Travel

14 Destinasi Wisata Gorontalo yang Memukau

Waktu.news | Bicara mengenai wisata Gorontalo memang tidak akan pernah ada habisnya. Pasalnya daerah ini merupakan surganya dunia yang memiliki pesona alam memukau dan pastinya tidak kalah dengan tempat-tempat lainnya, terutama untuk destinasi baharinya.

Rekomendasi Destinasi Wisata Gorontalo yang Memukau

Jika berkunjung ke Gorontalo, Anda akan di suguhkan banyak wisata dengan tema pemandangan berbeda-beda. Tidak perlu bingung, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi destinasi unggulan dari provinsi tersebut, diantaranya seperti:

  1. Pulau Cinta

Jika Anda sedang berlibur bersama pasangan, maka pulau cinta bisa menjadi pilihan destinasi tepat. Bahkan, tempat ini menyuguhkan pesona alam yang sangat indah dan eksotik. Alasannya, karena keindahan wisata tersebut juga di juluki sebagai Maldives Island Indonesia.

Wisata ini memang cukup unik, pasalnya banyak cerita sejarah yang melegenda tentang pertemuan pangeran Gorontalo dan putri saudagar. Selain itu, bentuknya juga menyerupai hati sehingga masyarakat setempat menjulukinya dengan pulau cinta. Banyak aktivitas bisa di lakukan di sana.

Wisata Gorontalo

Lokasi pulau cinta terletak di Kabupaten Boalemo memiliki akses yang cukup mudah. Jika dari bandara, Anda dapat menggunakan perjalanan darat memakai mobil selama 2 jam. Sampai di spot penyeberangan wisatawan harus menyewa kapal menuju resort dengan jarak tempuh 25 menit.

Tempat Wisata di Palu yang Kekinian dan Menarik Perhatian

  1. Pulau Diyonumo

Selain pulau cinta, destinasi yang tidak kalah menariknya adalah Diyonumo. Jika ingin mencari tempat dengan pesona alam masih asri dan jauh dari keramaian, wisata ini menjadi pilihan tepat karena daerah di situ tidak berpenghuni selain itu juga belum banyak terjamah wisatawan.

Bisa di katakan pulau Diyonumo merupakan surganya Gorontalo. Di sini wisatawan dapat menikmati berbagai keindahan alam mulai pantai, daratan maupun bawah laut. Bukan hanya itu, Anda juga dapat melihat hamparan bukit ilalang dan pesona sunset dari puncak.

Pulau Diyonumo terletak di Desa Dema, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara. Akses menuju lokasi cukup mudah, jika dari arah pusat kota memakan waktu 3 jam dengan mobil. Sampai di spot penyeberangan wisatawan dapat menumpang perahu selama 15 menit.

  1. Pulau Saronde

Tidak hanya pulau cinta dan Diyonumo saja, Gorontalo juga memiliki Saronde yang memiliki pesona luar biasa. Keindahan wisata ini akan membuat hati wisatawan terpikat dan sulit beranjak pergi dari tempat tersebut, karena selain indah kondisi sekitar juga sangat bersih jauh dari polusi.

Wisata ini di juluki sebagai mutiara tersembunyi. Meskipun luasnya hanya 1 km saja, namun hamparan pasir putih serta keindahan dari terumbu karang yang sangat memukau. Pulau Saronde bisa menjadi destinasi pilihan untuk menghabiskan waktu romantis berdua bersama pasangan.

Wisata Gorontalo
foto by refli

Pulau Saronde terletak di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara. Akses menuju lokasi cukup mudah, karena banyak tersedia transportasi umum. Namun, ketika sampai di Kwandang, Anda harus menyeberang menggunakan kapal dan membayar Rp 10.000 untuk retribusi.

Tempat Wisata Gorontalo yang paling Populer di Kunjungi

  1. Pantai Dunu

Pantai Dunu merupakan salah satu destinasi wisata Gorontalo paling indah. Jika berkunjung ke provinsi Sulawesi Utara kurang lengkap rasanya kalau tidak mampir ke sini. Pasalnya, tempat ini banyak menyimpan kekayaan alam yang sangat mempesona.

