Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Pulau Sara: Surga Kecil di Bibir Pasific Yang Menyimpan Bangkai Kapal Perang Dunia Ke-II ?

Advertisement

Pulau Sara –  Sulawesi Utara memiliki banyak keajaiban alam yang patut untuk dijelajahi. Jika Anda mencari tempat untuk berwisata, Kabupaten Kepulauan Talaud harus berada di daftar teratas Anda. Daerah ini merupakan bagian utara terjauh di Indonesia Timur dan berbatasan dengan Davao del Sur di Mindanao, Filipina.

Salah satu ikon terbaik yang di tawarkan Bumi Porodisa ini adalah Pulau Sara. Pulau ini terdiri dari dua pulau kecil yaitu Pulau Sara Besar dan Pulau Sara Kecil yang letaknya berdekatan.

Advertisement

Keindahan tempat ini pasti akan memukau siapa saja yang datang ke sana. Hamparan pasir putih lembut dengan gradasi laut biru jernih akan menyambut pengunjung. Belum lagi Pulau andalan kabupaten talaud ini yang selalu terjaga kebersihan dan kerapihannya, menjamin wisatawan akan betah berlama-lama di sini.

Sejarah Pulau Sara

Legenda dua pulau andalan talaud ini di mulai dengan kisah seorang putri yang tinggal di puncak gunung di desa Polutan. Sang putri sangat di cintai oleh seekor ular raksasa, yang menganggapnya sebagai istrinya.

Advertisement

Suatu hari, seorang pria datang dan mencuri sang putri pergi dengan perahu layar. Ular raksasa itu mengejar, sampai ia meraih pulau tersebut dan membelahnya menjadi dua. Saat ini, sisa-sisa fosil ular dapat di lihat di sekitar desa Polutan.

speed boat sara island

Biaya Ke Pulau

Berwisata ke obyek wisata kebupaten talaud ini tergolong murah, di bandingkan mengunjungi pulau-pulau besar lainnya.

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang dari dompetmu sebanyak Rp 1 juta rupiah untuk bisa sampai dan menikmati keindahan pulau andalan kabupaten kepulauan talaud tersebut.

Advertisement

Jarak Tempuh dan Rute

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Talaud, dari kota Manado wisatawan harus menggunakan transportasi laut antar pulau dan memakan waktu hingga 12 jam.

Setelah sampai di ibu kota Melonguane, kami melanjutkan perjalanan menggunakan speadboad boat dan hanya membutuhkan waktu 10-15 menit.

Pemerintah Kabupaten Talaud juga akan mengatur jalur transportasi speadboat dari Melonguane ke Pulau Sara, dan dari Pulau bolak-balik, hingga Pulau lagi, ini bisa di tempuh dengan biaya Rp 50.000.

13 Rekomendasi Destinasi Wisata Sulawesi Utara

Spot

Mencari tempat yang menakjubkan untuk pergi snorkeling? Pulau tak berpenghuni ini merupakan tujuan populer bagi wisatawan lokal maupun internasional. Ada banyak tempat untuk snorkeling dan juga tempat yang bagus untuk berkemah jika Anda menyukainya. Kehidupan laut di sini sangat beragam dan airnya sangat jernih. Snorkeling adalah aktivitas yang wajib di lakukan saat berada di sini. Dan bahkan ada danau ular! Jadi apakah Anda percaya atau tidak, tempat ini memiliki sesuatu untuk semua orang. Pemerintah bahkan mempertimbangkan untuk mengemasnya sebagai destinasi wisata. Jadi datanglah ke Talaud di Sulawesi Utara dan nikmati pemandangan indah Pulau Sara!

Fasilitas Penunjang

Ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari? Pulau Sara adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan memulihkan tenaga. Pulau ini memiliki beberapa pondok yang terletak di antara keindahan alamnya, serta jalur hiking dan bersepeda yang sempurna untuk di jelajahi. pengunjung bahkan dapat bermalam di sini, di kelilingi oleh kedamaian dan ketenangan alam.

fasilitas pengunjung

Advertisement

Hal Yang Bisa Kamu Lakukan ?

