Travel

Pulau Nenas Boltim Miliki Danau Disampingnya, Sesuai Dengan Julukannya

Uji Nyali Anda Di Pulau Ini

Waktu.news | Bolaang Mongondow Timur adalah sebuah Kabupaten di provinsi Sulawesi Utara, dengan pemerintah pusatnya berlokasi di Tutuyan. Daerah ini memiliki salah satu pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi, namanya Pulau Nenas.

Pulau Nenas ini selain memiliki pasir putih dan pemandangan indah yang mempesona dari underwater juga tak kala menarik dengan adanya kolam di pulau ini. Jika Anda sedang berada di Sulawesi Utara, ada baiknya Anda mencoba untuk berkunjung ke Pulau.

Lokasi Pulau Nenas Boltim

Pulau Nenas berada di Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara. Jarak Pulau ini memakan sekitar 20 menit perjalanan dari ibukota Kabupaten Boltim, Tutuyan. perjalanan menuju pulau ini dari Desa Paret hanya memakan waktu sekitar 10 menit atau 15 menit dari dermaga Kotabunan.

Dari pulau kumeke, pulau ini bisa dilihat dengan mata jelas karena saling berdekatan. Kabupaten Boltim sendiri memiliki objek wisata unggulan seperti Danau Mooat, Gunung Float, Danau Togid atau danau Motongkad dan salah satunya Pulau Nenas.

Baca Artikel Terkait; Pulau Bongkil Bolmut, Tosca Airnya, Tembus Pandang Karangnya

Pulau ini memiliki kawasan hutan dengan vegetasi tropis yang hijau subur. pulau kecil ini juga terdapat satwa burung seperti burung Maleo, kakaktua, dan masih banyak lagi.

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang putih dan memiliki terumbu karang yang luas di dekat pantai. Sebagian besar pulau kelilingi oleh pantai berpasir dan terumbu karang tepi. Untuk menuju ke pulau ini Anda bisa naik perahu motor atau speedboat dari pelabuhan Lirung, perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 45 menit. Pulau Nenas ini sangat bagus untuk aktivitas menyelam, snorkeling, dan aktivitas bawah laut lainnya.

Artikel Terkait: Pulau Racun Boltim, Tempatnya Pengasingan Orang yang Memiliki Ilmu Hitam?

Aneka Ragam Biota Laut

Di sini Anda dapat menemukan terumbu karang dengan warna-warni indah khas bawah laut. Air laut di pulau ini begitu tenang dan memiliki pelican, rangkong, rumput laut dan jenis makhluk laut lainnya. Sejumlah hewan endemik hidup di pulau ini seperti penyu, kepiting, ikan teri, bintang laut, ikan pari, ubur-ubur, kakap merah, dan satwa lainnya.

Anda bisa menikmati hutan mangrove dan hutan pantai di pulau ini Jika tidak suka menyelam, snorkling atau berenang, .

Pulau Nenas

Foto via drone dji phantom 4 pro+

Aktivitas yang Bisa kamu lakukan di Pulau ini

Sebagian besar pantai di pulauan Nenas adalah pantai berpasir putih. Di sini Anda akan bebas untuk bersantai menikmati keindahan pantainya dan bersantai sambil berenang, berjemur, dan snorkeling.

Bagi Anda yang tidak tertarik untuk berenang atau snorkeling, Anda dapat memilih untuk berjemur di tepi-tepi pantai. Selain itu kegiatan lain yang bisa untuk Anda lakukan di Pulau ini adalah sepeda air, selancar air, hiking dan berkemah.

Pulau Nanas adalah tempat wisata yang sangat ideal bagi wisatawan yang ingin lari dari hiruk pikuk kota. Jika Anda adalah seorang backpacker yang menyukai petualangan, pulau ini bisa Anda coba. Pulau ini juga merupakan pilihan bagus untuk berbulan madu.

Artikel Lainnya: Pantai Minanga Menyimpan Berbagai Pesona

Hal yang Harus Anda Lakukan di Pulau

Ada banyak kegiatan yang layak untuk dijelajahi saat bepergian ke pulau seperti:

Scuba selam – ada banyak spot lokal yang menarik untuk menyelam seperti Taka Panyawangan dan Gosong Cemara, yang memiliki karang yang indah;

Snorkeling / berselancar;

Hiking / Trekking

Anda bisa melihat panorama yang indah dengan menggunakan sepeda motor, sepeda atau bahkan hanya berjalan kaki.

