Lembeh Rekomeded For Snorkling dan Diving

Advertisement

Pulau Lembeh adalah salah satu pulau yang indah di Sulawesi Utara. destinasi wisata ini terletak di kota Bitung yang di pisahkan oleh selat Lembeh. Pulau eksotik ini juga terkenal bagi wisatawan yang suka menyelam, karena pulau tersebut adalah tempat menyelam terbaik setelah Bunaken.

Banyak para wisatawan yang hobi menyelam mengakui Lembeh adalah pulau yang masih sangat perawan dan tidak tersentuh. Ya, Pulau memukau ini akan menjadi tempat menyelam yang

Advertisement

Lokasi Pulau Lembeh

Pulau Lembeh adalah bagian dari Bitung di Sulawesi Utara. Pulau ini terpisah dari daratan Pulau Sulawesi oleh Selat Lembeh. Jarak Pulau ini dari kota Manado membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Pulau ini terletak tepat di seberang kota pelabuhan Bitung, yang merupakan kota terbesar ke-2 di Sulawesi Utara setelah Manado. Antara Pulau Bitung dan Lembeh Anda menemukan Selat Lembeh, yang terkenal di dunia internasional karena kondisi menyelamnya yang luar biasa.

Advertisement

Secara administratif Pulau keren ini adalah bagian dari kotamadya Bitung. Selat Lembeh membentang sepanjang 16 km dan hanya memiliki lebar 1,2 kilometer. Namun di perairan sempit ini tidak kurang dari 88 tempat menyelam telah di temukan. Meskipun Selat Lembeh tidak begitu terkenal di dunia seperti Taman Nasional Bunaken, keindahan pulau ini tidak  bisa di remehkan karena keindahannya yang luar biasa.

Di bukit dekat pantai pulau ini berdiri monumen Trikora (Tri Komando Rakyat) dan pesawat DC3 dari Angkatan Udara Indonesia. Monumen ini di bangun untuk memperingati pertempuran yang diadakan menjelang akhir tahun 1980-an. Pertempuran itu terjadi untuk memulihkan wilayah dari bekas Papua Hindia Belanda kembali ke dalam wilayah Republik Indonesia.

Pelabuhan Bitung adalah pangkalan udara yang mana pesawat-pesawat tempur membuat pengepungan mereka ke Papua. Dari lokasi ini orang dapat memiliki panorama di Selat Lembeh

Saat memasuki area pulau ini, Anda akan di sambut oleh jembatan kecil yang akan membawa Anda melewati banyak pohon bakau untuk sampai ke pulau. Rangkaian tanaman bakau di kedua sisi jembatan menambah kesan indah di pulau ini.

Advertisement

Rute Menuju Pulau

Untuk  bisa menuju ke Pulau tersebut dari pusat kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara ada bis umum yang tersedia ke Bitung. Anda juga bisa menyewa mobil di Manado. Sesampainya di Bitung, Anda harus menuju ke dermaga Ruko Pateten di kecamatan Lembeh dan menyeberang dengan perahu ke lokasi.

Ya, Satu-satunya transportasi untuk bisa ke pulau ini adalah menggunakan perahu kecil, yang di sebut sebagai taksi dari pelabuhan kecil Winenet selama sekitar 30 menit berkendara.  Taksi siap dalam satu jam pada setiap keberangkatan dengan kapasitas maksimum 10 orang. Perjalanan ke Pulau ini menggunakan perahu ini akan memakan waktu sekitar 15 menit.

Persimpangannya relatif aman dari beberapa arus karena Selat di lindungi oleh pulau . Dalam perjalanan Anda akan melihat berbagai jenis kapal dengan berbagai ukuran, dari perahu sampan, perahu layar tradisional hingga frigat angkatan laut besar dan kapal perang lainnya. Ada beberapa pantai yang belum di kembangkan di garis pantai Selat Lembeh yang sangat baik untuk berenang dan snorkeling.

Artikel Terkait: Wisata Seru Tracking Mangrove Trans Pato’a

Deskripsi Keindahan Pulau Lembeh

Ada begitu banyak habitat yang tidak biasa hidup di bawah Pulau ini, seperti, kerangka karang, nudibranch berwarna-warni, ikan mandarin, pipefish, ikan katak, rubah, udang, cincin biru, gurita mimik dan kuda laut kerdil yang langka.

Pulau andalan ini adalah area menyelam yang fantastis untuk fotografer bawah laut karena banyaknya keragaman makhluk yang lebih kecil memastikan banyak peluang foto yang mengesankan.