Pantai Dunu memang memiliki pesona yang memukau, maka tidak heran wisata ini selalu ramai pengunjung terutama waktu long weekend ataupun hari-hari biasanya. Biasanya banyak pengunjung datang kesana saat sore karena ingin menikmati keindahan sunset di temani deburan ombak.

Pantai Dunu ini terletak di Desa Tolitehuyu, Kecamatan Monano. Akses menuju lokasi wisata cukup mudah di tempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat. Wisatawan juga dapat menggunakan kendaraan umum rute Gorontalo – Kawadang dengan membayar Rp 25.000 per orang.

  1. Pantai Mananggu

Selain Dunu, Gorontalo juga memiliki destinasi bahari yang tidak kalah memukau yakni pantai Mananggu. Sekilas karakteristik tempat ini hampir mirip seperti wisata di daerah Pacitan, karena banyak batu karang di bagian tepinya. Pesona sunrise dan sunset juga bisa Anda temui di sana.

Jika Anda sedang mencari tempat berlibur yang jauh dari keramaian, pantai Mananggu bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya lokasi wisata tersebut tidak dekat pemukiman, menariknya lagi destinasi ini menyuguhkan pesona alam sangat eksotik dengan hamparan pasir putih dan air laut yang tenang.

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo. Untuk menikmati pesona pantai tersebut wisatawan tidak di kenai biaya retribusi alias gratis selama 24 jam. Namun sayangnya, akses jalan menuju ke lokasi cukup sulit, karena hanya bisa di tempuh menggunakan motor.

Kamu Harus Tahu: Wisata Alam Baru Jawa Timur

  1. Taman Laut Olele

Salah satu destinasi paling memukau di Gorontalo adalah taman laut Olele. Bahkan karena pesonanya yang luar biasa, banyak orang menjulukinya sebagai primadonanya wisata bahari. Tidak heran jika tempat ini cukup tersohor di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jika ingin menuju ke wisata taman laut, terlebih dahulu pengunjung harus melewati pantai Olele. Di sana Anda dapat melihat hamparan pasir putih dan terumbu karang serta biota laut lainnya yang sangat memukau. Tempat ini menjadi surganya diving para wisatawan.

Wisata ini berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 20 Km. Akses jalannya cukup mudah di lalui. Sejauh ini wisatawan tidak di kenai biaya retribusi dan bisa menikmati suasana disana sepuasnya 24 jam.

  1. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Daerah Gorontalo memiliki banyak destinasi wisata menarik dan tidak kalah dengan daerah lainnya. Salah satunya yakni air terjun Hiyaliyo Da’a. Tempat ini cukup populer di kalangan wisatawan, karena pesona alamnya masih sangat alami.

Hiyaliyo Da’a yang terletak di Desa Didingga Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara ini memiliki keunikan. Wisatawan dapat menikmati pesona air terjun menyusuri bebatuan serta di kelilingi pepohonan sehingga perpaduan warna hitam, putih dan hijau menjadi sempurna.

Jika ingin berkunjung kesini, wisatawan harus membayar biaya retribusi sebesar p 5000 per orang dan bisa menikmati suasananya disana 24 jam. Akses menuju tempat ini cukup mudah, Anda dapat menggunakan kendaraan roda 4 maupun 2 milik pribadi atau memakai transportasi umum.

  1. Air Terjun Taludaa

Selain Hiyaliyo Da’a, Gorontalo juga memiliki wisata air terjun Taludaa yang tidak kalah memukau. Destinasi tersebut cukup populer karena pesona alamnya masih sangat alami dan asri jauh dari kebisingan serta keramaian. Bahkan hingga saat ini belum banyak di jamah wisatawan.

Air terjun Taludaa memiliki ketinggian 42 meter. Di lokasi wisata tersebut Anda dapat menikmati udara yang segar dan sejuk. Bukan hanya itu saja, pengunjung juga dapat melihat habitat flora maupun fauna di sekitar masih sangat asri karena letaknya cukup tersembunyi dalam belantara hutan.