Berkemah

Jika Anda ingin menikmati sunrise di pulau ini Anda bisa menginap selama beberapa malam di pulau ini dengan membawah perlengkapan tenda karena di pulau ini belum tersedia penginapan seperti pulau lainnya.

Menikmati sunset

Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit di pulau ini akan memberikan Anda pengalaman piknik yang sangat berkesan.

Memancing

Anda bisa pergi memancing bersama dengan nelayan lokal untuk lebih aman.

Artikel lainnya; Deaga Bay Resort Terbaru Bolsel Untuk Liburan Akhir Pekan

Tips Berwisata ke Pulau Nenas

Nah, ketika bepergian ke pulau Nanas ini, Anda dapat mempersiapkan hal-hal yang perlu Anda bawa di antaranya:

  • Baju renang yang nyaman jika Anda hanya ingin snorkeling
  • Sun-screen agar kulit tidak kepanasan karena terpapar oleh sinar matahari
  • Kamera tahan air
  • Beberapa tips bagi Anda yang ingin bepergian ke Pulau andalan boltim ini adalah :
  • Jika Anda pergi ke Pulau ini, bawa lotion anti nyamuk dan lengan yang panjang serta celana panjang jika tidak ingin terkena gigitan nyamuk.
  • Beberapa resor membatasi peralatan snorkeling untuk anak-anak. Jika Anda datang bersama keluarga besar Anda, maka Anda bisa membawa sendiri peralatan snorkling yang memiliki kualitas baik. Cari peralatan snorkling yang cocok untuk pemula.
  • Bawa perbekalan yang cukup jika Anda ingin lebih berhemat.
  • Bawa uang tunai karena ATM hanya ada di kota-kota besar jadi Anda akan sulit menemukan ATM di sekitar daerah Pulau Nanas,
  • Jangan lupa membawa perlindungan terhadap matahari (tabir surya dan topi). Pastikan Anda selalu membawa sebotol air bersama untuk menghindari dehidrasi. Bahkan di dataran tinggi yang jauh lebih sejuk, terlalu banyak sinar matahari memiliki konsekuensi yang menyakitkan.
  • Jika Anda bepergian dengan anggaran rendah, pastikan Anda menyimpan barang-barang penting Anda setiap saat.
  • Membuat reservasi dahulu untuk Penggemar selam.
  • Teropong juga akan bagus untuk dibawa selama perjalanan.
  • Periksa dengan dokter Anda jika ada kebutuhan obat bagi Anda yang pernah mengalami sakit malaria. Beberapa bagian dari pulau Sulawesi memang bebas dari malaria, tapi itu tidak bisa menjamin mengingat sebuah pulau identik dengan alam bebas.
  • Sarana dan pra sarana di pulau ini masih kurang memadai.

Artikel Terkait; Pulau Nunuka Bolmut Miliki Hamparan Seni Bebatuan Yang Unik

Pulau Nenas
Foto Pulau Nenas by refli

Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Pulau

Selama musim puncak wisata yang berlangsung pada bulan Juli dan Agustus, bisa pastikan tempat penginapan dan alat sewa untuk menyelam sudah penuh dan banyak orderan. Jadi anda kami sarankan untuk Anda memesan terlebih dahulu tempat penginapannya.

Anda juga jangan datang pada saat musim hujan atau misim gelombang. Musim hujan, pada umumnya berlangsung dari bulan November hingga pertengahan April, di mana angin sering membawa hujan kadang-kadang juga terjadi badai.

Badai ini berlangsung selama beberapa hari, udara memang menjadi jauh lebih menyegarkan tetapi juga mengurangi jarak pandang laut. Ada baiknya jika Anda datang saat musim kemarau yang berlangsung pada bulan Mei hingga Oktober, ketika suhu naik ke 35 derajat dan jarak pandang bisa terlihat baik.(16b)

Baca artikel terkait:

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button