Selat Lembeh di Sulawesi Utara terkenal di dunia karena makhluk bawah lautnya yang indah dan fotogenik. Faktanya, selat ini hanya berupa garis panjang dan sempit yang memisahkan daratan dari Pulau ini.

Advertisement

Tapi jika di lihat secara lebih dekat dan menyelam ke dalam perairan birunya, maka Anda akan menemukan dunia yang benar-benar berbeda. Dunia ini penuh dengan kehidupan bawah laut tropis yang mempesona dan berwarna-warni karena nampak berbagai makhluk kecil yang hidup.

Tempat-Tempat Wisata di Bitung yang Membuat Semua Orang Penasaran

Tentang Pulau Lembah

Pulau keren ini memiliki kedalaman antara 15 hingga 25 meter. Hampir tidak ada arus, dan sepanjang tahun air tetap hangat 24 hingga 30 derajat saja. Jarak pandangnya tidak terlalu jernih antara 4 meter hingga 20 meter hanya ketika da wisatawan yang  beruntung, karena lantainya berpasir, dan ada beberapa karang, ia bisa melihat keanekaragaman spesies yang hidup di bawah laut.

Ekosistem uniknya menjadikan pulau ini di huni oleh nudibranch, cumi-cumi flamboyan, dan gurita mimik dan ikan katak berbulu. Keindahan laut yang luar biasa ini telah membuat makhluk-makhluk bawah laut ini menjadi subjek langka bagi fotografer bawah laut. Untuk alasan itulah fotografer laut selalu mengatakan bahwa Pulau ini di kenal sebagai nirwana dunia.

Selain keajaiban alam ini, permukaan dari  Selat Lembeh ternyata di gunakan sebagai pelabuhan untuk transportasi lokal, perikanan, industri kelautan, pariwisata dan sebagai laboratorium alam.

BACA JUGA: Taman Laut Olele Gorontalo dengan Keunikan dan Ciri Khasnya

Menyelam di Selat Lembeh

Ada sekitar 60 lokasi penyelaman di sekitar Pulau andalan sulawesi ini. Sebagian besar tempat menyelam berada di Selat Lembeh. Di sisi timur Pulau tersebut ada beberapa lokasi penyelaman dengan karang yang lebih berwarna dan dinding yang lebih curam.

Sementara sebagian besar lokasi penyelaman di Selat juga tidak kalah bagusnya untuk menyelam.  Namun dua tempat tersebut menawarkan taman karang yang indah. Anda tidak boleh melewatkan Pulau ini jika Anda menginginkan penyelaman yang menakjubkan.

Anda bisa mencoba menggunakan teknik menyelam muck selam. Muck diving adalah teknik menemukan makhluk kecil di bawah air, spesies yang biasanya tidak Anda cari atau temukan dengan mudah selama menyelam biasa.

Menyelam di Selat Lembeh berarti Anda sedang mencari berbagai spesies yang aneh namun menakjubkan seperti Ikan Singa, Ikan Katak Raksasa, Ikan Katak Berbulu, Gurita Mimik, Gurita Biru Ringged, Ular Laut Banded, Ikan Belut Bandel, Ikan Mandarin, Kepiting Orangutan , Manta Shrimps dan banyak, banyak spesies lainnya.

Menikmati Surga Bawah Laut di Soputa Point Bolsel

Species Ikan Di Pulau ini

Pelagi yang lebih besar biasanya di temukan di tempat lain. Namun, jangan terkejut jika Anda menemukan hiu paus atau dugong. Mengunjungi Lembeh adalah untuk bisa bertemu makhluk laut aneh dan aneh. Ya, Pulau ini adalah surga yang nyata bagi mereka yang hobi dengan fotografi makro bawah laut.

Anda dapat menikmati kondisi menyelam yang luar biasa sepanjang tahun di Lembeh. Selat Lembeh di lindungi oleh Pulau ini, yang berarti hampir tidak ada arus. Seperti biasa dengan visibilitas muck selam bisa sangat buruk, tetapi memungkinkan Anda untuk menyelam lebih dalam.

BACA JUGA: Molombunaye Dive Spot: Objek Wisata Terindah di Gorontalo

Ada beberapa situs penyelaman di mana Anda dapat menemukan beberapa arus. Banyak penyelaman berada di perairan dangkal; di mana Anda tidak perlu masuk lebih dalam dari sekitar 8 meter.

Demikian ulasan mengenai keindahan Pulau tersebut dan sekitarnya. Selamat berwisata dan jangan lupa persiapkan dengan baik kebutuhan Anda selama berwisata.(rhp)

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button