– Menikmati Pasir putih yang halus
– Menyelam gratis
– Free dive
– Snorkeling
– Banana boat
– Kano
– Kasur angin
– Tersedia hammock
– Suasana malam yang romantis
Dan masih banyak lagi fasilitas. Pemandangan bawah laut yang indah dari rantai pulau Talaud memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan baik asing maupun domestik.

Pemandangan bawah laut di Melonguane, Talaud seperti surga bagi para penyelam yang ingin melihat beragam terumbu karang dan kekayaan biota laut.

Dengan berbagai potensi yang di miliki kabupaten ini, maka pemerintah daerah berkomitmen untuk mengexplore destinasi wisata wabil khusus keindahan bawah laut pulau sara.

Dinas Pariwisata Talaud telah bermitra dengan berbagai pihak, khususnya komunitas penyelam profesional, untuk mengembangkan destinasi wisata bawah laut dan menjadikan Talaud sebagai destinasi wisata bawah laut unggulan.

Pulau Bongkil Bolmut, Tosca Airnya, Tembus Pandang Karangnya

Ayo jelajahi 20 lokasi bawah laut yang menakjubkan di Talaud yang akan membuat Anda takjub! Temukan sisi sejarah yang tidak pernah Anda ketahui keberadaannya saat Anda berenang di antara bangkai kapal dan pesawat Perang Dunia ke II.

Lihat bukti langsung perang dengan kerangka pilot masih di dalam beberapa pesawat! Untuk memaksimalkan pengalaman ini, pemerintah Talaud menawarkan pelajaran menyelam gratis kepada penduduk setempat selama beberapa bulan ke depan. Dan mulai tahun depan, mereka akan mengadakan berbagai acara untuk mempromosikan keindahan dunia bawah laut Porodisa.

fasilitas pulau

Pantai Tersakiti Bolsel Dengan Keunikan Wisata Underwaternya

Kekayaan bawah laut pulau sara yang memanjakan mata

Anda tidak perlu khawatir jika ingin melihat keindahan bawah laut pulau sara, kenapa ? Kamu akan di pandu dan ditemani menyelam oleh master-master dan pelatih selam tersertifikasi. jadi tunggu apalagi ? siapkan waktu anda dan keluarga untuk lebih mengenal keindahan bawah laut pulau andalan sangihe di sulawesi utara ini.

bawah laut sara island

underwater pulau sara

Tentang Kabupaten Talaud

Talaud adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Utara, Indonesia, dan merupakan kepulauan paling utara di Indonesia Timur. Kabupaten yang beribukota di Melonguane ini berbatasan dengan distrik Davao del Sur di Filipina di sebelah utara.

Wilayah laut Kabupaten Talaud meliputi sekitar 37.800 km² sedangkan wilayah daratannya adalah 1.251,02 km². Jaraknya 350 km dari Melonguane ke Kota Manado melalui laut (sekitar 14 jam) atau 1 jam dengan pesawat.

Ada tiga pulau utama di Kepulauan Talaud: Pulau Karakelang, Pulau Salibabu, dan Pulau Kabaruan.

Ingin menambahkan sedikit sentuhan internasional ke liburan Anda? Maka Anda pasti ingin mengunjungi Pulau tersebut! Pulau seluas 37 kilometer persegi ini populer di kalangan wisatawan dari seluruh dunia, dan juga pernah di kunjungi oleh yacht dari berbagai negara.

Pantai Abadi Negeri Seribu Danau Luar Biasa Tosca Airnya

Menurut Parenda, sudah ada 15 kunjungan kapal pesiar dari tempat-tempat terjauh seperti Australia, Amerika, dan Prancis. Dan jika Anda tertarik untuk bermalam di Pulau Sara, tidak perlu khawatir – sekarang sudah tersedia banyak cottage dengan berbagai harga. Jadi, turunlah dan nikmati semua yang di tawarkan pulau unik ini!

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button