BERITA BOLMUT

“Mama Kelor” Mari Makan Kelor, Salah Satu Inovasi Pemkab Bolmut

Waktu.news | Saat ini Daun Kelor bukan hanya dikenal oleh paranormal atau tabib tapi juga sudah membooming ke berbagai pelosok pemerintah daerah untuk dicanangkan sebagai salah satu inovasi. di kab bolmut dikenal sebagai “Mama Kelor” Mari Makan Kelor.

Kelor atau merunggai adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti: limaran, moringa, ben-oil, drumstick, horseradish tree, dan malunggay di Filipina.

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Jumat (04/12/2020) mencanangkan Inovasi Mama Kelor (Mari Makan Kelor) Di Kampung KB Desa Gihang yang bekerjasama dengan PKK, DWP, dan Bhayangkari Kabupaten Bolmut tahun 2020.

Kemunculan ide atau inovasi mama kelor ini berawal dari pelaksanaan forum musyawarah desa yang menginginkan program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) itu maju dan dikenal.

Dalam pertemuan tersebut timbul ide untuk menjadikan Kampung KB yang saat ini direbrending menjadi kampung berkualitas untuk membudidayakan penanaman mama kelor disetiap halaman rumah penduduk Desa Gihang.

Bupati Depri Pontoh Berharap Desa Gihang akan dikenal sebagai Desa Inovasi Mama Kelor yang menjadikan pelaksanaan dari oleh dan untuk masyarakat menjadikan nyata program bangga kencana yakni, membangun dari pinggiran atau membangun dari Desa.

12 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

  1. Memberi nutrisi untuk tubuh karena kandungan dari daun kelor berupa protein,karbohidrat,zat besi,magnesium,kalium,kalsium,vitamin a,c dan mikkrogram folat
  2. Kaya anti oksidan
  3. Menurunkan kadar gula
  4. Membantu meredakan peradangan
  5. Menurunkan kolesterol
  6. Melindung tubuh dari keracunana arsen
  7. Menghambat pertumbuhan sel kangker
  8. Baik untuk daya ingat dan jantung
  9. Mencegah anemia, mencegah kerusakan dna janin dan komplikasi kehamilan
  10. Berpotensi mengatasi infeksi bakteri
  11. Dipercaya baik untuk wanita monopause
  12. Baik untuk anak yang malnutrisi termasuk anak anak stunting

Dalam pencanangan “Mama Kelor” Mari Makan Kelor, Dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP, Ketua DWP Bolmut Hj. Fitriana Nani Buhang, SE, Para Asisten Sekda, Pimpinan SKPD, Camat kaidipang, Sangadi, Serta Masyarakat.

Selanjutnya

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button