Air terjun Taludaa ini berada di Desa Ilohuuwa, Kecamatan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango. Akses menuju lokasi cukup mudah karena kondisi sudah halus, namun di sarankan untuk memakai kendaraan roda dua. Pasalnya, Anda harus melewati jalan menanjak dengan kemiringan 45 derajat.

13 Rekomendasi Destinasi Wisata Sulawesi Utara

  1. Air Terjun Tenilo

Salah satu unggulan destinasi wisata Gorontalo yakni air terjun Tenilo. Suasananya di tempat ini masih sangat asri dan alami, karena masih jarang tersentuh oleh wisatawan. Meskipun lokasinya dekat dengan pemukiman warga.

Pesona air terjun Tenilo dengan ketinggian 30 meter ini cukup indah. Di dalam area wisata banyak tersusun bebatuan berwarna coklat keemasan di padukan dengan pepohonan rindang yang ada di sekitarnya membuat lokasi tersebut tampak eksotik.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo. Untuk menuju air terjun tersebut aksesnya cukup mudah, bahkan kendaraan roda dua bisa masuk ke area utama. Namun sebelum itu wisatawan harus membayar retribusi sebesar Rp 5000 per orang.

  1. Desa Wisata Religius Bongo

Selain destinasi bertema alam, di Gorontalo juga memiliki banyak wisata unggulan yang tidak kalah memukau. Salah satunya adalah Desa wisata religi Bongo. Tempat ini bisa menjadi pilihan tempat untuk berlibur bersama anak dan keluarga.

Di sini wisatawan dapat belajar mengenai banyak sejarah tentang agama islam maupun silsilah kerajaan Gorontalo. Bukan hanya itu saja, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya, seperti berswafoto dan prewedding, karena banyak spot menarik yang instagramable.

Lokasi wisata religius ini terletak di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai. Akses menuju tempat tersebut cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan darat selama 20 menit jika berangkat dari pusat kota. Untuk memasuki kawasan itu, wisatawan harus membayar htm sebesar Rp 25.000.

  1. Perkampungan Bajo Torosiaje

Bagi Anda pecinta budaya, jika berlibur ke Gorontalo maka wajib mampir di perkampungan Bajo Torosiaje. Kompleks ini berbeda dari umumnya, karena berdiri di atas air dengan bentuk menyerupai huruf U dan terbuka menghadap arah laut.

Sudah jelas dari namanya, perkampungan ini di huni oleh suku Bajo yang memiliki budaya yang khas dan unik. Di sana wisatawan dapat melihat tradisi dari masyarakat sekitar, menikmati keindahan laut saat sunrise atau sunset. Anda juga bisa memancing, karena tempat tersebut merupakan surga ikan.

Perkampungan Bajo ini terletak di Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Jika ingin menuju ke lokasi wisata tersebut, wisatawan harus menyeberangi laut menggunakan perahu dari dermaga dengan membayar sebesar Rp 5000 per orang.

  1. Benteng Otanaha

Destinasi wisata Gorontalo bertema sejarah lainnya yang wajib anda kunjungi yakni Benteng Otanaha Bangunan ini di buat oleh Raja Ilato tahun 1522 dengan tinggi 700 cm dan diameter sekitar 20 meter. Dulunya tempat tersebut di buat untuk perlindungan serta pertahanan dari serangan musuh.

Benteng Otanaha ini dibuat dengan material utama berupa batu yang disusun dan direkatkan menggunakan putih telur burung Maleo. Selain melihat megahnya bukti sejarah tersebut, Anda juga dapat menikmati indahnya pesona danau Limboto serta Kota Gorontalo dari atas ketinggian.

Lokasi Benteng Otanaha ini berada di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kabupaten Gorontalo. Akses menuju wisata tersebut mudah, pengunjung dapat menaiki 345 anak tangga atau naik kendaraan ke tempat parkir dan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Demikianlah ulasan mengenai destinasi wisata Gorontalo yang sangat memukau, mulai dari pulau, pantai, air terjun dan banyak lainnya. Semoga informasi ini bisa menjadi sumber inspirasi saat memilih tempat berlibur.

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button